Mengapa Seorang Haykal Bisa Menyukai Film

Juni 01, 2015

Sebenernya, kalo gue ngelanjutin postingan ini, gue bisa aja dianggap telah menciptakan anti-tesis terhadap tulisan gue beberapa waktu ke belakang, yaitu The Avengers dan Kenapa Gue Gak Suka Film. Dari judulnya aja udah jelas, ((kenapa gue gak suka film)), eh sekarang gue nulis kenapa gue suka film. Ya, entahlah, demi kebaikan kualitas tulisan gue dan agar blog gue gak diblokir KPI dengan alasan ketidak-konsistesan penulis yang bisa menyebabkan runtuhnya ideologi masyarakat Indonesia.

Naon pisan :(

Yeah, film. Beberapa orang ngartiin hal ini sebagai penggambaran visual dari sebuah cerita yang terkadang diberi efek visual agar terlihat lebih menawan. Itu adala definisi film menurut seorang pelajar SMA 16 tahun bernama Haykal SP, yang kemampuan bermain sepak bolanya diragukan dan konon pernah membangunkan naga-penghirup-kentut dari tidurnya.


Setelah dengan jelas (semoga) gue menjelaskan beberapa hal yang ngebuat gue gak suka film, kali ini gue bakal bahas apa aja yang menarik dari sebuah film, dan apa aja film favorit gue. Sebenernya udah dibahas sih di post yang tadi, tapi gapapalah gue bahas lagi, siapa tau Rahmadi yang gue tulis disana ngebuat kalian tidak tertarik seketika.

***********

Pertama, mari kita bahas sepak terjang gue di bioskop alias seberapa sering gue pergi ke bioskop. Kalo bisa dibilang, jarang. Selain mahal (mending beli buku...), gue pun jarang ada yang nemenin nontonnya. Kalo jiwa gue masih sama kayak pas kelas 6 SD sih gue asik-asik aja ke bioskop sendirian. Tapi dengan jiwa kelas 2 SMA, ke bioskop sendirian? Gue yakin orang-orang di sekitar gue udah berbisik dalam hati "Ih si Mas jomblo, ke bioskop aja sendirian. Kura-kura di rumah saya aja ada temen Mas waktu nonton hujan di rumah".

Diliat dari intensitas gue pergi ke bioskop? Apakah gue keliatan suka nonton film? Hmm, bisa sih, gue bisa aja beli dvd bajakannya di Ver*tex dan nonton di rumah. Tapi, itu juga jarang gue lakukan, berkebalikan sama adek gue. Bedanya, kalo adek gue suka beli dvd bajakan, kalo gue pengen punya perusahaan dvd bajakan :(

Tapi tenang, gue gini-gini gak terlalu ketinggalan peradaban perfilman kok. Gue masih tau film apa aja yang ada di bioskop walau gak terlalu minat buat nonton. Film terakhir yang gue tonton di bioskop adalah Avengers : Age of Ultron dan kedua terakhir adalah Insurgent.
Gatau, pengen aja ngepost ini gambar :(

Film sendiri banyak macemnya, ada komedi horror perjuangan roman drama dan lain-lain. Kayaknya kategori nomor 2 adalah yang paling populer bagi dedek-dedek pasca-puber Indonesia, dimana gue waktu nonton film gituan aja bisa sampe lupa kalo gue udah ngompol di celana 5 kali sambil berdiri. Dan diantaranya gue paling suka yang, itulah, komedi, dan roman terkadang, dan drama juga terkadang.

Ah iya, omong-omong soal film. Pengen rasanya gue menciptakan teknologi baru bagi kemajuan film horror dunia. Apa itu? Nanti bakalan ada di post terpisah, InsyaAllah jika sanggup.

***********

You're The Apple of My Eye adalah salah 1 film drama terbaik yang pernah gue tonton. Walaupun gue udah janji ke diri gue sendiri gak akan nonton lagi nih film saking sedihnya, bahkan kata Najma film ini bisa ngebuat Bintang yang jantan itu nangis tersedu-sedu. Gatau deh, buat yang baelom nonton, harus nonton, kalo gak mau, yaudah. Intinya, film ini sedih, cowoknya bego, pemeran ceweknya cantik tapi ternyata umurnya udah 30an. Titik.
Salah 1 adegan favorit, walau gue gak inget ini di bagian mana.

Dan You're The Apple of My Eye ini berhasil membuat gue terinspirasi nulis buku dengan kisah yang hampir sama, walau lebih menyedihkan. Tapi karena kisahnya belom selesai, jadi masih ada di draft. Tapi da mana ada draft 2 paragraf :(

Karena masa mudaku, semua adalah tentangmu - Giddens Ko.

Interstellar juga merupakan salah 1 film favorit gue yang gue tonton belom lama ini, bermodalkan dvd bajakan kepunyaan Hasna. Efek visualnya gile, gue jadi pengen ke wormhole :( Anne Hathaway nya bikin gue makin betah nonton itu film. Walaupun endingnya ngegantung karena gue gak tau si Dr. Brand (Mb Hathaway) nya ada dimana dan sama siapa, selain CASE. Intinya gitulah, buat kita merenung sedikit mah.
Friedzoned detected edisi Interstellar.

Life of Pi adalah film yang ketiga. Film ini juga jadi satu-satuya film yang gue tonton di bioskop dan masuk ke daftar ini. Gatau, keren aja, efek visual nya (walaupun kalah sama Interstellar, kecuali Pulau misterius nya gile keren), waktu di sekoci sama harimau nya, logat India nya, insting bertahan hidup dan keajaiban alam yang membuat kita (harusnya) bisa lebih bersyukur dalam hidup ini. Walaupun gue kecewa si Richard Parker (nama harimaunya) pergi entah kemana tanpa dadahan dulu ke si Mr. Patel.
Biar rada serius dikit.

Three Idiots ada di daftar terakhir. Gue nonton ini film di kelas, dari laptop Bu Rohmah, sebagai inspirasi buat nampilin drama kelas, walau hasilnya jauh pisan sama ini film. Seru aja, banyak pembelajaran, logat India nya, kejutannya (aduh gue lupa sebutannya apa) dan pinternya si Mr. Ranchodas kawe lokal alias Mr. Wangdu. Dan yang jadi mind blown adalah, ternyata yang jadi Mr. Wangdu (Aamir Khan kalo gak salah) ternyata umurnya udah 40an pas maen tuh film, dan mukanya bahkan lebih muda daripada anak kuliahan yang lain. Why :(
#InRanchodasWeTrust

***********

Ya, mungki segitu dulu buat post kali ini, karena cuman 4 film itu yang berhasil menarik perhatian gue. Buat film yang lagi gue tunggu, Dilan sih paling mantep :( Semoga aja dijadiin film. American Sniper juga, gatau kenapa pengen nonton aja, padahal gak tau tentang apaan...

Buat penutup, gue cuman mau ngasitau kalo film gak cuman sebagai film di bioskop doang. Ada banyak macemnya, bisa kartun, anime, dokumenter, bahkan video amatir yang direkam sama dedek-dedek pra-puber pun bisa gue kategorikan sebagai film. Karena ya gitu, jangkauannya luas, tapi film sekarang ini banyak diidentikan sama yang ada di bioskop. Ya gapapalah, namanya juga manusia.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar