Balada Ulum Kelas 11 : (Terasa Seperti) Hari Terakhir

Mei 29, 2015

Biasanya, Jumat bagi pelajar identik dengan hari terakhir ujian di sekolah, baik itu UTS, UAS atau malah US (Ujian Sekolah). Tahun dan semester lalu juga gitu, Jumat adalah hari terakhir UTS dan UAS, makanya biasanya hari itu orang-orang bakal bersorak ria pas pelajaran terakhir selesai, mengartikan kebebasan. Tapi ternyata, kebijakan itu berubah tahun ini. Jumat bukanlah hari terakhir lum, tapi Rabu nanti. Dan inilah ekspresi gue pas tau bahwa hari ini ternyata bukan hari terakhir ulum :


Hari ini ulumnya ekonomi sama bahasa Inggris. Yah, ekonomi, gatau cara ngejelasinnya. Di satu sisi gue bersyukur karena sepanjang semester 2 ini kelas gue gak belajar ekonomi yang ada ngitung-ngitungnya, sama sekali. Dan di sisi lain gue sedih pas tau ternyata materi tentan ngitung pajak dan ngitung IHK serta inflasi konon ada di soal esai ulum. Mati sudah.


Dateng ke sekolah rada telat dan menyadari bahwa ulangan pertama ternyata bukan ekonomi dan gue belum belajar bahasa Inggris adalah hal yang fatal. Gue lupa kalo emang kebiasaan Taruna Bakti yang selalu ngeduluin bahasa Inggris dibanding ekonomi / biologi buat anak IPA di jadwal ulangan, tapi karena sudah terbiasa dengan ulum maka hampir semua nganggep ekonomi / biologi duluan.

Akhirnya, gue belajar bahasa Inggris saat itu juga, cuman sekitar 10 menitan dan gue gak nanya Nadyra sama sekali. Bel bunyi jam 6.45 dan guru-guru mulai berkeliaran masuk ke kelas yang diawasnya. Kalo kata Daffa, cara jalan guru yang epik ini mirip sama adegan di Monster Inc. waktu para monster jalan ke ruang yang ada pintu-pintu entah apapun itu namanya.

Dan dengan semangat prajurit Sparta, gue akhirnya memberanikan diri masuk kelas dan mengerjakan soal bahasa Inggris yang cuman gue pelajarari selama 10 menit. Hasilnya Alhamdulillah, setengah bisa setengah entah.gimana.nyebutnya. Tapi setidaknya ngaco waktu ulum bahasa Inggris gak sengaco bahasa Jepang yang sampe nulis nama gue dalam bahasa arab. Dan waktu gue kebingungan ngisi jawaban, gue sempet noleh ke Dyra (bukan mau nyontek, duduknya aja jauh di belakang), dan dia keliatan lagi melamun, kayaknya udah selesai ngerjain soal macam gini :

Ilustrasi Nadyra yang lagi ngerjain soal bahasa Inggris dengan entengnya.

Setelah selesai sama bahasa Inggris, akhirnya makna ulum yang sesungguhnya selain matematika pun dimulai. Di waktu istirahat yang cuman 15 menit, gue gatau mau belajar apaan, karena catatan ekonomi semester ini cuman 2 lembar. Maka akhirnya gue belajar bareng Najma Neysa Kresna dan Karen (tapi Karen mah malah maen HP mulu macam "I don't give a shit") bermodalkan kertas catatan Najma dan Karen.

Akhirnya bel bunyi, guru-guru mulai berkeliaran dan gue masuk kelas. Pengawasnya Bu Tin yang selalu gak bisa ngebedain gue sama Ihsandri (padahal dia udah pindah ke Kalimantan huhuhu) dan malah kali ini lebih parah dengan menyebut gue sebagai "Kamu Aldi ya?", Aldi siapa Bu :( Pengawas 1 lagi si Pak Fahmi, yang kayaknya selalu terlihat ceria kapanpun dimanapun.

PG nya gue kerjain dengan lumayan walau ada beberapa yang gak bisa. Gue heran, soal ulum tahun lalu masih ada juga dan yang bikin gue lebih heran, jawaban PG nya kok gak berpola :( Padahal Pak Yandi bilang jawaban PG bakal ada polanya dan gue sedikit resa gue PG salah semua.

Esainya? Gak usah ditanya, gue jawabnya diantara ngarang bebas sama gak bisa. Pertama gue ngerjain esai nomor 1 "Jelaskan arti self help yang ada di koperasi" yang mengarang bebas dan sempet-sempetnya nambahin quotes The only person who can help you is you. Esai nomor 3 tentang beli saham dan kemungkinan yang terjadi. Buat jumlah uangnya sih bisa, tapi kemungkinan yang terjadi kayaknya jawaban gue paling ngawur se-IPS raya :

1. Kita kehabisa tabungan kita sebesar 250 juta Rupiah beserta uang tip untuk pialang
2. Kita telah menerapkan materi ekonomi kelas 2 SMA
3. Teman-teman kita kagum karena kita punya perusahaan
4. Kita punya sebagian kecil dari perusahaan tertentu
5. Bisa belajar untuk lebih bersyukur jika untung
7. Bisa belajar untuk lebih bersabar jika rugi

Gue beneran nulis ke 7 hal diatas, dan entahla jawaban legendaris gue itu bakal lagi cerita rakyat turun-temurun di pelajaran ekonomi atau nggak. Padahal ya, setelah gue nanya ke Pak Yandi beberapa saat abis selesai, Pak Yandi bilang kalo esai nomor itu jawabannya cuman 2 : untung dan rugi. Udah. As simple as that.

Sebenernya, abis gue selesein tuh 2 soal, masih ada 3 soal esai lagi yang harus dikerjain, dan ketiganya soal hitungan dan waktunya tinggal 15 menit lagi. Gile. Bisa sih. Tapi banyak ngitungnya, belom angkanya gede-gede lagi :( Soal tentang IHK gue kerjakan dengan lancar tanpa hambatan, tapi soal tentang ngitung pajak penghasilan, gue cuman bisa nyelesein 1 dari 3 bagian, itu pun belom selesai, dikiiiit lagi, lembar jawaban gue keburu diambil sama Bu Tin :( Dan buat soal 1 lagi tentang perputaran uang, entahlah, gue bahkan gak sempet nulis nomornya di lembar jawaban.

Gue kalo lagi ngerjain soal hitungan.

Abis itu, ya rutinitas biasa lagi. Nyari Rasiq dkk dan ke lantai 1, ke Bu Ceuceu dan ngobrol (kali ini ada Gazza yang mraktekkin logat Inggris orang London sama Merseyside atau Liverpool). Bedanya kalo sekarang gue pulang abis Jumatan. Dan entahlah, kata Rasiq gue keliatan sedih hari ini, gak waktu di Bu Ceuceu atau di KFC (gue kesana dulu setelah Rasiq mengecoh gue), termasuk sebelum dan sesudah Jumatan. Entahlah, gue ngerasa sedikit sedih hari ini, tapi gak bisa dijelaskan.


Waktu pulang, gue udah lumayan bisa menghilangkan kesedihan gue dan ngobrol Rasiq di motor seperti biasa. Di ruma lebih damai lagi, gue bisa tidur dan melupakan semua kegilaan ini. Naonlah. Lupakan.

Meh, ulum masih 2 hari lagi. Buat Senin dan Rabu gue bahkan gak tau jadwalnya apa (cuma tau sejarah peminatan, 2 lagi entah apa) saking dont give a shit anymore ke ulum. Tapi ya gitulah, gue bakal tetep berjuang dia 2 hari nanti dan berharap nilai semester gue bisa 81 ke atas supaya memperbesar kesempatan gue keterima undangan SBM ITB atau HI UI, aamiin.

Yaudahlah. Makasih udah ngabisin waktu disini. Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar