Anak Kecil Nulis di Blog Gue

Juni 14, 2015

Bapak baru aja ngasih aku laptop baru, katanya sih hadiah ulang tahun aku yang ke-7, walau udah lewat 4 hari, tapi gak apa-apa deh.

Aku gak tau mau ngapain sama laptop ini, aku masih 7 tahun, belum terlalu ngerti laptop. Jadi waktu baru dibeliin aku minta tolong sama Bapak buat ngisi laptop ini sama game-game yang seru kayak engri bird atau Harvest Moon yang baru. Bapak bilang dia bakal ngisi game di laptop ini Minggu depan gara-gara dia lagi di Kenya sekarang, urusan bisnis yang aku gak ngerti.

Karena di rumah aku seneng baca buku cerita bergambar, jadi aku mainin laptop ini buat nyari-nyari bahan bacaan di internet, terutama cerita bergambar kayak kura-kura dan kelinci atau ganteng-ganteng singa laut. Nah, waktu aku lagi nyari, aku nemu situs nya Kakak Haykal, namanya HaiHaykal kalo gak salah.

Situsnya gak seru sih, walau banyak gambarnya tapi aku gak ngerti karena tulisannya lebih banyak daripada gambarnya, gak asik. Aku tadinya mau nutup tab situs Kak Haykal ini sampai nemu artikel kalo Kak Haykal lagi nyari anak kecil usia 6-10 tahun buat nulis di situsnya Kak Haykal ini. Yaudah aku baca-baca aja syaratnya apa aja walau isinya gak menarik kayak muka Kak Haykal.

Dan sekarang aku lagi nulis ini, tulisan pertama aku yang aku buat gara-gara bosen nungguin Bapak pulang dari Kenya dan aku pun gak ngerti gimana caranya masukin game engri bird ke laptop ini. Yah daripada gak ada kerjaan, temen-temen aku lagi pada liburan ke Eropa semua, walaupun si Midun katanya mau liburan ke Kutub Utara juga, tapi aku gak tau itu dimana jadi aku gak peduli amat, cuman minta oleh-oleh aja, kalo bisa boneka beruang yang bisa ngomong.

Nama aku Rafael, Mamah biasa manggil aku Abang, temen-temen aku biasa manggil Rafa atau El, biar kayak artis ibu kota gitu katanya tapi aku gak tau siapa. Aku lahir tahun 2008 di Chile, tapi aku malu soalnya bahasa Inggrisnya cabe kan Chili, masa aku lahir di cabe-cabean, makanya aku sering bilang ke temen-temen aku kalo aku ini sebenernya lahir di Madagaskar, gak tau keren aja soalnya ada filmnya, aku pernah nonton filmnya sama Ayah aku waktu di Jerman.

Hobi aku main game di laptop atau tablet punya Bapak, atau nonton sinetron ganteng-ganteng singa laut, walaupun kata aku FTV “Cintaku bersemi di kereta Bandung-Cicalengka” masih jadi tontonan terbaik sampai saat ini, aku harap FTV itu bisa dijadiin serial. Selain itu aku juga punya peliharaan kanguru di rumah, lucu deh. Tapi aku juga masih berharap Bapak ngebolehin aku melihara berang-berang.
Foto aku sama kanguru di rumah, namanya Bonbon, dia jago masak air.
Walaupun suka nonton sinetron, dulu aku juga suka nonton kartun hari Minggu pagi loh yang di Indosiar sama RCTI itu. Favorit aku itu Doraemon sama Pokemon, sayang sekarang udah jarang nonton lagi karena kalo Minggu pagi aku ada latihan memanah sama berkuda. Akhir-akhir ini sih ada Masha and The Bear, tapi aku gak suka gara-gara beruangnya coklat, padahal aku suka kalo beruangnya warna polkadot, lucu-lucu gimana gitu.

EH, ITU ADA BERANG-BERANG LEWAT DEPAN RUMAH. LUCUUUU.

Maaf aku suka gini kalo ada berang-berang.

Temen-temen aku di sekolah juga ngajakin aku ngadu game di tablet kita masing-masing. Kayak misalnya si Arman pernah ngajak ngebandingin skor aku sama dia di game engri bird edisi lebaran, untungnya aku menang. Atau si Supri pernah ngajakin aku main Dota di computer, tapi aku males gara-gara aku gak ngerti cara mainnya. Temen-temen aku juga sering ngajakin selfie bareng, tapi aku suka nolak, aku gak suka difoto, bibirku merah sebelah kalo difoto.

Tapi gak tau kenapa, aku suka iri kalo Bapak atau Mamah cerita soal masa kecilnya. Kayaknya seru aja gitu. Atau cerita abangku (aku punya kakak laki-laki tapi dipanggil Abang? Aku juga sebenernya gak ngerti sama Mamah) tentang masa kecilnya yang kayaknya bahagia banget, Abangku ini kelahiran 1998 dan sekarang udah mau kelas 3 SMA, kayak Kakak Haykal yang gak menarik ini.

Abang aku sering cerita kalo waktu dia seumuran aku, dia masih sering main sama temen-temennya, dia masih sering keluar setiap sore dan udah pulang waktu Maghrib karena takut diculik mahluk mitos. Dia sering keliling komplek sama temen-temennya, kadang pake sepeda kadang jalan kaki sampe Mamah sering ngomel kenapa Abang Ongke (nama Abangku, nama aslinya Christian) kucel banget kalo pulang ke rumah.

Aku juga sering tanya, apa gak bosen tiap hari main di luar terus, jalan-jalan di komplek doang gak ke mall atau apapun. Abang Ongke bilang “Nggak tuh, malah asik, dulu lapangan kosong masih banyak. Abang kalo main bola sama temen-temen tuh ya, gak ada aturan ribet. Gawangnya pake sandal atau batu, yang badannya paling besar jadi kiper, kalo bolanya keatas gawang gak diitung gol, gak ada pelanggaran, gak tau skornya berapa, terus main bolanya udahan kalo yang punya bola udah disuruh pulang. Sedih sih kalo gitu, tapi sedihnya juga seneng karena tau besok kita bakal main bareng lagi”

Terus aku juga sering nanya apa gak bosen main di luar terus, gak ada hiburan kayak game atau kartun gitu apa. Terus Abang Ongke malah bilang “Ah nggak tuh, Abang malah seneng. Iya sih kadang-kadang bosen, tapi kalo gitu Abang biasanya manggil temen-temen Abang ke rumah, main PS1 bareng yang sekarang udah dikasihin ke Dani (itu sodara aku) itu loh. Dulu game nya masih rame, ada Metal Slug, ada Winning Eleven, Tekken, Harvest Moon nya juga masih jadul. Pokoknya kalo diinget suka kangen deh rasanya pengen main lagi”
Abang Ongke sering banget bilang kalo dia kangen main game ini.
Aku juga heran gimana caranya Abang Ongke kalo mau main sama temen-temennya, kan dulu gak ada HP. Abang Ongke bilang gini “Yah dulu caranya manual aja, alias Abang sama yang lain keliling ke rumah temen-temen yang belum kumpul, kita panggilin tuh orangnya depan rumah dia. Asik deh, kadang ada yang nyuruh kita mampir dulu terus disuguhin roti bakar atau es teh manis. Yang Abang masih heran, kenapa ya nada manggil orang buat main itu selalu sama, misalnya ‘Rafaeeeel’ ada nada khusus gitu, kamu susah ngerti deh kalo gak pernah ngalamin”

Ih, pengen deh hidup di zaman Abang Ongke, kayaknya gak semua hal bisa dilakukan dengan HP kayak sekarang. Sejujurnya aku juga kurang suka sama HP aku, bukan karena jelek, tapi karena kalo aku ngumpul sama temen-temen, biasanya yang lain pada pegang HP, adu game. Pengen rasanya jadi Abang Ongke, waktu mau main gak harus manggil temen-temen pake HP dan dapet roti bakar.

Kalo sekarang juga main bola kayaknya ribet banget, banyak aturan. Temen-temen aku kalo main bola sering sosoan misalnya “Ih itu si Rafa offside” atau “Wey jangan dilanjutin kan tadi di Alan handball” aku gak ngerti istilah gituan. Aku pengen main bola kayak Abang Ongke yang walau gak ada aturan, tai kayaknya rame aja buat dimainin sama anak kecil 7 tahun kayak aku ini, yang emang harusnya belum pantes pake aturan kalo kata Bapak.

Tapi gapapalah, mungkin zaman udah berubah. Kebahagiaan anak kecil kayak aku ini bisa didapet lewat HP sama tablet, yang ada gamenya. Mungkin nanti aku bisa cerita ke adek-adek aku (kalo punya) cara aku main waktu sekarang ini, mungkin mereka juga iri pengen kayak aku.

Semoga ke depannya aku bisa nonton Doraemon lagi, sinetron ganteng-ganteng singa laut udah mulai gak rame, tukang bubur nya udah pada pindah ke sinetron sebelah. Mending nonton tayangan ulang “Cintaku bersemi di kereta Bandung-Cicalengka” walau belum ada lanjutannya, arsitektur Stasiun Cicalengka ngebuat aku pengen kerja disana waktu aku udah gede nanti, semoga aku bisa walau cuman jadi pengurus stasiun itu.

Yaudah deh.

Dadah, aku mau bobo sekarang. Kata Mamah jangan tidur diatas jam 9 nanti gigi kita banyak kumannya.

You Might Also Like

0 komentar