Pawidya Dan Logistik di Hati

Juni 06, 2015

Setelah kemaren gak ngapa-ngapain waktu dateng di Gladi Resik Pawidya, akhirnya hari tadi gue bener-bener kerja, jadi logistik juga sih karena #LogistikDiHati sudah melekat dalam jiwa gue.

Gue sendiri disuruh dateng jam 12 sama Pak Doni dan Pak Hikmat, pake baju batik. Logistik buat Pawidya tahun ini cuman 3 orang, gue Diko sama Zul. Ini sendiri jadi Pawidya pertama gue, sebagai logistik, dan tahun depan gue bakal jadi peserta yang duduk-duduk awkward di Pawidya. Pawidya ini kalo di tempat lain mungkin bisa dibilang sebagai "Acara Perpisahan" buat SMA kelas 12 atau SMP kelas 9, gue gatau SDTB ada Pawidya juga atau nggak. Kayaknya dari dulu selalu tempatnya di GOR Suci, biar hemat kali yak...

Yah, setelah pengembaraan awal yang panjang di Soekarno-Hatta, akhirnya gue datang jam setengah 1 ke GOR Suci, telat 30 menitan, padahal gue berangkat jam setengah 12, dan padahal rumah gue di Gatsu bukan di Soetta. Waktu gue sampe, udah banyak kelas 12 yang datang bareng keluarganya, pake jas kebaya dan batik. Gue sendiri waktu itu pake batik dan celana jeans warna biru, yang kayanya gak padu padan banget sama orang lain. Dan yang pertama kali gue pikirkan waktu sampe disana adalah :

Mampus gue salah kostum.

Tapi ya gapapalah, santai aja gak ada yang kenal ini sama gue, gak ada yang tiba-tiba teriak "AAHH Haykal yaa, yang nulis blog itu kan, minta tanda tangan dong" terus batal karena "Kok Haykal salah kostum sih, gak jadi ah mending minta tanda tangan tukang duren sebelah". Walaupun santai, tapi bayangan orang-orang yang liat gue kemungkinan besar adalah "Buset pake batik dipadu celana jeans biru sama sendal crocs, tuh orang niat gak sih kesini".

Apalagi setelah liat Diko yang jadi pengiring siswa ke tempat duduk, dia pake jas kayak yang lain, kebanyakan orang lain juga pake jas. Makin mantaplah gue terlihat sebagai mas-mas pengantar katering atau mas-mas yang benerin mic di Pawidya ini. Tapi pas gue liat Jul, hati gue sedikit lega karena kostum yang dia pake gak beda jauh sama gue.

Beberapa menit duduk di deket pemain angklung, gue akhirnya ketemu Jul yang ngasitau gue tempat standby logistik selama di Pawidya. Tempat nya di deket anak VH (Very Hot, atau paduan suara SMATB), sebelahan juga sama Caca (Reza Andriani) yang main piano buat Pawidya ini, dan tentu deket sama alat sound system dan keperluan lain yang sekiranya butuh logistik kayak kursi, mic dan alat.apapun.itu.buat.ngiringin.paduan.suara. Diko sendiri masih diatas, jadi gue duduk aja sama Zul sebelum acara mulai, Pak Iwan sama Bu Molly juga ada disana.

Yah, walaupun logistik cuman bertiga, setidaknya gue bisa nonton Pawidya ini di barisan paling depan, di belakang MC malah.

Setelah udah banyak orang tua yang dateng, akhirnya acara dimulai sama MC, Bita dan Danke, atas perintah Bu Molly. Setelah bacot-bacotan awal, akhirnya semua kelas 12 dituntun turun ke lapang basket yang udah disulap jadi tempat Pawidya. Prosesi ini dijalanin secara pelan, mulai dari XII-1 sampe XII-8 dan duduk sesuai absen. Kata orang-orang yang udah jadi panitia pawidya tahun lalu, musik yang dipake buat prosesi ini masih sama...

Abis prosesi selesai, Alhamdulillah Diko yang masih pake jas bergabung juga sama gue dan Jul. Tugas pertama gue adalah mindahin benda.pengiring.buat.nyanyi lagu Indonesia Raya, ke tengah hadirin. Abis itu, diem lagi, gatau mau ngapain. Di waktu awkward itu gue cuman izin Shalat, abis itu balik lagi, ngobrol sama Jul dan Pak Dicky biologi.

Setelah kata sambutan blabla, akhirnya Bu Sofi ngumumin banyak hal. Mulai dari rata-rata nilai UN anak TB tahun ini, peraih nilai UN terbaik sampe ngumumin anak-anak yang keterima undangan di berbagai universitas. Beuuhhh, gue harap tahun depan gue bisa jadi salah satu yang dipanggil undangan itu, SBM ITB atau HI UI, walau kemungkinan milih SBM ITB karena kata Pak Dicky peluang keterima undangan di UI lebih berat dibanding ITB.

Di sela-sela itu, apa yang gue harapkan pun datang, ada konsumsi buat logistik :') Sambil makan konsumsi nya gue juga nyoba sekaligus keheranan sama alat ajaib yang dibawa Caca, semacam kipas kecil yang gue sangka gak berguna ternyata lumayan ampuh juga buat mengusir gerah yang mendadak. Alat itu sempet dirusakin sama Jul tapi berhasil dibenerin lagi karena ilmu PKR kita yang dipelajari secara mendalam di kelas 11 ini.

Abis itu logistik gadag parah (kalo kata Rasiq mah), cuman ngeliatin Bu Sofi ngumumin banyak hal tentang sekolah dan kerjaan kita bertiga cuman duduk-duduk chantique di deket VH dan sempet buat sedikit keributan karena langkah kita yang berisik di jajaran bangku penonton basket (deket anak VH, tempat kita nongki chantique) dan ngebuat suara yang ngebuat Pak Dicky sampe harus menertibkan kami pake tali, itu pun setelah dipancing dulu sama makanan kura-kura.

Ah iya, di sela-sela nongki chantique itu juga gue sempet diskusi sama Diko tentang kira-kira siapa yang bakal pidato Bahasa Inggris tahun depan. Pawidya tahun ini yang pidato karena dianggap "Siswa berprestasi" ada Farhana, karena tahun lalu ikutan program AFS ke Italia. Diko bilang tahun depan mungkin Shaumil atau Nadyra yang pidato, tapi gue yakin Bintang yang bakalan pidato. Iyalah, dari Selandia Baru coy.

"Eeeh, my real name is Fajar but all of my friends usually call me Bintang. Im from New Zealand and I'd like to play banceng everyday."

Diko pun setuju, Jul juga. Kita semua jadi yakin Bintang bakal pidato Bahasa Inggris tahun depan, disamping Atya yang emang ketua OSIS angkatan gue. Dan gue juga heran kenapa Diko gak pidato di Pawidya tahun ini, kan keren "Sambutan dari Ketua Logistik" karena kayaknya logistik diperlukan di semua acara, walau kadang dianggep "Meh logistik doang"

#LogistikDiHati #HatiGueDiSiapa

Abis itu Alhamdulillah ada kerjaan, walau cuman mindahin kursi ke belakang tribun basket, buat dipake kakak-kakak yang bakal tampil di akhir acara. Abis itu, gadag parah lagi, duduk lagi, kali ini di deket AC, tempat nongki para fotografer Pawidya mulai dari Angga, Aulia sampe Hasna. Saking gadagnya, Jul pun sempet buka jasa pijat kepala, dimana cuman Angga yang make jasa Jul ini, itupun gak dibayar.

Gue gak akan lupa di bagian ini, waktu salah 1 makanan yang paling gue incer di konsumsi, ilang. Gue sengaja gak makan tuh makanan duluan (gue bahkan gak tau itu apaan, ayam mungkin) buat dimakan nanti di pertengahan acara. Tapi gue tinggalin wadah konsumsinya di tempat gue ngobrol sama Pak Dicky, abis itu gue ngacir kemana-mana, lupa sama tuh makanan, dan tau-tau udah ilang aja (sekilas mirip kayak kasus ilangnya Samsung S5 Robo yang melegenda itu), rasanya kayak :
Abis meratapi makanan yang ilang, akhirnya gue makan yang tersisa di box konsumsi gue, puding apa gue juga gak ngerti, yang Alhamdulillah masih utuh. Dan Alhamdulillah rasanya gak berubah walau udah gue tinggal kemana-mana, dan untung rasanya gak jadi asin, karena gue nangis waktu makannya, untungnya nggak. Abis itu diem lagi, ngeliatin kelanjutan acara, ada yang joget-joget dan lain-lain. Gitulah.

Setelah makan puding dengan kesedihan, gue bantuin Pitay (alias Piya Taya atau Savira & Tahira) ngasihin bungkusan buat 3 besar tiap kelas yang baru aja diumumin. Yah bantuinnya cuman ngasih bungkusan itu ke mereka berdua sih, nanti mereka yang ngasih ke orang yang cukup beruntung buat dapet rangking 1 sampai 3 ini. Gak tau isi bungkusannya apa, tas ultraman mungkin.

Abis itu duduk lagi, nonton VH nyanyiin beberapa lagu, si Angga minta dipijitin lagi, semua bahagia lagi. Tugas logistik abis ini cuman mindahin mic ke depan, buat dipake tampil sama kelas 12 yang mau tampil, nyanyi kok bukan debus.

Dan blablabla, beberapa orang kelas 12 akhirnya nyanyi sekitar 3 lagu di depan. Yang pertama tampil Acung dkk yang nyanyiin lagu The Beatles kalo gak salah, terus dilanjutin ke Kornel dkk yang nyanyiin lagu country, atau setidaknya itu yang gue denger. Penampilan mereka ditutup bareng-bareng dengan Acung yang nyanyiin lagu Imagine nya John Lennon, gak lupa dengan kalimat penutup "Break adzan heula" karena emang di tengah-tengah lagu sempet kedengeran Adzan Ashar dari luar. Gitulah, SMA.

Abis itu gue beresin mic nya lagi ke tempat semula, yang katanya mau dipake lagi di akhir jadi gak terlalu jauh disimpennya. Abis itu duduk lagi, di tempat tadi, deket AC. Dan kali ini ada Bu Linda sama Bu Molly yang manggil setiap orang buat dikasih medali sama ijazah blablabla. Prosesinya lumayan lama, iyalah 8 kelas, gue heran apa Bu Linda sama Bu Molly gak pegel nyebutin semua nama angkatan itu...

Pembagian medali ijazah blablabla selesai, suasana pun ricuh. Ricuh foto-foto, ortu foto sama murid, murid foto sama temennya, murid foto sendiri, ortu foto sama temen anaknya, temen anaknya foto sama ortu temennya, ortu foto sama ortu lain, gue mah foto sama kulkas aja. Eh da gak ada kulkas deng disana mah...

Saking ricuhnya, Bita sama Danke (dan Bu Molly juga) pun keliatan kebingungan buat nyuruh yang ada disana biar bisa duduk manis lagi. Malah sampe ada yang udah mau pulang... Tapi akhirnya semua yang dateng bisa ditertibkan lagi. Dan acara berjalan tampan lagi.

Abis itu acara udah gak tau mau ngapain lagi, udah akhir kayaknya. Tinggal penampilan angklung dan Pawidya pun udahan. Gue dan logistik lain tinggal mindahin beberapa mic ke depan kayak tadi. Abis itu duduk lagi, ngeliatin yang angklung, plus Fadli dengan saxophone nya, Adrie dengan alat.kayak.drum.tapi.bukan.drum-nya dan Eriel dengan bass nya. Diko bilang penampilan 3 orang lupa diri ini kayak misah dari tim angklung dan mainin musik jazz sendiri, entahlah.

Abis itu Pawidya selesai. Gue masih nunggu yang lain pulang duluan biar nanti gak terlalu dempet-dempetan waktu mau keluar. Sebelum pulang gue bantuin Fadli dulu mindahin keyboard sama saxophone dia ke mobilnya, ngobrol dulu sama Hasan, shalat, baru pulang setelah suasana udah agak sepi.

Dan berakhirlah hari itu, sisanya gue habiskan di rumah, baca buku, ngurusin jualan dan nulis post ini. Percayalah bahwa gue nulis post ini cuman buat iseng doang.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar