Gehu

Juni 09, 2015

Hari ini, abis dari Alun-Alun, gue tidur sorenya, dan baru bangun jam segini, dan gue laper, jadi aja nulis gehu secara random :(

Gue sebenernya gak tau singkatan asli dari gehu. Kalo dari candaan yang serius di orang Sunda, gehu itu singkatan dari gede hulu (besar kepala), tapi da...

Ya, jadi gehu itu adalah makanan tradisional, dari Bandung, atau Jawa Barat aja deh biar lebih umum. Bahan utamanya tahu, dikasih tepung (atau apapun itu lah), dan di dalemnya ada berbagai macam bahan macem toge dan kawan-kawan yang nanti bakal ngasih sensasi pedas di mulut. Ukurannya kayak tahu biasa aja tapi perasaan gehu sekarang mah rata-rata kecil, dulu pas gue SD-SMP gehu ukurannya masih jumbo.

Gehu ada di wikipedia dong mikir apa orang-orang teh :(

Gehu ini mungkin adalah satu-satunya makanan yang ada di setiap sekolah gue mulai dari SD-SMP-SMA. Gatau deh, kayanya sekarang dimana-mana udah ada gehu... Tapi gehu di SD-SMP-SMA gue ini punya perbedaan, yang rada jauh malah kalo kata gue.

Di SD gue, SD Kartika X-1 yang ada tepat di depan TSM, dulu ada Ibu-Ibu yang jualan gorengan depan sekolah (pas jaman gue masih sekolah disana mah belum ada kantin di dalem SD kayak sekarang, jualan rata-rata diluar sekolah semua). Yah gitu gorengannya sama aja kayak yang lain, gehu pisang goreng molen (eh gatau deng hehehe) tempe goreng dan rekan-rekan gorengan. Gue suka beli gehu dari si Ibu itu, tapi bentuk gehu nya beda dari yang lain. Tepung nya gak banyak amat, jadi tahu asli nya masih keliatan, dan isinya gak terlalu pedes. Harganya seribuan kalo gak salah. Gue yang masih dedeque-dedeque pra-puber masih nganggep itu adalah bentuk sejati dari gehu.

Waktu SMP, pandangan gue soal gehu berubah lagi. Di SMP gue, SMPN 43, ada yang jualan gehu, jualannya sebelahan sama si Uwel Pop Es, dulu jualannya masih di kantin lama deket ruang guru, kalo sekarang kan udah dibangun kantin baru. Kalo gak salah, gue pertama beli tuh gehu pas kelas 8, hehehe. Gehu nya gede, jumbo malah, paling gede yang pernah gue liat waktu itu, bahkan kayaknya lebih gede daripada di foto itu. Harganya cuman seribu (iya, gehu sejumbo itu cuman seribuan). DAN ENAK BANGET GILA, SUMPAHAN. Gue kayanya sering beli deh, tiap hari malah. Kadang langsung 2 belinya, tapi kadang juga 3 kalo lagi laper banget. Dan karena gehu SD gak sepedes itu, pas awal-awal beli isinya (yang pedes) suka gue buang terus makan tahunya doang hehehe maaf aq lemah soal urusan pedas :( Dan kadang juga gue suka masih mikir "Duh beli gak ya tuh gehu" dan akhirnya gak jadi beli. Gehu seribuan aja mikir gimana mau nafkahin keluarga. Ah iya, saking legendanya itu gehu gue kadang waktu baru bel suka langsung ke kantin soalnya cepet banget abisnya...

Sedih juga ninggalin gehu SMP yang jadi legenda itu. Waktu SMA (sekarang juga masih sih), gue awalnya gak melihat ada tanda-tanda yang jualan gehu di kantin, baik kantin SD atau SMPTB. Di Samping mungkin ada, tapi gue gak pernah beli gorengan di Samping... Tapi waktu mau MPK Jayavara (kelas 10 awal) akhirnya muncul juga tuh gehu. Tapi keadaannya beda banget sama gehu SMP gue...

Gehunya kecil (gehu SMP gue 3x lipat gehu di TB kayanya), harganya 2ribuan :( Kapitalis emang. Daaan, dua ribu harga waktu kelas 10, sekarang udah naik jadi 2500 mikir apa... Yang jualannya danus (dana usaha) biasanya buat event-event di TB dan jualannya sama murid yang ikutan danus, biasanya keliling waktu istirahat pertama sama jualan yang lain juga (donat risoles dll), kadang dulu jualannya sampe SMP di lantai bawah. Tapi yang kasian sih waktu jaman Jayavara, katanya yang danus harus nombokin kalo jualannya gak laku semua huhuhu kasian untung waktu itu gue masih ikutan publikasi. Yaudah sih ya.

Tapi yang bikin heran. Gehu itu laku banget. Gila. Gatau deh gak ngerti gue juga. Gehu itu jadi komoditas nomor 1 di Taruna Bakti, nomor 2 nya gak tau apaan. Setiap istirahat pertama, pasti ada aja yang nanya "Ada yang jual gehu gak?" dan suka pada kecewa kayak "Yaahh udah gak ada yang jual gehu lagi ya" atau "Yaah gehu nya abis ya" waktu jualan danus udah selesai atau gehu udah abis. Makanya gehu mungkin jadi satu-satunya makanan yang gak pernah ditawarin ke kelas-kelas, soalnya udah laku sebelum sampe di lantai 4 juga. Kalo makanan lain kan kadang suka ditawarin dulu ke kelas-kelas, itu pun kadang dengan pertanyaaan "Ada yang jual gehu gak?".

Tapi emang sih, gehunya enak... Gatau kenapa, jadi nagih pengen beli lagi. Beli 1 kerasa gak cukup, pengen beli 2 da mahal :( Gue sendiri kadang beli gehu kalo lagi pengen, kadang juga beli 2 buat gue makan sendiri atau dikasihin ke yang pengen (terutama Bintang), tapi seringnya sih 1 doang. Jualan danus biasanya berhenti seiring event utama TB juga udahan, tapi biasanya gak lama, nanti juga ada yang jualan lagi soalnya pasti bakal ada acara lagi nantinya.

Entahlah, tapi Pak Yandi kalo ngasih contoh soal tentang pengusaha, pasti seringnya "Seorang pengusaha gehu..." atau "Tuan Fajar berjualan gehu..." dan dilanjutin dengan produksi gehu yang banyak terus ya gitulah ujung-ujungnya mah ngitung. Tapi kalo soal gehu sendiri, Pak Yandi pernah cerita secara ekslusif di kelas gue.

Jadi Pak Yandi juga heran kenapa gehu bisa se-laku itu. Dan dia juga bilang kalo keenakan gehu diakui di seluruh Indonesia. Pak Yandi bilang kebanyakan turis yang datang ke Bandung pasti suka sama gehu. Pak Yandi juga cerita kalo waktu di Batam, hotel tempat tinggal Pak Yandi nyediain gehu buat sarapan (iya beneran), walaupun katanya gak seenak yang di Bandung. Tapi itu tanda bahwa gehu udah mulai mendominasi pasar makanan kecil di Indonesia.

Naon lah...

Tapi bisa jadi peluang bisnis juga loh gehu ini. Setau gue, sekarang ini belum ada perusahaan yang ngebuat gehu yang bener-bener maknyus dan semua orang suka. Ya paling sekarang masih di tukang gorengan pinggir jalan, belum ada yang bener-bener serius memasarkan sampe ke seluruh dunia kayak makanan lain macem Maicih. Mungkin suatu saat gue bisa tuh bikin perusahaan gehu, selain kebab. Dan semoga perusahaan gue bisa mendominasi pasar makanan ringan di luar negeri, terutama Turki. Gatau kenapa pengen aja milih Turki.

Dan sebenernya gehu juga gak punya kenangan khusus sih, gue gak pernah tuh makan gehu bareng gebetan dan saling suap-suapan atau yang lainnya. Tapi ya gitu aja enak makanya gue tulis disini.

Yaudah deh. Gatau mau ngapain lagi gue baru bangun jam segini.

Wassalam :)

You Might Also Like

0 komentar