Dua Belas Hal

Juni 12, 2015

Semua orang pasti bakal ngerasain mati, gak peduli dia jomblo atau dia pemimpin partai atau dia atlet berkuda terkenal atau Nabi Muhammad sekalipun. Di QS Ali Imran : 185 juga ditegaskan “Tiap-tiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati”. Gue juga tentunya, kalian juga. Tapi entah kapan. Bisa sekarang, bisa 5 menit setelah baca post ini, bisa besok, bisa Minggu depan bulan depan tahun depan atau bisa juga 500 tahun lagi. Yang penting, pasti akan ngerasain mati, kapanpun itu.

Gue adalah orang yang percaya bahwa kesempatan buat hidup ini cuman sekali. Maksudnya, kita cuman dikasih 1 jatah nyawa dan kalo udah ilang kita gak bisa dapetinnya lagi walau udah nyari di Kaskus atau ebay, kecuali kalo lo mati suri atau menganut kepercayaan Tiongkok tentang reinkarnasi. Ya jadi gitu, hidup ini cuman 1 kali dengan kesempatan yang berkali-kali. Gak ngerti ya pasti…

Makanya, sebelum gue mati, yang entah kapan, gue pengen melakukan beberapa hal, dedeque-dedeque gahuwl menyebutnya “Bucket list” atau apa aja yang pengen lo lakukan sebelum mati. Dan karena ini tanggal 12, gue bakal bikin 12 bucket list, beberapa gak penting sih buat kalian tapi buat gue ini bisa jadi sangat penting, yah gak juga sih sebenernya.

Dan kedua belas hal itu adalah *jeng-jeng* :


1. Naik Haji : Siapa sih orang Islam yang gak mau ngejalanin Rukun Islam terakhir ini? Pengen deh rasanya dateng langsung kesana, ngejalanin setiap rangkaian Haji dan ngerasain langsung pengalaman spiritual yang (katanya) luar biasa dan gak bisa didapetin di tempat lain dan jadi ajang mendekatkan diri yang paling dekat dengan Yang Maha Kuasa di rumahnya langsung. Siapa sih yang gak mau...

Gue harap juga bisa Haji di usia muda, sekitar 40an lah, bukan usia 80an (kalo panjang umur itu juga) dimana gue kemungkinan udah susah ngapa-ngapain. Semoga gue dikasih rezeki cukup (karena mahal cuy...) buat berangkat haji, syukur-syukur bisa ngebayarin orang tua juga. Semoga ya.

2. Hapal Quran : Entah kenapa, gue pengen banget bisa hapal seluruh isi Al-Quran, walaupun apa yang gue lakukan sekarang gak mencerminkan seorang penghapal Quran :( Walaupun entah gimana, gue suatu saat bakal nyoba ngapalin dikit-dikit mah, make metode ngapalin Quran ala salah 1 pejabat Telkom yang gue baca di Kaskus beberapa waktu yang lalu.

Semoga bisa deh, walau bacaan Quran gue saat ini gak sebagus waktu gue SD atau SMP.

3. Nonton Final UCL dan Piala Dunia, Apalagi di San Siro : Gue adalah salah 1 penikmat sepak bola sejak kecil, walaupun kemampuan main bola gue kayaknya masih di bawah amatir. Sebagai fans dari dulu, pengen rasanya gue nonton Final dari 2 kompetisi yang paling diminati di dunia, UCL atau Liga Champions dan Final Piala Dunia yang cuman 4 tahun sekali.

Yah, walaupun pasti tiketnya muahal gile, gue berharap semoga aja gue bisa dapet tiket nontonnya gratis, hehehe amin. Gatau yah, pengen aja ngerasain sensasi yang bener-bener beda dari pertandingan biasa. Suasananya, kemeriahannya, fans tiap timnya dan sensasi waktu ada gol sama deg-degannya apalagi kalo pemenang ditentuin lewat adu penalti.
Dan kenapa pengen di San Siro? Yah, ue adalah fans AC Milan sejak 2005, walaupun waktu itu Milan baru aja kalah di Final UCL yang melegenda lawan Liverpool itu. Jadi nonton Final UCL di stadion kebanggan Milan (dan Inter Milan) pasti pengen gue lakukan sebelum meninggal. Final UCL tahun depan ternyata di San Siro, tapi karena tahun depan gue kayaknya belum cukup mapan buat ke Milan, jadi semoga aja Final UCL bisa dihelat di San Siro waktu gue udah cukup mapan buat kesana.

Syukur-syukur Milan yang main di final, atau Lyon juga gapapa deh.

4. Bikin Perusahaan Produk Olahraga : Ide ini mulai tercetus sejak Januari lalu, alias waktu gue ngurusin jersey kelas buat Liga TB. Awalnya gue iseng doang buat 30an desain jersey kelas gue, sampe kepikiran kenapa nanti gue gak buat apparel (semacam adidas nike blabla) sendiri aja nanti. Mulai dari sini gue mulai merancang apa aja yang bakal gue lakukan 10 tahun ke depan.

Sejauh ini gambar 30 desain baju yang gue buat entah ada dimana, tapi yang penting logonya udah jadi (dan ternyata gue udah buat tuh logo sejak kelas 8...) walau nama produknya belum tau. Yang ada di otak gue adalah nanti apparel gue ini bakal menyuplai baju tim lokal Indonesia dulu, nanti mulai merambah tim lokal Malaysia / Thailand, syukur-syukur bisa jadi apparel timnas Indonesia, atau timnas Asia Tenggara dulu terutama Thailand. Nanti baru jadi apparel klub di Eropa, awalnya mungkin klub Eropa Timur dulu, nanti mulai merambah Portugal terus Italia Prancis Jerman Spanyol Inggris sampai jadi apparel tim besar di negara-negara tadi. Abis itu mungkin timnas Eropa bakal gue embat juga. Semoga aja.
Semoga 20 tahun lagi gue bisa jadi apparel buat Lyon.
Tapi gue mulai mikir juga buat masuk olahraga lain selain sepak bola, mungkin basket voli badminton tenis atau mungkin juga atletik dan kawan-kawan. Gue gak pengen produk gue cuman sebatas sepak bola aja, pengen kayak Nike atau Adidas yang bisa menjalar ke banyak cabang olahraga. Tapi fokus pertama gue pasti sepak bola sih, karena ini yang paling gue pahami. Cabang olahraga lain mungkin bisa terwujud sama anak gue, karena kayaknya udah terlalu chape buat ngurusin perusahaan lagi.

Selain itu, gue juga pengen berangkat ke Jerman atau Amerika sebagai markas Adidas sama Nike, belajar disana, mulai dari desain, teknologi sampai pemasaran yang baik gimana. Gak lupa gue pengen membina customer service perusahaan gue nanti, karena apparel lokal sekarang ini kebanyakan punya pelayanan konsumen yang kurang bagus (dijawabnya kayak gak niat lah, gak membantu lah, dan pasti responnya lamaaaa banget). Sejauh ini cuman Injers yang pelayanannya gue suka, sisanya masih kurang.

5. Bikin Perusahaan Kebab : Ide jualan kebab ini mulai muncul sejak SMP, dimana waktu itu temen gue, Rudi, sering bilang "Geus ah jualan kebab weh di Afganistan". Sempat ilang di awal SMA, akhirnya ide jualan kebab ini mulai muncul lagi belum lama ini. Walaupun keliatan ngaco dan mustahil, tapi apa salahnya diperjuangin kan? Gile.

Dan gatau kenapa gue pengen bisa menguasai pasar kebab di Turki. Karena ya gitu, kebab kan asalnya dari Turki, jadi ya keren aja bisa jadi penguasa kebab di negara asalnya. Kayak orang Inggris yang bikin produk nasi goreng cepat saji dan ternyata jadi nomor 1 di Indonesia. Atau minimal kebab gue bisa berjaya di Indonesia dan jadi inspirasi orang-orang, entah gimana caranya.

6. Buka Restoran / Cafe : Beberapa temen gue udah ada yang berencana buka restoran / cafe sendiri. Kayak Nadyra yang pengen buat cafe atau Ivanka yang pengen buka cafe yang jual semacam kue. Kayaknya asik aja bisa duduk di restoran sendiri dan bilang "Anjir kalo mau makan gak usah bayar euy kayak di rumah aja" atau dateng, makan terus pulang aja gak bayar, pas dicegat satpam bisa bilang "Gue yang punya restoran ini" sambil jalan dengan muka :
Sejauh ini gue pengen ikutan nimbrung di rencana cafenya Nadyra, yang pengen kerja sama bareng Kresna, dengan Hasna yang bertugas ngatur lagu di cafe itu. Gue pengen ikutan rencana mereka, walau kita sendiri belum tau konsepnya kayak gimana, Dyra udah kepikiran sih tapi belum pasti. Dan semoga kebab gue bisa ikutan dijual disana, hehehe.

7. Nulis Buku : Yaa, ini impian gue sejak kelas 8, salah 1 impian paling awal dan sejauh ini gue bisa jalani biar bisa tercapai. Buat apa gue update blog setiap hari (semoga mulai sekarang bisa tiap hari) dan nulis hal-hal gak jelas kalo bukan karena mau nerbitin buku? Gue mulai sadar dari bulan ini bahwa gue harus punya 10.000 jam menulis gue sebelum umur gue 20an, karena gue cukup yakin orang yang udah latihan 10.000 jam bisa jadi ahli dalam hal apapun, setidaknya itu yang pernah gue baca dari buku Outliers nya Mz Gladwell.

Sekarang ini, gue belum tau mau nulis apaan, kemungkinan besar novel. Belum ada ide yang bener-bener mau gue tulis. Ada sih ide 1 yang paling top, dari kisah nyata, tapi masih di draft soalnya kisah aslinya belum selesai, dan judulnya juga sedikit menjijikan jadi kayaknya mau gue ganti kalo udah selesai. Kalo tentang kisah fiksi, gak tau mau tentang apaan, tapi entah kenapa gue pengen buat tentang mesin waktu atau kisah thriller, seru aja kayaknya.

Diluar novel, hmmm, kayaknya nggak deh. Palingan gue pengen bikin buku autobiografi (ah elah) kalo udah sukses gile, hahaha. Tapi gak tau deng. Selain itu kemungkinan nggak, masa iya gue nanti bikin buku tentang peternakan yang judulnya "Bagaimana cara menjalin hubungan dengan ular pemakan pensil" atau buku tentang pertanian dengan judul "Cara budidaya padi liar Afrika di Kutub Utara". Gak lucu yah.

8. Buat Film : Terutama dari buku gue, yang kisah nyata itu. Gue sering banget kepikiran waktu shooting film dari buku gue itu. Settingnya di sekolah gue sekarang, waktunya ya kayak sekarang kelas 2 SMA, dan lain-lain. Dan gak tau kenapa gue sering mendambakan pemeran gue nanti duduk sendirian terus lagu Tulus yang Jangan Cintai Aku Apa Adanya diputer dari kejauhan, kayak video klip gitu. Gatau kenapa milih lagu itu, walaupun ceritanya gak nyambung sama lagunya.

Kalo film lain diluar buku gue kayaknya masih harus dipikirin, lah iya gue nonton film aja jarang... Ah iya, atau gue pengen jadi pencetus salah 1 teknologi perfilman paling mutakhir dan keren. Gue pengen buat sensor suara di film horror, supaya kalo yang nonton film itu baca Quran / kitab, hantunya ilang dan ceritanya otomatis berubah :) Aneh emang, tapi kalo bisa kenapa nggak. Dan ini cuman berlaku di dvd yang asli, dvd bajakan mah nggak.

9. Dapet Undangan / Beasiswa : Impian gue yang paling bisa dicapai di waktu dekat. Sekarang ini gue sekolah lagi mencapai 1 tujuan : Undangan SBM ITB. Semenjak awal kelas 2 ini gue udah ngicer undangan masuk ke SBM ITB, gue mulai nanya-nanya apa aja syaratnya, dan katanya peningkatan nilai, dan gue tanya semester berapa aja, jawabannya beda-beda, ada yang jawab semester 12345 dan ada juga yang jawab 2345. Kalo pilihan pertama yang bener, Wassalam undangan karena nilai semester 1 gue turun di semester 2, sementara kesananya naik terus. Kalo pilihan 2 yang bener, gue masih bisa jaga peluangnya setelah kemaren dapet nilai 83 di rapot, berarti kelas 12 harus diatas 83, semoga...

Selain itu, gue juga pengen dapet setidaknya 1 beasiswa di hidup gue. Pengennya sih abis lulus S1 dapet beasiswa, ke Eropa atau Amerika. Walaupun bahasa Inggris gue masih pas-pasan dan bahasa Jerman gue yang dibawah pemula, gue yakin ini bisa kecapai, syukur-syukur sebelum gue sampe umur 30an udah bisa dapet beasiswa di luar negri. Harus cari-cari info beasiswa inimah dari sekarang.

10. Keliling Eropa : Eropa bagi gue adalah tempat dengan kemajuan di banyak bidang. Makanya mimpi gue adalah keliling, atau backpacking ke Eropa, kalo bisa sama istri (kalo udah punya) atau sendiri juga gapapa. Agak bingung harus mulai dari mana, tapi kayaknya Milan masih jadi tempat utama yang pengen gue datengin. Selain backpacking, gue juga pengen sekalian belajar disana kayak yang udah dibilang sebelumnya, belajar ke Adidas atau Puma di Jerman, atau Umbro di Inggris.

Atau gak pengen ngeliat nuansa Islam di Eropa, kayak program Jazirah Islam yang dulu sering gue tonton waktu Ramadhan beberapa tahun lalu, tentang Mba Dini Fitria yang keliling dunia buat nyari nuansa Islam di negara non-muslim. Gue seneng waktu bagian Eropa, kayaknya unik aja Islam disana, baik di negara non-Muslim atau negara Muslim kayak Turki, Albania atau Bosnia. Pengen rasanya kesana. Selain liat nuansa Islam di Eropa, gak lupa juga gue pengen nonton bola di salah 1 liga besar Eropa :p

11. Berkeluarga : Kalo kata Nadyra mah "Gak mau mati jomblo". Ya, bener banget. Walaupun sekarang ini gue jomblo, gue tetep gak mau jomblo terus dan lost myself in the sadness. Pengen nikah, punya keluarga sendiri, punya anak dan cucu biar bisa terus belajar dari mereka dan gue juga mendidik mereka biar jadi orang sholeh dan berguna. Semua impian gue diatas kerasa gak berguna kalo ujung-ujungnya gue mati dalam kesendirian di hari tua.

Walaupun calonnya sendiri belum tau siapa (karena kira-kira gue nikah 9 tahunan lagi) tapi gue tentu berharap dapet yang baik, dan sholehah tentunya. Atau paling gak mau diajak berjuang buat berubah bareng-bareng, supaya kita bisa hijrah ke arah yang baik bareng-bareng juga.

12. Berguna : Apa gunanya hidup kalo bukan untuk menghidupkan kehidupan orang lain. Yah, jadi orang berguna tentu jadi harapan gue, kapanpun dimanapun. Di Islam juga dibilang kalo sebaik-baiknya orang adalah orang yang berguna buat orang lain.

Minimal gue bisa berguna bagi diri gue sendiri, abis itu bisa berguna buat orang lain, apalagi kalo berguna buat orang banyak. Jadi orang berguna dan kebaikannya selalu dikenang juga bisa ngebantu nambah pahala kita walau udah meninggal, istilahnya amal jariyah. Makanya gue pengen buat sekolah suatu saat nanti, walau rencananya masih kalah sama rencana buat perusahaan produk olahraga.

*********

Itu 12 hal yang pengen gue capai sebelum gue meninggal. Beberapa diantaranya rada kejauhan emang, tapi gue yakin gak ada mimpi yang terlalu besar, adanya usaha yang kurang besar. Sebagai penutup, gue kasih quotes yang mantep dari Alitt Sutanto :
Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar