Balada Ulum Kelas 11 : Hari Kedua

Mei 26, 2015

Setelah semua yang terjadi hari ini, pengen rasanya gue tidur lalu tiba-tiba gue bangun di Planet Saturnus dalam kondisi gue menjadi Raja Saturnus yang Agung dan wajah gue udah diukir sedemikian rupa di cincin Saturnus. Bayangin aja, jangan sampe ada pendarahan tapi.

Hari ini masih ulum (baru hari kedua huhuhu), sosiologi sama PKN, sementara anak IPA kebagian fisika sama PKN, yang walaupun waktu kelas 10 nilai fisika gue di rapot pas KKM, tapi gue pernah dapet nilai 100 di ulangan vektor, pertama dan terakhir dalam sejarah gue kayaknya.

PKN sama sosiologi? Alhamdulillah. Bisa. Beneran. Walaupun ada beberapa PG yang gue gak bisa. Tapi kalo ngerjain esai nya gue jadi teringat perkataan leyenda temen gue yang ketemu waktu Olimpiade Geografi sebulan lalu, si Calvin waktu itu bilang :

“Untung nilai mengarang di sekolah 90”

Gitulah, gue (dan gue yakin sebagian besar IPS) ngarang jawaban esai PKN, kalo sosiologi masih rada teori sih, tapi ngarang nya tentu yang nyambung dan formal lah bahasanya. Anak IPS gak separah itu kok sampe ngarang “Soalnya kalo naga polkadot Polandia dinikahin sama kuda liar Sumbawa, anaknya bakal mirip anakonda don, soalnya alien gak pake topi” buat pertanyaan “Mengapa Indonesia disebut sebagai Negara hukum?”. Enggak kok, ngarang gue gak sengaco itu.

Ma anakonda don.

Pulangnya? Entah tanpa tujuan. Setelah berhasil menemukan Rasiq dkk (dan sempet takjub sama spanduk yang dibuat XI-8 di depan ruang guru), gue akhir ke lantai 1. Dan seperti biasa, diem bentar di deket pos satpam, ngobrol sama Diko Aisha Ozi Tila Abner dan Reyza, diskusiin materi kimia buat ulum besok dan kenapa Aisha kalo dari belakang bajunya warna biru tapi kalo dari depan jadi warna coklat. Terlihat menyedihkan emang, tapi ya gitulah realita.

Abis itu, ya kayak kemaren lagi aja, ke Lapak Bu Ceuceu depan sekolah, entah mau ngapain juga :( Tapi untungnya banyak orang disitu, Dimas dkk sama Diko dkk yang lagi nunggu dijemput sama Ibunya Arya. Karena terbiasa sendiri, akhirnya gue ikutan nimbrung sama 2 kelompok itu dan kadang-kadang cuman sendirian aja, gaulnya sama buku outliers karya Mas Gladwell.

Ah iya, selama bergaul sama Diko dan Aisha, kita sempet diskusiin tentang suara macam terompet yang kedengeran belum lama ini di Eropa sama Amerika. Aisha ada video nya di HP, tapi setelah gue tonton, yang mau gue bilang cuman "Ini suaranya mana...", tapi Diko sama Robo yang udah melakukan penghitungan ilmiah pake "Teori Abner" berhasil memprediksi kalo kiamat kemungkinan bakal terjadi pas generasi setelah ini, alias generasi anak gue dan temen-temen gue nanti. Tapi gue menyangkal, bilang kalo Teori Abner kurang relevan kalo dipake dalam ngitung prediksi hari, Teori Rapip gue anggap lebih tepat karena menyangkut laju inflasi juga.

Yang gue rasakan waktu ngomongin suara terompet itu.

Setelah beberapa lama dan udah pada pulang, gue sama Rasiq pun pulang abis ngobrolin materi ulangan besok apa aja, sama Ale dan Caca. Pas di perjalanan, biasa lah, ngomongin cewe :( Kali ini si Rasiq "kepo parah" soal seseorang yang konon ngeceng dia di kelas gue. Gue tau siapa orangnya, tapi gak mau ngasitau dulu atas alasan privasi.

Abis nganterin Rasiq, gue ke JNE Soekarno-Hatta dulu bentar, ambil barang titipan temen gue. Gak kayak biasanya, siang tadi tempat ambil barang di JNE penuh gile. Tapi akhirnya gue ngisi nomor resi blabla dan nunggu seperti biasa, berharap barang gue ada dalam waktu cepet.

Tapi yang terjadi gak sesuai sama yang diharepin. Buset.lama.banget.bro. Sejam berlalu, belum ada kabar juga, si Mas-Mas yang mirip Joe Taslim dan dateng bareng gue malah sempet beli minum dulu di supermarket deket sana. Gue cuman baca buku doang, lanjutin yang tadi. Agak pusing juga baca sejam penuh, posisi leher kurang bener, dan akibatnya konsentrasi gue ke buku itu berkurang, walaupun sebenernya sedikit pusing itu udah gue dapet semenjak baca buku ini di Bu Ceuceu.

Baca tentang ginian waktu lagi pusing adalah hal yang salah.

Sejam setengah, gak ada kabar, gue udah liat Ibu-Ibu sampe marah-marah dan akhirnya keluar dari sana dengan muka kesel dan yang lain ngeliatin kayak dia baru aja ngebuat seorang siswa ditulis di berita acara gara-gara nulis contekan di papan tulis. Hubungannya apa? Gatau :(

Dua jam berlalu semenjak gue disini, belum ada kabar apa-apa, bukan hanya barang gue, bahkan yang lain pun kayaknya gak ada kemajuan. Gila, gue kesel banget. Sepanjang sejarah gue kesini, nunggu barang paling lama adalah 30 menit, dan sekarang nunggu 2 jam tanpa ada apa-apa. Dan pas mau nanyain, si Mas-Mas nya juga gatau kemana...

Mungkin waktu itu bukan cuman gue aja yang kesel, yang lain juga. Beberapa orang yang gue liat udah ada sebelum gue datang, masih ada di tempat yang sama 2 jam kemudian, walaupun kayaknya dia udah ada disana sejak 3 jam lalu mungkin. Si Mas-Mas Joe Taslim juga udah bete, cuman jalan-jalan gak jelas di sekitar tempat nunggu.

Gue kesel, dan akhirnya gue pulang. Gue besok bakal kesini lagi buat ambil tuh barang. Yah kesel aja hari ini, 2 jam gak ngapa-ngapain (walau setidaknya buku outliers gue tamat saat itu juga) membuat gue sedikit gile. Buat gue, 2 jam nunggu ginian mendingan gue pake waktunya buat kegiatan di rumah, walau cuman sekedar maen FIFA atau baca-baca doang buat ulum besok. Gitulah.

Kalo kesel waktu nyetir, gue (atau bahkan yang lain juga mungkin) bakal nganggep pengendara lain "gak bisa nyetir" kalo mereka ngelakuin kesalahan sekecil apapun, bahkan disaat mereka gak salah sekalipun. Misalnya, kalo gue ada di barisan belakang waktu lampu merah, dan saat lampu ijo, gue harus nunggu beberapa lama baru bisa jalan (gatau ngejelasinnya gimana, tapi gitulah). Nah, waktu lampu udah ijo dan gue harus nunggu, gue kesel sampe mau teriak "Woy udah ijo tuh, maju woy, bisa nyetir gak sih?", kejam ya :(

Atau berbagai kesalahan kecil lainnya kayak mobil yang miring ke kanan dikit waktu kita mau nyalip, atau mobil / motor yang kekeuh maju padahal kita udah dikasih kode boleh jalan duluan. Pokoknya, kalo kesel waktu lagi nyetir, kita bakal selalu ngerasa paling bener dan kita bakal lebih sering mengeluarkan bahasa tubuh kayak gini :

Simbol internasional buat "Baleg weh"

Tapi, dibalik kekesalan gue, gue masih sempet mikirin beberapa hal yang bener. Misalnya, gue kepikiran nanti 10-15 tahun lagi gue udah punya 2 perusahaan, yang satu bergerak di bidang alat olahraga dan yang satu lagi jualan kebab. Walaupun terdengar sedikit ngaco, tapi ini beneran. Gue pengen nanti 2 perusahaan gue ini bisa jadi perusahaan yang mendominasi pasar di Turki sama Jerman (gatau random aja negaranya).

Pulang ke rumah selalu kerasa damai buat gue. Apalagi kalo udah di kamar, walaupun acak-acakan sama buku. Mungkin, kalo hari ini diperpanjang dikit, kayaknya hari ini bisa jadi huft day 2015 yang ketiga setelah 18 Februari dan 31 Maret. Tapi, gue masih bisa toleransi lah, teuing tah kunaon :(

Yaudah deh, makasih udah baca, maaf sekali (yang kesekian kalinya) kalo geje dan ngebuang waktu kalian buat ngasih makan kura-kura yang laper.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar