Kau Adalah Apel Di Mataku

Juni 04, 2015

Raihan pikir ini hari yang indah. Dia baru aja selesai baca buku yang ia ambil secara seenak jidat dari tas nya Alma beberapa hari yang lalu. Sampai sekarang Raihan masih gak ngerti kenapa Alma gak sadar bukunya diambil sama Raihan beberapa hari yang lalu, mungkin lelah dengan tugas Bu Sinta yang disuruh ngafalin semua isi UUD itu, tapi entahlah, Raihan sendiri gak peduli amat.

Ceritanya bagus menurut Raihan yang jarang baca buku, kisahnya tentang kisah cinta anak SMA di Hong Kong yang ujung-ujungnya kurang etis buat dia ceritain sama temen-temennya (ya iyalah, Raihan sama temen-temennya kan hobinya banceng). Tapi dia masih gagal paham sama judulnya, karena judulnya pake bahasa Inggris, sementara Raihan itu konon dapet remed waktu ngerjain remed ulangan harian bahasa Inggris beberapa waktu lalu.

Karena penasaran, Raihan akhirnya nanyain juga arti judul buku itu ke Alma, sekalian ngembaliin buku sih ceritanya.


“Eh Ma, ini aku kembaliin buku kamu, makasih ye. Tapi aku mau nanya, tuh judul artinya apaan yak?”

Alma emang marah dikit sama Raihan, apalagi dia gak bilang-bilang waktu minjem bukunya dan gak bilang maaf waktu ngembaliin. Tapi dia gak bisa lama-lama marahnya karena ia emang gak terlalu kenal sama Raihan dan sepengetahuan dia, Raihan itu masuknya anak bandel. Jadi dia tetep jaga jarak sama Raihan, sekalipun waktu mau marahin dia.

“Oh, iya. Itu arti judulnya ’Kamu adalah apel di mataku’” jawab Alma singkat aja

“Loh, kok beda banget sih sama isi bukunya, maksudnya apa itu?”

“Aku gak tau, kamu kan bisa nyari sendiri di internet”

Alma pun pergi ninggalin Raihan sendiri di kelas, gatau kemana. Waktu itu emang lagi waktu istirahat, dan emang Raihan sama Alma itu kebetulan sekelas di tahun pertama SMA ini.


Alma adalah anak yang pinter di kelas mereka. Hampir semua teman-teman sepermainan Raihan menyukai Alma. Karena ya begitu, dia cantik, pintar, tidak banyak ulah dan sifatnya pun baik walau kata orang-orang dia terkadang seperti Ibu-Ibu. Tapi malah hal itu membuat mereka makin berusaha mendapatkan hati Alma.

Tapi kayaknya, Alma adalah tipikal orang yang kalo misalnya ditembak cowo, dia bakal tolak dengan alasan “Maaf aku mau fokus belajar dulu” atau “Maaf kamu terlalu baik buat aku”.

Waktu begitu cepat berlalu, sekarang mereka udah kelas 11 aja. Karena kelas mereka adalah kelas bilingual (lah katanya kelas bilingual tapi kok tadi Raihan gak ngerti judul buku :( Bebas lah namanya juga jomblo), jadi mereka gak akan kena aturan acak murid alias muridnya bakal tetep sama selama di SMA ini.

Di kelas 11 ini, Raihan semakin bermasalah. Nilainya turun drastis, uangnya pelan-pelan mulai habis gara-gara main banceng sama temen-temennya, dan dia pun mulai sering bolos akhir-akhir ini. Wali kelas mereka, Pak Yendri, pusing sama kelakuan Raihan akhir-akhir ini (apalagi waktu tau kalo temen-temennya udah mulai berubah ke arah yang lebih baik). Akhirnya Pak Yendri mau coba nyuruh Alma duduk sebangku sama Raihan, yang Pak Yendri pikir Alma bisa nularin sifat sama kepinterannya ke Raihan. Akhirnya, mulai saat itu, Raihan sama Alma pun duduk sebangku, lengkap dengan ultimatum bahwa mereka gak boleh pindah-pindah sampe Raihan dapet minimal 75 di rata-rata rapot bulanannya.

Awalnya Alma ngerasa gak nyaman sama Raihan, karena ya gitu lah kayak yang udah disebutin tadi sifat Raihan itu gimana. Tapi lama-lama, Alma mulai kasian sama Raihan. Alma yang punya jiwa sosial (semoga nyambung) yang tinggi makin lama makin gak tega liat Raihan kayak gini terus. Akhirnya dia mulai nyoba nolong Raihan, kayak misalnya nusuk-nusuk dia make pulpen kalo dia mau tidur di kelas (sampe bajunya kotor sama noda pulpen semua) atau ngasih latihan soal ke Raihan, walau pasti gak akan dia kerjain.

Alma ngelakuin ini karena dia gak tega liat Raihan gini terus, juga soal masa depannya dia nanti gimana. Selain itu, dia juga mau bales kebaikan Raihan yang kemaren ngorbanin dirinya buat dihukum karena dikira gak bawa buku waktu pelajaran PKN, tapi sebenernya Raihan ngasih bukunya ke Alma karena tau dia gak bawa buku PKN hari itu. Gatau gimana, dia tersentuh dan nyoba bales kebaikan Raihan.

Awalnya Raihan gak terlalu suka sama sikap Alma ke dia akhir-akhir ini. Menurut Raihan dia kayak Ibu-Ibu, ngomel mulu dan terlalu mikirin hidup dia yang sebenernya dia aja gak terlalu mikirin.

Tapi makin lama, dia makin terbiasa sama sikap Alma ke dia yang sok perhatian ini. Malah, lama-lama Raihan kayaknya baper dan jadi naruh perasaan ke Alma, walaupun dia kira dia bakal sulit ngungkapinnya.

Menjelang ulangan umum yang tinggal 3 Minggu lagi, Alma mulai lebih-lebih ngebimbing Raihan buat belajar lebih giat biar Raihan setidaknya bisa dapet 75 di nilai akhir nanti dan bisa naik kelas sama yang lainnya. Saking giatnya, mereka bahkan pernah belajar sampai malem di sekolah, dan berjanji kalo misalkan mereka naik kelas, Alma bakal nguncir rambut dia setiap hari selama kelas 12 nanti dan Raihan bakal ngebotakin rambut dia.

Hasilnya, mereka naik kelas. Raihan bahkan dapet rangking 8. Walaupun buat Alma yang rangking 1 ini capaian Raihan gak ada apa-apanya, tapi sebenernya buat Alma Raihan ini udah special karena dia dapet hasil ini sendiri, setelah latihan yang rumit dan dia seneng karena bisa dibilang dia adalah orang yang ngebantu Raihan buat dapet rangking 10 besar di kelas.

Dan gak lupa mereka menunaikan janji mereka masing-masing. Raihan dibotakin dan Alma nguncir rambutnya sepanjang kelas 12 ini. Raihan, entah gimana, terpana ngeliat Alma rambutnya dikuncir. Dia sekarang ngerasa kalo Alma adalah wanita yang special buat dia. Mulai saat itu dia berniat pergi dari kegiatan yang buruk yang selama ini ia jalanin.

Kelas 12, mereka makin sering bareng. Jalan-jalan bareng, nonton bioskop bareng, belajar bareng, jajan waktu istirahat bareng, pulang bareng, semuanya dijalanin barengan deh. Tapi, entahlah, diantara mereka berdua belum ada yang berani nyatain rasa mereka. Karena mereka pun kayaknya masih ngerasa orang yang selalu sama mereka ini cuman “temen” aja.

Friendzoned detected.

Setelah perjalanan yang rumit di sekolah, mereka akhirnya lulus dari SMA itu. Setelah pengumuman kelulusan itu, Raihan mentraktir Alma bakso di deket sekolah sambil ngobrol soal kuliah mau kemana. Raihan bilang, dia udah keterima beasiswa salah satu sekolah sepak bola paling top di Prancis, karena dari awal SMP dia dikenal jago main bolanya. Sementara Alma berencana kuliah di Bandung, di salah satu kampus paling bagus di Indonesia, walaupun dia bingung mau ambil jurusan apa.

Beberapa lama setelah perpisahan sekolah dan Raihan berangkat ke Prancis, dia akhirnya nerima kabar bahwa Alma gak keterima di jurusan yang ia inginkan (sebut saja jurusan Teknik Sipil ITB) dan akhirnya lupa diri dan nyasar di jurusan sastra Rusia di salah satu kampus yang masih bisa dibilang terbaik di Indonesia.

LDR ini cukup membuat Raihan gelisah. Mikirin kabar Alma disana gimana, dia udah dapet pacar apa belum. Dia sebenernya pengen nelpon Alma lagi, tapi dia pikir dia bakal ngeganggu aktivitas Alma, yang bahkan Raihan sendiri gak tau dia ngapain aja aktivitasnya. Buat statusnya sendiri Raihan tak tau, mereka bisa dianggap LDR apa nggak, karena ya pacaran aja belum.

Suatu hari, dia denger ada gempa di kota tempat Alma kuliah. Entah apa yang Raihan pikirkan saat itu. Gelisah, resah, khawatir (eh sama aja ya, hehehe). Seketika itu juga Raihan langsung nelpon Alma lewat Line Free Call. Dia nanya kabar Alma, termasuk apa Alma sama yang lain selamat apa nggak. Raihan bersyukur Alma selamat, dan Raihan juga bilang secara spontan kalo 3 hari lagi dia bakal ke Indonesia.

Dia bahkan belum nyiapin apa-apa buat ke Indonesia, dan gak tau mau ngapain.

Setelah entah gimana caranya, Raihan pun pulang ke Indonesia, dan tentu gak lupa ketemu sama Alma. Mereka jalan bareng lagi, melepas rindu ceritanya. Tapi Raihan bener-bener gak ngerti kenapa Alma berubah, dia ngerasa Alma kayak mulai kecewa sama dia. Raihan gak tau alasannya kenapa.

Raihan berpikir kerasa, ia mungkin berpikir alasannya adalah percakapan tadi siang

“Raihan, kamu udah punya pacar ya?”

“Belum kok, kenapa emang?”

“Gapapa, soalnya kata temen aku, kamu udah punya pacar di Prancis sana, kalo gak salah namanya Ashley. Maaf ya Raihan kalo aku sok tau, hehehe”

Raihan gak tau siapa yang nyebarin gosip ini. Walau di Prancis emang dia sempet deket sama yang namanya Ashley, tapi dia gak pacaran kok. Lagian nama lengkapnya itu sebenernya Ashley Jonathan, mana mungkin dia pacaran sama cowok kan :(

Beberapa hari mereka bareng di Indonesia, akhirnya Raihan berani mengatakan perasaan sama Alma ini. Hal ini pun terjadi di sebuah festival ala orang Tiongkok yang lagi diadain di kampusnya Alma. Jadi mereka nerbangin sejenis lentera gitu sambil nulis keinginan mereka apa, dan katanya sih bisa terwujud kalo kita neriakin tulisan kita itu. Raihan pun gak mau kalah, dia neriakin apa yang dia tulis.

“Aku harap suatu hari nanti aku bisa bersama orang yang ada di depanku ini, Alma Alavizar Alayka. Walaupun tersebar gosip dengan Ashley, semoga Alma tau bahwa aku mencintainya dan aku ingin bersama dia sampai kapanpun”

Melihat ini, Alma pun terharu dan berkata “Kau mau tau jawabannya?”

“Tidak, jangan sekarang Alma. Aku tidak ingin merusak hubungan kita saat ini”

Alma kecewa, Raihan tidak mengerti, pembaca pun kecewa karena tidak mengerti maksud dari tulisan ini.

Setelah kembali ke Prancis, Raihan entah kenapa makin jarang ngechat sama Alma lagi. Tahun-tahun pun berlalu. Sudah lama dia gak denger kabar Alma, dia pun makin lihai main bolanya dan berencana pindah ke Inggris tahun depan. Di suatu hari yang cerah :

“Oy Han, lagi di Indo gak? Dateng gih kesini ada undangan temen kita nih Minggu depan”

“Undangan siapa nih? Gue soalnya jarang denger kabar dari temen-temen semenjak ke sini”

“Udah dateng aja, gue jamin kita bakal hepi. Salah 1 temen kita nih mau nikahan, dateng ya!!”

Setelah ke Indonesia dan memenuhi undangan yang entah dari siapa, dia pun kaget, setelah yang ada di meja pengantin itu adalah Alma, dan seseorang yang tidak dia kenal.

Ya, ini pernikahannya Alma, dan dia diundang.

Raihan tidak ingin nangis (entah gimana waktu dia abis dari sini), dia pun gak mikir ini adalah akhir yang sedih, justru ini akhir bahagia. Karena dia selalu beranggapan bahwa kita bisa bahagia jika melihat orang yang kita cintai berhasil menemukan the right one yang akan menemani mereka seumur hidup, sekalipun itu bukan kita.

Galau? Iya. Tapi mengingat yang tadi, Raihan tak mencoba bersedih. Setidaknya ia pernah mengisi kehidupan Alma selama masa SMAnya, walaupun tidak berakhir bahagia.

Raihan jadi ingat kembali salah satu quotes (bukan quotes sih kalo boleh dibilang) yang ada di bagian belakang buku yang dulu ia pernah pinjam dari Alma, quotes itu isinya pendek dan sederhana, tapi entah kenapa begitu bermakna buat Raihan : Karena masa mudaku, semua adalah tentangmu.

Selesai.

You Might Also Like

1 komentar

  1. KEREN!!! WALAU INI ONE SHOOT TAPI PEMBAWAAN CERITA NYA BAGUS!! AKU SUKA(≧▽≦)♡

    BalasHapus