Pelajaran Sejarah Kala SMA

Juni 24, 2015

Ah elah judulnya pake kala, kayak anak 80an aja.

Yah, 12 Juni kemaren gue udah bukan anak kelas 11 lagi dan bakal jadi anak kelas 12 (yee) di tahun ajaran baru ntar. Masih IPS, masih pendiam, masih suka ngobrol sama kura-kura dan masih jomblo. Alhamdulillah gue sepertinya memilih pilihan yang amat.tepat.tepat.sekali di IPS ini. Ya iyalah, gue waktu kelas 10 (waktu itu belum ada IPA IPS) nilai gue jeblok gara-gara fisika yang pas KKM dan pelajaran IPA lain yang rata-ratanya 70an (walaupun kalo gasalah gue ekonomi juga dibawah 70 sih hehehe *dibakar hidup-hidup).

Kenapa gue sebut tepat? Karena di IPS ini Alhamdulillah gue bisa bersaing, sama cewe-cewe yang mendominasi nilai kelas macam Nadyra atau Hasna atau Karen atau Shanaya dan Mataya (tapi kemaren nilai gue diatas Mataya yeyeyey). Entah gimana kalo misalkan gue dulu milihnya IPA, mungkin gue bakal jadi satu-satunya murid IPA yang dimutasi ke Gontor karena dianggap sakit jiwa dan tidak pantas mengikuti pembelajaran di kelas.

Hehehe.


Entahlah, tapi dari dulu otak gue kayaknya udah terformat IPS, gak bisa hitung-hitungan dan lebih jago ngapalin atau baca. Mungkin gara-gara begaol sama R-Bros juga lah yang ngebuat pemikiran gue berubah banyak dan akhirnya memilih IPS sebagai jalan hidup. Naon. Dan yaah, pelajaran favorit gue di sekolah saat ini masih sama kayak dulu-dulu :

Sejaraaaahhhhh

Entah kenapa gue suka banget ini pelajaran, dari SMP (atau dari SD malah) gue udah seneng baca buku sejarah yang menarik perhatian gue (walaupun sekarang udah rada jarang). Se-gak asik apapun gurunya, kalo pelajaran sejarah mah gue bakal ladenin aja dengan hati riang gembira macam orang baru dikasih gunung sama leluhurnya.

Waktu SMP, pelajaran IPS waktu itu gurunya Bu Neneng dari kelas 7 sampe kelas 9, sejarahnya rame kok walau kelas 9 udah bercampur aduk sama pelajaran IPS lain macem ekonomi sama geografi. Tapi Alhamdulillah waktu SMP gue berhasil jadi juara cerdas cermat sekolah 2 kali berturut-turut :3

Siapa yang nanya.

Waktu SMA semuanya mulai berubah sedikit-sedikit. Kelas 10 gurunya Bu Santi. Pelajaran sejarah waktu itu cuman kebagian 1 jam pelajaran / minggu alias kita semua anak kelas 10 saat itu cuman belajar sejarah 45 menit (iya, empat puluh lima menit) doang dalam 1 Minggu pembelajaran.

Gimana gak aneh pas tau kalo anak TB otaknya kebanyakan pinter IPA, pelajaran sosialnya aja jam-nya kalah jauh dibanding pelajaran IPA...

Tapi gue hadapi jam yang sedikit itu dengan sabar. Hari Selasa jam pertama adalah jadwal pelajaran sejarah kelas X-6 waktu itu, waktu yang gue tunggu-tunggu walaupun cuman punya 45 menit di Seminggu ini. Tapi justru 45 menit itu yang bikin kita jadi fearless.

Semester 1 pelajarannya cuman tentang manusia purba blablabla, ngebosenin buat gue sampe nyatet aja gak niat dan cuman dapet 70, ulangan pun standar 70an atau 80an juga udah syukur. Semester 2 mulai seru, tentang peradaban kuno dunia macem India China Peru dan kawan-kawan. Ngejelasinnya dengan presentasi materi / kelompok. Seru walau ada aja yang ngejelasinnya rada memble.

Tapi gue sempet dapet nilai 100 di ulangan sejarah ini, materinya waktu peradaban India-China kalo gak salah (yaiyalah kelompok gue yang kebagian materi ini). Walau dapet 100, tapi si Trisia tetep aja protes ke gue, dia bilang gue harusnya gak dapet nilai 100 di ulangan waktu itu, alasannya simpel :

Marisa salah meriksa jawaban gue, gue ngerasa salah 1 tapi tiba-tiba dapet 100

Dan anehnya, Trisi ini gak sekelas sama gue. Selidik punya selidik, ternyata dia tau waktu gue teriak keras-keras ke temen-temen gue tentang ini, dan waktu itu dia ada di sekitar lingkaran perkumpulan pemuda jomblo pecinta badak Sumatra ini. Jadi aja dia tau. Yaudahlah, syukuri apa yang ada saja. Ah iya, nilai itu jadi nilai 100 kedua yang gue dapet selama di SMATB, setelah waktu semester 1 nilai ulangan fisika materi vektor gue secara ajaib dapet 100.

Dan kelas 11, wuhuu, seru abis, seriusan. Materinya yang rame dan Bu Hana yang asik ngebuat pelajaran sejarah (dan Bu Hana nya juga) dicintai sama semua orang di kelas gue. Atau malah Bu Hana ini sebenernya jadi guru favorit setiap murid yang dia ajar deh saking asiknya.
Si Bu Hana lagi gak woles.

Pelajaran sejarah di IPS ini ada 6 jam pelajaran, sementara di IPA 2 jam doang. Sejarah wajib 4 jam dan sejarah peminatan 2 jam (di IPA cuman sejarah wajib doang). Jadwalnya hari Selasa di 3 jam terakhir alias abis olahraga, sama hari Kamis dari jam kedua sampe istirahat pertama. Kalo mau nonton film di kelas pasti makenya yang hari Kamis biar lama~

Tapi karena pembagian jam-nya yang tanggung, jadinya kita lupa diri dan ngerubah aturan. Sejarah wajib sama peminatan sama-sama 3 jam, sejarah wajib kebagian hari Selasa dan peminatan kebagian hari Kamis. Setuju-setuju aja sih kita mah.

Tipe ngajar Bu Hana yang ngomong mulu dan abis itu ngasih tugas seabrek (beneran banyak banget) ngebuat buku tulis sejarah gue jadi yang paling jelek diantara buku tulis pelajaran lain. Kalo buku tulis lain mah bersih, yang kepake paling cuman 5 lembar, lah sejarah bisa sebukuen, dan ngebuat bukunya jadi jelek abis. Tapi buku jelek itulah yang ngebuat gue makin cinta sama pelajaran ini.

Tapi gue nyatet pelajaran bisa dibilang rusuh dan kurang rapih, tapi semua ditulis sampe hal gak penting kayak "Tsar Nicholas II adalah pria yang baik untuk keluarganya namun ia tidak bisa memimpin rakyat Rusia". Di pelajaran ini pula gue paling sering ngehayal aneh-aneh macem khayalan jadi Kaisar Rusia sampe ngehayal jadi cacing. Coba tanya Nadyra yang selalu sabar ngedenger bacotan gue di setiap pelajaran sejarah.

Walaupun cuman senyum-senyum geje, gue yakin dalam hati mah si Nadyra ngomong "I'm going to kill you, Kal"

Yang ngebuat kurang rapih itu adalah, gue pelit banget soal urusan buku. Ada celah dikit yang kosong, pasti gue bakal isi dengan informasi se-tidak jelas apapun. Gue gak tahan aja ngeliat spot kosong di buku catatan sejarah gue. Selain itu, panah-panah yang njelimet (buat ngehubungin suatu peristiwa) kadang ngebuat gue sendiri mikir "Oh iya ya, ini maksudnya apa sih?"

Pelajaran sejarah kelas 11 ini dimulai dari kolonialisme imperialisme lalu berlanjut sejarah peminatan tentang Kerajaan Islam dan Hindu di Indonesia, sementara sejarah wajib imperialisme blabla di Indonesia sampe akhir semester. Semester 2 agak kacau, materi sejarah peminatan yang kebanyakan ngebuat kita cuman belajar sampe pendudukan Jepang aja di sejarah wajib (dan itu adalah BAB 1 nya sejarah wajib semester 2), sisanya sejarah peminataaan mulu. Walhasil, waktu ulum, semua kelas IPS minta catatan sejarah wajib ke anak IPA, dan untungnya ada yang suka sejarah di IPA.

Walau belajar sejarah peminatan sepanjang semester 2, tapi itulah serunya, belajar tentang berbagai revolusi dunia macem Amerika Prancis Rusia blablabla, inilah yang ngebuat catatan gue jadi hancur lebur, belum lagi ditambah gambar peta dan tugas yang seabrek dari Bu Hana. Tapi karena kecintaan gue di pelajaran ini, Alhamdulillah waktu mau ulum semua tugas gue udah lengkap semua.

Saking sukanya sama pelajaran ini, gue sampe naikin minimal nilai yang harus gue dapet di ulangan harian sejarah. Kalo kelas 10 cuman 70-80an, kelas 11 ini gue nekat naikin standar minimal dapet 95 atau kalo bisa 100. Beberapa materi Alhamdulillah dapet 100 (dan pernah dapet 98 karena jawaban gue kelebihan 1 dan itu salahnya argh kzl) tapi kadang dapet 80an kalo materinya gile.

Pelajaran lain gak ada yang menarik perhatian gue segini gilenya, paling waktu pelajaran agama juga kayak gini tapi kayaknya masih kalah sama sejarah. Apalagi matematika sama ekonomi, gue dapet 67 waktu ulangan harian aja udah bersyukur banget (67 itu nilai KKM SMATB), dan bahasa inggris juga...

Yah, entahlah nanti kelas 12 bakal gimana sejarahnya. Gue udah dapet buku cetak sejarah buat kelas 12 nanti, gue lihat isinya, dan ternyata kurang menarik... Tapi gapapalah, gue bakal tetep semangat dapet nilai 100 di ulangan sejarah biar bisa keterima undangan SBM ITB (lah ngawur...)

Dan harapan anak IPS pasti sama, kelas 12 nanti sejarah nya diajar sama Bu Hana lagi, dan sosiologi sama Pak Dadi. Gitulah.

Yaudah deh.

Wassalam :)

You Might Also Like

0 komentar