"Kembaliannya Dituker Sama Permen Aja Ya Mas"

Juni 07, 2015

Jam setengah sebelas malem. Gue buka tempo.co dan iseng doang liat-liat beritanya, siapa tau ada laporan penemuan kalo Kakek gue adalah keturunan asli pendiri Kesultanan Brunei, taunya belom ada. Jadi aja, selain nikahannya Mz Jokowi sama Indonesia yang gak dapet apa-apa di Indonesia Open, gue pilih berita yang ngebuat gue mikir kemana-mana :

Wali Kota Risma Minta Anak Tak Gampang Terima Permen

Ya, jadi inti dari berita itu adalah Walikota Surabaya, Ibu Risma T. (gatau nama lengkapnya...) menghimbau dedeque-dedeque emesh di Surabaya supaya gak nerima permen dari Om-Om / Tante-Tante yang gak dia kenal, karena siapa itu permennya ada narkobanya. Bu Risma juga ngasitau orang tua cara supaya anak-anaknya gak terjerat sama jebakan Om-Om yang menipu. Ya gitu, mengajak anak beraktivitas secara menyenangkan dan mendengarkan setiap omongan anak, apalagi tentang aktivitasnya sehari-hari.


"Mamah-mamah, tau gak, hari ini adek dikasih permen loh sama Mba-Mba random pinggir jalan, ngakunya sih dari Perguruan Silat RT sebelah. Tapi Mba nya baik nawarin adek akun wifi.id gratis juga, cantik lagi mirip mantan aktor sinetron laga Indosiar"

:((

Entah kenapa, baca berita ini mengingatkan gue kepada candaan waktu gue SMP (sampe sekarang juga sering kebawa-bawa sih) macem "Adek, sini main sama Om, Om punya permen" walau di SMA ini udah lebih canggih jadi "Adek, sini main sama Om, Om punya akun wifi.id loh", iyain ajalah :(

**********

Sekarang gue coba bahas tuh berita dari sudut pandang seorang Haykal, murid SMA 16 tahun yang gemar mencetak gol bunuh diri waktu main sepak bola di sekolah dan sulit mengungkapkan perasaan ke wanita, terutama Mba-Mba penjual pecel yang katanya mirip Nabilah JKT48 itu.

Yeah, narkoba, adalah salah 1 hal yang dilarang di Indonesia. Yang make bisa direhabilitasi, dan yang nyebarin bisa dihukum mati. Gatau kenapa, akhir-akhir ini peredaran narkoba kayaknya marak banget, sampe orang yang dihukum mati gara-gara ngedarin narkoba lebih banyak daripada teroris *correct me if i wrong*. Yah gatau deh.

Dan menurut gue (berdasarkan berita tadi), cara yang disampaikan Ibu Risma ini salah. Bukan salah sih, tapi (tanpa mengurangi rasa hormat kepada walikota Surabaya) kurang tepat aja. Cuman ngehimbau buat hati-hati aja, tapi gak ngasitau cara ngebedai permen asli sama narkoba dan ngebedain mas-mas penjual permen keliling sama mas-mas penjual permen narkoba.

Kalo diibaratkan, kayak waktu cewek kecengan lo ngasitau "Eh, si dia besok ulang tahun tuh, kasih hadiah kek" tapi dia gak ngasitau kesukaan kecengan lo apa sementara lo juga gatau dia sukanya apa (lah gimana ini...), lalu pemberian hadiah pun berakhir zonk dengan kalimat "Aku kurang suka hadiahnya, tapi bakal tetep aku simpen buat ngehargain kamu :)"


Bedewei, gimana juga cara ngebedain permen asli sama yang ada narkobaan? Gue cukup yakin, banyak orang tua yang gak tau cara bedainnya, apalagi anaknya. Dan gue cukup yakin juga sebagian besar orang tua akan bilang "Ohh baik yaa Om nya, bilang makasih gih dek, sun tangan sekalian kalo bisa" daripada "Ih jangan dek, permen itu bisa ngebuat kamu jadi cacing gila, pukul aja Om itu pake jurus kepiting mawut yang Papah ajarin kemaren" waktu anaknya bilang "Mah Pah, aku dikasih permen loh sama Om yang pake kostum badut itu, mukanya ganteng kaya aktor silat".

Untuk itulah, menurut gue apa yang dibahas Ibu Risma itu belum sepenuhnya bener, karena cuman ngehimbau buat hati-hati aja, tanpa tau cara gimana bedain permen asli sama narkoba (lah diulang lagi...). Harusnya, Ibu Risma dan tim nya ngasih tutorial gimana cara ngebedain permen asli sama narkoba. Misalnya (mungkin), kalo permen asli itu di kemasannya ada tulisan berhadiah baju celengan piring canthique dll, kalo permen narkoba itu hadiah di kemasannya suka kagok edan misalnya Pulau di Karibia atau 30% saham Telkom. Atau apapun lah gue juga gak tau :(

Dan, ah iya, kayaknya sebagai orang dewasa yang baik kita juga pantes ngasitau kenapa kita ngelarang anak-anak kita (anak-anak kalian bagi yang udah punya anak maksudnya, karena gue pacar aja gak punya) buat nerima permen dari Om-Om tak dikenal.

Namanya juga dedeque-dedeque kan, semakin dilarang semakin gile mencoba. Kalo kita cuman bilang "Adek jangan nerima permen dari Om yang begituan ah" nanti dia bertanya kepada dirinya sendiri *muncul lagu 'Ada anak bertanya pada Bapaknya' dari kejauhan* "Kenapa ya Mamah ngelarang aku nerima permen dari Om-Om itu? Padahal kan ganteng kayak aktor silat. Besok samperin ah" dan dia nyamperin Om-Om pembawa permen tadi, minta permennya, dan berakhir di panti rehabilitasi waktu umur 20an, syukur-syukur bisa tobat dan bikin buku yang menginspirasi banyak orang. Lah kalo kagak? Naudzubillah aja deh moga gak kejadian ....

Cara ngasitau nya juga yang lemah lembut dan edukatif, jangan kasar dan ngebuat si anak jadi gak nyaman sama orang tua. Contoh yang edukatif "Adek kalo ada Om-Om yang nawarin permen, bilang aja 'Gausah Om, makasih, Bapak aku yang punya pabrik permen karet Yosan' yaa"

Atau "Adek, kalo kamu makan permen dari Om-Om itu, kamu nanti bakal mikir yang serem-serem loh, nanti kucing kita suka keliatan kayak :
serem kan dek? Makanya jangan mau yah, kamu sama kecoak terbang aja takut kan. Mending makan sayur lodeh buatan Ibu. Sehat dan lezat kayak di iklan-iklan"

Edukatif timana eta :( Maaf masih 16 tahun, masih setengah jalan buat ngurus dedeque-dedeque emesh.

Contoh yang tidak edukatif "Adek, Mamah kan udah bilang kalo ada yang ngasih permen jangan mau !! Sini kasih ke Mamah *terus permennya dimakan sendiri*"

Ya gitulah pokoknya, gue juga belum terlalu paham arti edukatif buat anak sendiri. Intinya, kalo kita ngasitau sesuatu ke anak / orang lain, jangan lupa sertakan alasan kita kenapa ngasih sesuatu itu (dalam hal ini berupa advice), karena kalo tanpa alasan, biasanya kita malah makin nekat ngelakuin hal yang dilarang itu.

Kalo ngebahas hal ini, kita juga kayaknya kena diimbau sama Ibu Risma buat gak nerima permen sembarangan, terutama dari Mba-Mba yang biasanya ngomong "Kembalian receh nya dituker sama permen aja ya Mas". Hati-hati pemirsah [insert bagian opening acara silet yang jadul].

Tapi, kalo diliat dari kacamata seorang Haykal, anak kecil ini bisa jadi alat yang bagus buat nangkep pengedar narkoba, walaupun jangan disengaja juga sih... Mungkin pertamanya bisa bilang "Dek, kalo ada yang nawarin permen, kasih tau Mamah orangnya yang mana ya, nanti Mamah kasih kamu tatto-tattoan dari hadiah permen karet deh, Mamah janji tattonya gambar Teletabis lagi kayang" nanti kan bisa tuh anaknya laporin "Tuh Mah orangnya yang mirip aktor silat" dan HAP !! Kena deh.

Karena kalo cuman hati-hati aja kita gak akan terhindar sepenuhnya. Harus ada langkah konkret dan pengetahuan untuk bener-bener bisa menghindari tuh bahaya dari sekitar kita.

**********

Entah, gue bukan orang yang jago bahas ginian kayak Rudi atau Ilham yang gue temui waktu Olimpiade Geografi kemaren. Otak gue lebih dipenuhi hal-hal yang (sepertinya) menyenangkan daripada hal yang butuh pemikiran super kritis macem ginian, makanya gue sempet nulis hal gak jelas disini. Hal lain yang bisa membuktikan perkataan diatas adalah, waktu latihan lomba debat aja gue sampe bikin temen setim gue ketawa, padahal yang gue bahas itu hal serius dan sesuai fakta...

Yaudahlah, kayaknya gue memang tidak diciptakan untuk menyelamatkan bangsa melalui hal-hal yang serius. Karena hidup memang tidak melulu soal keseriusan.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar