Balada Ulum Kelas 11 : HARI TERAKHIR

Juni 03, 2015

Gatau gimana ngejelasinnya. Tapi, yang pasti, ULUM UDAH SELESAIIIIII. Yeah, apa yang membelenggu kita selama seminggu lebih 2 hari akhirnya berakhir juga. Sekarang bisa libur juga, walau pun sedih karena ini artinya hubungan gue sama XI-7 tinggal seminggu lagi sebelum bagi rapot. Tapi untung IPS cuman 2 kelas, jadi kalo diacak kelasnya juga ketemunya itu-itu lagi. Lah, IPA 5 kelas (soalnya bilingual gak akan diubah-ubah), entah gimana perasaan mereka waktu perpisahan. Yah, biasa aja sih.

Sebenernya, kalo boleh, gue pengen ulum hari tadi dibawa ke rumah aja. Pelajaranya seni budaya sama PKR (tahun lalu mah TIK), da atuh mikir naon nu kieu di-ulum-keun :( Karena 2 pelajaran ini seinget gue praktek mulu, gue bener-bener gak tau harus belajar dari mana, apalagi seni budaya, PKR sih masih mending ada modulnya di web sekolah. Saking random nya pelajaran ini, gue bahkan diizinin buat maen futsal sama temen SMP gue, walaupun ujung-ujungnya gajadi.

Tadi pagi pun gue dateng ke sekolahnya telat, paling telat diantara semua hari ulum, jam 06.38 yang artinya gue cuman punya waktu belajar sekitar 10 menitan sebelum bel masuk. Entahlah, tapi gue liat di lantai 4 gak ada yang serius banget belajarnya kayak pas awal-awal ulum, semua terlihat santai, malah Hasna sempet nyuruh nulis ke semua anak XI-7 buat nulisin ucapan selamat ulang tahun ke Pak Yandi, walau ultahnya sih lusa. Kelas gue juga gitu, gak ada yang keliatan belajar serius sama sekali, karena gak tau juga mau belajar apa :( Ah iya, gue bahkan baru tau pelajaran pertama ini seni budaya waktu gue datang ke lantai 4 itu.


Ulum senbud gue jalani dengan lancar, walau tanpa belajar, karena soalnya rata-rata adalah soal UTS semua, yang gue masih inget. Meh, yang pengen gue lakukan saat itu cuman pengen cepet bel dan lanjutin ulum PKR biar cepet pulang. Dan akhirnya selesai juga.

PKR masih mending, gue belajar dari kertas rangkuman Nadyra sama Mataya. Ah iya, bedewei :

SELAMAT ULANG TAHUN NADYRA, JANGAN SOIDE TERUS YA.

Gue sampe sekarang masih gak ngerti kenapa istirahat buat belajar PKR itu 45 (iya, empat puluh lima) menit, sementara waktu istirahat buat belajar PKN atau ekonomi sebelumnya aja cuman 15 menit, mikir naon sih :( Yang kita pengen waktu itu cuman "CEPETAN BEL IH LAMA AMAT SIH ISTIRAHATNYA". Cuman 20 menit belajar dan sisanya ngobrol, gue juga pengen cepet ngerjain soal dan cepet pulang.

Ngerjain PKR gak terlalu rumit, yang rumit cuman gue lupa kode buat angka biru itu berapa, itu aja. Sisanya gue jalani dengan riang gembira. Seperti biasa, gue pengen cepet bel biar bisa pulang, ngelupain ulum ini. Dan setelah 15 menit gue habiskan dengan bengong aja (karena udah selesai juga), akhirnya bel berbunyi dengan syahdu nya, dan ULUM UDAHAN WOY !!

Ah iya, setelah bel bunyi dan ulum kali ini dinyatakan selesai, gue mendapat 1 kesimpulan bahwa :

Sebelum turun ke bawah, gue cuma diem di sekitaran kelas 11 sambil nunggu kepastian diterima apa nggak rapat buat panitia Pawidya (perpisahan kelas 12) hari Sabtu nanti, gue sendiri jadi logistik, yang konon cuman 4 orang. Okelah...

Gak tau rapatnya jadi apa nggak, gue akhirnya memenuhi panggilan Pak Yandi dulu. Horror abis men :( Pak Yandi awalnya nanya "Kamu tau kesalahan kamu?" dengan ekspresi yang kayaknya bodo amat, gue cuman jawab pelan "Hah, apaan Pak" sambil mengambil sikap tenang (padahal dalem hati mah "Anjir mun teu naek kelas kumaha ieu..."). Gue juga beneran gak tau kesahalan gue pas ulum, nyontek (yang gak ketauan) kagak, banyak ulah kaga, buat contekan di paha juga kagak. Paling pas tragedi tas Mojo pas pelajaran B. Sunda, tapi masa iya gue yang disalahin :(

Beberapa detik sebelum Mirza datang, akhirnya gue tau kenapa gue dipanggil Pak Yandi (teryata Mirza Shaina Reza dan lain-lain juga sama). Gue dan yang lain dipanggil Pak Yandi, buat, bantuin ngisi rekap absensi dan lain-lain dari bulan April. Itu aja. Ah elah, gue udah kaget kirain bakal gak naek kelas :(

Abis selesai urusan sama Pak Yandi, gue liat ke XI-1 udah gak ada siapa-siapa, gue (dan ketemu Shanaya juga yang sama bingungnya kayak gue) akhirnya nyamperin Ale yang keliatan ada di ruang baca sebelah kesiswaan. Gue tanya rapat pawidya jadi gak, dan ternyata udah selesai... Yaudah, pasrah, gue pun ke lantai 1 sendirian, nyamperin Rasiq dkk yang daritadi udah disana.

Rasiq dkk hari ini ada rencana mau nonton film Pitch Perfect 2 di PVJ, deket rumahnya Wawiz alias Wisnu. Gue sendiri gak ikut, walau udah diajakin kemaren. Itu karena gue lupa mereka ngajak, gue gak bawa baju ganti (ya gapapa sih make seragam, tapi yang lain udah pada ganti baju, kalo udah gitu gue dikiranya babu mereka atau anak hilang yang ditemukan di tempat pembuangan umum), selain itu gue juga udah ada janji sama seseorang di Baltos sama Palasari. Ke Baltos mau nambafgahin aksesoris obat ganteng (jersey), di Palasari mau nyampul buku sama ketemuan sama seseorang.
Obat ganteng dari Baltos.
Sebelum ke Baltos, gue nganterin Bintang dulu ke rumahnya, setelah gak sengaja ketemu di jalan. Entahlah, Rasiq melenceng ke Wisnu dan gue jadi nganterin Bintang sekarang. Sementara yang "itu" gue bahkan gak liat dia seharian ini. Aneh emang hidup teh.

Setelah selesai sama semua urusan bisnis hari ini, gue akhirnya pulang. Selalu damai bisa ada di rumah, walau kamar gue masih sedikit acak-acakan gara-gara ada sesi foto beberapa jersey yang bakal gue jual. Tapi ya gitu, tetep kerasa nyaman walau seacak apapun. Gue pun lanjut dengan nulis post ini, sama post 1 lagi yang bisa kalian liat setelah post ini selesai.

Balik lagi ke ulum. Yah, tau lah, kalo ulum (dan segala jenis ujian) itu pasti bakal menghantui kalian, minimal dalam seminggu. Sekeras apapun kalian belajar, pasti kalian tetep resah tentang "Gimana kalo soalnya beda" atau "Gimana kalo pas ulangan tiba-tiba lupa semua materi" dan yang lainnya. Tapi percayalah, guru pun mengalami hal yang sama kayak kalian waktu mau meriksa ulangan kita-kita, kaya gini lah ilustrasinya :
Hehehe, gitulah, namanya juga jomblo, bebas.

Wassalam :)

You Might Also Like

0 komentar