Dan Keputusannya Adalah...

Juni 26, 2015

Sekarang ini, gue baru 16 tahun, belum dapet KTP, belum dapet SIM, belum boleh nonton adegan sensor di film-film romansa. Gue bahkan bisa dapet semua itu (yang nonton adegan sensor mungkin 18) baru Februari tahun depan, dimana 2 bulan setelah sweet seventeen itu gue bakal menghadapi UN. Malah katanya tahun depan UN dilaksanaik bulan Februari. Ya sudahlah.

Di umur yang masuk kategori dedeque-dedeque pasca-puber ini, belum banyak keputusan besar yang gue ambil dalma hidup gue. Sebagai pelajar SMA yang masih jomblo dan pedagang jersey, keputusan paling besar yang pernah gue ambil selama 16 tahun hidup gue adalah...

apa ya...

Milih sekolah?

Beli 4 jersey buat dijual lagi?

Milih jurusan IPA atau IPS?

Keluar dari eskul basket?

Nembak cewek?

atau

Move-on abis ditolak?

Yah, gitulah, paling keputusan besar yang berpeluang gue ambil sejauh ini baru itu doang. Karena ya memang kehidupan gue ini sehari-hari hanya menyangkut sekolah-main-ngurusin jualan-nulis-baca-tidur-makan-shalat-main bola. Udah. Belum sampe hal ribet kayak ngurusin masalah negara atau diskusi apakah suatu Hadits itu shahih apa nggak.

Tapi kayaknya, keputusan paling besar yang pernah gue pilih sejauh ini adalah milih jurusan, IPA atau IPS, waktu semester 2 kelas 10 lalu. Emang sih, dari SMP dan kelas 10 awal gue udah berjuang dan niat buat masuk IPS. Tapi entah kenapa, waktu awal semester 2, waktu guru-guru udah wanti-wanti buat merjuangin IPA atau IPS malah ngebuat gue dilema.

Iya sih gue udah nulis mau masuk IPS, iya sih gue kayaknya udah bilang ke semua orang kalo kelas 11 gue mau IPS, dan kayaknya semua juga udah tau gue mau IPS. Tapi dalam hati (dan otak) gue sempet dilanda dilema. Gue mikir bahwa pelajaran IPA juga gak kalah seru dibanding IPS, walau gue gak jago ngitung entah kenapa gue bisa seneng pelajaran kimia. Dan kayaknya, nilai pelajaran IPA gue (kecuali fiska) selalu lebih tinggi dibanding nilai pelajaran IPS gue.

Dan yang bikin makin ngaco adalah waktu ulum semester 2. Gue inget banget waktu itu lagi ngerjain ulum ekonomi, hari terakhir ulum. Dan gue inget banget gue gak bisa apa-apa waktu itu, rumus yang gue pelajarin gak berfungsi banyak waktu gue kerjain, PGnya juga banyak yang lupa materinya. Akhirnya gue ngerjain dengan perasaan takut "Anjir kalo masuk IPA gimana euy ini".

Labil ya gue, bilang mau masuk IPA tapi ujung-ujungnya malah takut. Namanya juga anak remaja.

Dan akhirnya, dengan segenap hati gue milih IPS sebagai kelas gue 2 tahun ke depan. Entah gimana pun caranya gue harus masuk IPS. Walau gue gak bisa ngerjain ulum ekonomi. Walau nilai IPA gue lebih tinggi dari nilai IPS gue kecuali fisika. Walau gue cinta banget sama pelajaran kimia sampe Bu Tin aja gak bisa ngebedain gue dan Ihsandri. Walau gue gak ngerti sama sekali pelajaran geografi waktu itu. Walau gue seneng waktu praktikum di lab fisika kimia biologi (apalagi kimia, walau kelompok gue selalu duduk paling belakang di lab). Walau gue tau kebanyakan orang Indonesia masih beranggapan bahwa anak IPS susah dapet kerja.

Dengan sabar, gue nunggu sampe bagi rapot. Dengan harapan masuk IPS, yang artinya gue harus mulai nyusun rencana mau kuliah dimana dan mau ngapain 10 tahun ke depan. Karena orang Indonesia masih mikir anak IPS gak bakal lebih makmur dari anak IPS. Yah, gak juga sih sebenernya.

Dan ini yang gue dapatkan hari itu, Jumat 12 Juni 2014 :

YEAY gue masuk IPS. Sebenrnya gak ada perasaan khusus sih. Seneng banget ngga, sedih juga ngga. Biasa aja. Gatau kenapa. Mungkin gara-gara banyak orang bilang ke gue "Udah Kal kalo milih IPS mah udah pasti masuk".

Yah, dan inilah gue sekarang. Naik ke kelas 12 IPS dengan rangking paling top yang pernah gue dapetin selama sekolah disini (rangking 5, sebenernya seinget gue pernah sih dapet ke-4 tapi itu nilai bulanan doang, 3 besar belum pernah huhuhu). Dengan ngejaga harapan keterima undangan SBM ITB karena nilai gue yang naik 2 poin dari semester 1. Dengan rasa bangga karena akhirnya gue bisa ngalahin nilai Mataya :P walaupun kuarter Nadyra, Hasna, Shanaya sama Karen belum bisa gue ungguli nilainya. Tapi gapapalah.

Bener-bener gak ada penyesalan selama di IPS. Walau resikonya harus ninggalin pelajaran kimia yang seru dan gak akan pernah ke lab fisika kimia biologi lagi, dan ketemu Pak Daru yang melegenda di lab biologi itu. Tapi gapapalah, toh gue di IPS juga lebih bisa ngikutin pelajarannya.

Entah gimana kalo gue ada di IPA sekarang. Entah gimana nasib gue. Entah gimana nasib nilai gue. Entah gimana nasib rencana kuliah gue, mungkin kalo di IPA gue cuman bisa pasrah "Yaudahlah kuliah dimana weh nu penting kuliah" beda sama keadaan sekarang dimana gue bisa mikir "Wah bisa lah nanti keterima undangan SBM ITB atau HI UI mah".

Mungkin kalo di IPA nilai gue bakal bener-bener jeblok. Nilai bulanan gue kayaknya bakal mentok di 75an, dan 80 keatas bakal jadi hal yang rada mustahil buat gue. Bukan pesimis ya, tapi ya emang gitulah, kemampuan hitungan gue gak bagus-bagus amat. Gue mau belajar ilmu itu juga, tapi gue mikir buat apa? Buat apa gue belajar fisika kalo kenyataannya sekarang gue ini ada di IPS dan lagi ngejar impian jadi pengusaha sama penulis? Gue tau emang fisika itu penting, dan gue tau ilmu itu harus tetep diraih. Tapi kalo gak relevan sama impian kita, buat apa gitu...

Gile gue ngomong apa barusan...

Dan mungkin kalo gue masuk IPA juga, gue saking stress nya sama pelajaran, maka sikap gue lama-lama bakal berubah dan bisa jadi kayak si Mz ini :

Yah, gatau deh. Mungkin sampe sekarang baru itu aja keputusan besar yang gue ambil dalam hidup gue. Walaupun masih ada yang lain sih kayak gue lebih milih sekolah di TB daripada SMA negeri, atau keputusan gue nembak cewek (geli gak sih bacanya), atau move-on, atau beli jersey yang nguras tabungan, atau beli buku bahasa Inggris saat kemampuan bahasa Inggris gue baru sampe rata-rata, atau saat gue memutuskan buat ngejual beberapa jersey andalan gue karena suatu alasan, dan hal lain yang gak gue inget setidaknya sekarang ini.

Di masa depan nanti, jelas gue bakal dihadapin sama lebih banyak pilihan hidup yang bisa ngebuat galau abiz. Kayak waktu kuliah mau ngapain aja (misalnya sekalian jualan jersey atau nulis buku), kalo gak keterima undangan mau ngapain, kalo jurusan kuliah gak sesuai mau ngapain, abis kuliah mau kerja apa, apa gue bisa ngeraih impian gue waktu SMA, apa gue bisa dapet cewek (#jomblolyfe), kapan harus nikah, kapan harus buat perusahaan dan kapan harus buat cafe sama Nadyra & Kresna, dan segudang pilihan lain yang bakal gue hadapi di masa depan.

Dan InsyaAllah gue siap.

Semoga aja gue bisa menghadapi semuanya dengan lancar, dengan sabar. Aamiin.

Wassalam :)

You Might Also Like

0 komentar