Karena Hijrah Tidak Selalu Mudah

Juni 02, 2015

Selasa, 2 Juni 2015. Gak kerasa udah 2 bulan berlalu semenjak tragedi itu. Dan gak lupa, selamat Hari Raya Waisak bagi Umat Buddha yang merayakan. Terima kasih telah jadi penyumbang hari libur di tengah ulum sekolah gue.

Seperti yang udah gue bilang sebelumnya, kalo hari ini 2 bulan lalu bisa dibilang sebagai hari kelam yang gak akan gue lupakan. Peristiwa 2 April itu sempat mengoyak-ngoyak gue walau cuman 1 hari dan abis itu gue malah tergugah buat nyoba lagi walau sampe sekarang belum berhasil. Dan berhubung gue adalah cowok gentle, maka naluri jantan gue hari ini mengarahkan gue pada salah 1 buku yang udah gue baca, "Cinta di Ujung Sajadah". Dan secara random pula gue membuka halaman kedua lalu melihat kata pertama di halaman itu :

Hijrah.


Yap, oke, pertama gue akan tampilkan pengertian hijrah yang gue dapatkan di Google (maaf kalo kurang tepat, namanya juga internet).

Imam Al Asfahanii berpendapat bahwa hijrah berarti berpisahnya seseorang dengan yang lain, baik berpisah secara badaniah, lisan, atau dengan hati. Meninggalkan suatu daerah berarti berpisah secara fisik (badan). Membenci seseorang berarti memisahkan dirinya dengan orang lain secara psikhis (qalbiyah), dan secara lisan berarti tidak mau berbicara dengan orang lain.

Mudah dimengerti kan? Kalo belum, silahkan tanya ke ulama / ustadz masing-masing ya, aku mah apa ulangan agama bab 8 aja cuman dapet 70 :(

Dan buat gue sendiri, hijrah gak selalu berarti perpindahan fisik dari satu tempat ke tempat lain (semacam mudik atau merantau). Hijrah bagi gue juga bisa berarti kita, manusia, yang pengen berubah buat kehidupannya, baik itu positif atau negatif, baik itu cuman berpengaruh buat dirinya atau orang lain, atau yang lainnya. Gue cukup yakin kita semua pernah berhijrah di kehidupan ini, minimal 1 kali lah. Karena gue dulu pernah baca kalo secara biologis (atau naonlah eta teuing), gen kita berubah setiap 10 tahun sekali. Jadi bisa dibilang kalo kita bukan orang yang sama kayak 10 tahun lalu. Bener kan?

Buat hijrah sendiri, menurut gue ada beberapa macamnya. Diantaranya hijrah yang kita lakukan sendiri (yah gak sendiri juga sih, minimal Allah ngebantu), hijrah yang dibantu sama orang terdekat kita, juga hijrah yang dibantu sama banyak orang. Selain itu, hijrah juga bisa di bidang pendidikan, cinta, sikap dan lain-lain. Banyak lah pokoknya, gue gak bisa nyebut semua kayaknya :(

Pertama, hijrah yang melibatkan kita sendiri. Maksudnya bisa 2 hal, bisa kita yang pergi ke mana-mana sendirian (biasanya jomblo kayak gue), atau kita yang sadar buat menolong diri kita sendiri. Karena dalam beberapa kasus, gue percaya kalo orang yang dapat menolong diri kita adalah diri kita sendiri, dibantu Allah tentunya. Tapi hijrah yang ini bisa kita sadari bisa ngga. Hijrah kayak gini biasanya terjadi di kasus yang melibatkan diri kita sendiri (ya iyalah) atau masalah yang gak pernah ceritain ke siapapun.

Gue juga pernah mengalami hijrah jenis ini, dan masih berjalan sampai sekarang. Waktu SMP, gue adalah orang yang ricuh, banyak ulah, banyak omong walau taat aturan. Waktu masuk SMA, gue mengalami peristiwa yang mengubah gue jadi sekarang : sedikit pendiem (walau pun kata temen gue 'sangat pendiam', jangan lupakan tanda kutipnya) dan lebih kalem walau sekarang gue kadang males ikutin aturan terutama di sekolah, hehehe. Buat perubahan fisik nya, sekarang gue udah pake kacamata, padahal waktu SMP nggak.

Yang kedua adalah hijrah yang dibantu orang-orang terdekat kita. Yah, walaupun di lingkungan sekitar kita diabaikan sama orang lain, setidaknya gue yakin masih ada 1-2 orang yang peduli sama kita, dan siap ngebantu kita buat berubah biar bisa lebih diterima. Minimal itu keluarga kita sendiri, atau temen-temen terdekat kita. Mereka bisa ngebantu kita ngerubah diri kita, atau mereka bisa juga ngerubah pandangan orang lain tentang kita biar mereka mengerti keadaan kita. Hijrah semacem ini biasanya terjadi sama kalangan minoritas.

Terus, ada juga hijrah yang dibantu sama banyak orang, bisa dari lingkungan sekitar sampe seluruh dunia. Biasanya terjadi dalam kasus bencana alam, atau peristiwa yang menggugah dunia lewat internet. Salah satu contoh di bidang olahraga adalah Real Oviedo (klub sepakbola Spanyol), klub ini hampir bangkrut, terus salah 1 fansnya yang terkenal nulis berita tentang kebangkrutan tim. Ngeliat antusiasme dari seluruh dunia, akhirnya pihak klub ngejual saham Real Oviedo ke seluruh dunia dan sekarang (katanya) udah bisa selamat walau belum makmur-makmur amat.

Korban bencana alam kayaknya jadi yang paling banyak ngalamin hijrah jenis ini. Lewat internet, sekarang semua orang udah gak usah nonton siaran TV yang banyak semutnya atau nunggu mas-mas koran ngelempar koran ke halaman rumah kita buat tau kabar bencana alam di belahan dunia lain. Dan lewat internet juga, banyak orang mulai nyoba bantu buat nguatin korban bencana alam itu. Bisa lewat doa, jasa, atau nyumbang uang dan barang yang sekiranya bisa berguna buat korban bencana. Yang terbaru ini ya jelas Rohingya yang dibantu warga Aceh.

Hijrah jenis ini bisa berdampak buat mental si korban, bisa jadi lebih kuat dan tabah, dan keadaannya juga bisa lebih baik dari hasil bantuan orang-orang di berbagai daerah, yang bahkan gak tau dia siapa. Gitulah.
Salah satu jenis dukungan Valencia buat korban gempa Nepal.
Satu-satunya hal yang kita habiskan dengan sia-sia adalah untuk berpikir bahwa kita sendirian - Mitch Albom, dalam buku Five People You Meet In Heaven.

Tapi semua tergantung kita, apakah kita mau berubah apa nggak. Mereka udah ngebantu, dan keputusan final di tangan kita. Kita yang lebih tau baiknya gimana, karena gak ada yang lebih mengerti diri kita sendiri selain kita sendiri.

**********

Selain hijrah berdasarkan siapa yang ngebantu, gue juga mengklasifikasikan hijrah dalam beberapa bidang. Yang ada di pikiran gue cuman di bidang pendidikan, cinta, ekonomi sama budaya. Sisanya mungkin akan gue tulis kalo tiba-tiba muncul di kepala gue.

Pertama, pendidikan. Ini mungkin jadi tujuan dari pendidikan itu sendiri. Pak Yandi (guru ekonomi gue) pernah bilang kalo tujuan utama pendidikan itu merubah sikap, terutama jadi lebih positif. Iya sih, pendidikan juga buat nambahin ilmu, tapi apa gunanya pinter tapi sikapnya buruk? Walaupun perusahaan bakal liat nilai kita dulu waktu kita ngelamar kerja, tapi tetep aja kita setidaknya bakal gak disukain sama temen-temen kalo sikap kita kurang baik.

Hal ini yang ngebuat gue kurang setuju sama jenis MPLS yang selama ini biasanya nyuruh pesertanya ngelakuin hal-hal aneh dan diluar nalar, atau ngebuat barang yang sulit dibayangkan logika, atau adegan marah-marah kakak kelas yang menganggap diri mereka keren. Buat apaaaaaa coba. Gue pernah baca kalo MPLS di Singapura itu nyuruh pesertanya buat keliling kota, terus ngasih "High-five" atau tos ke setiap orang yang lewat, khususnya di stasiun MRT. Tujuannya biar orang yang dikasih high-five itu lebih semangat menjalani harinya. Walaupun di Indonesia kayaknya hal itu bakal ditanggepin dengan "naon pisan sih", tapi ya setidaknya itu lebih baik daripada dimarahin senior tanpa alasan yang jelas.
Salah satu tujuan pendidikan itu sendiri,

Yang kedua, soal cinta. Ini kayaknya jadi yang paling populer diantara dedek-dedek pasca-puber (termasuk gue) sekarang ini. Bahasa gaul nya dedek-dedek pasca-puber buat hijrah bidang cinta ini adalah : move-on. Udah banyak orang yang nulisin tentang susah atau mudahnya move-on dari mantan, atau tips-tips move-on, atau segala hal yang berkaitan sama move-on seolah-olah move-on ini adalah acuan apakah kita hidup bahagia apa nggak.

Gue sendiri sekarang ini belum mau move-on, dari seseorang, yang jadi alasan utama peristiwa 2 April terjadi. Yah, walaupun semua orang yang tau kisah ini nyuruh gue "Udah move-on aja Kal", tapi gak tau, gue gak mau, gak ngerti gue juga kenapa. Efek yang dia timbulkan buat hidup gue terlalu besar. Agak lebay sih mengingat kalo gue aja belom berani ngajak dia ngobrol, walau ketemu tiap hari.

Yang ketiga, sosial budaya, ini terjadi sama masyarakat Indonesia, atau malah dunia secara umumnya, bahasa kerennya Globalisasi. Di Indonesia sendiri bisa diliat dari perilaku masyarakat Indonesia yang pelan-pelan mulai berubah. Kalo dulu dijodohin jadi nikah beneran, kalo sekarang dijodohin eh yang ngejodohinnya yang pacaran sama yang dijodohin sama kita. Kalo dulu permen karet Yosan 500 bisa dapet 5 biji, sekarang buat nyari permen Yosan aja sama susahnya kayak nyari huruf N yang melegenda itu. Kalo dulu masih nonton Tuyul dan Mba Yul buat hiburan, sekarang udah Ganteng-Ganteng kuda laut serigala. Dan segala macem perubahan lain yang dialami masyarakat Indonesia, baik itu positif atau negatif.

***********

Waktu berubah, begitu juga orang-orang di dalamnya.

Orang bilang, kita harus mau berubah kalo mau jadi lebih baik. Ya, gue setuju sama pendapat itu. Maksud berubah disini mungkin jadi berkembang biar keadaannya lebih baik, minimal buat dirinya sendiri. Berubah ini bisa kita lakukan dengan belajar, pikiran yang lebih terbuka, atau belajar dari pengalaman kita selama ini.

ask yourself this simple question: seandainya gue masih kayak dulu, apakah mereka tetap deketin? Kalo jawabannya nggak, ya know what to do. - Alexander Thian alias @amrazing

Karena gue percaya, bahwa belajar itu melawan ketidak-mungkinan, begitu juga hijrah. Lewat belajar, kita bisa hijrah, berubah jadi lebih baik. Yang dulunya males sekarang jadi rajin, yang dulunya anak nakal sekarang udah hafal Al-Qur'an, yang dulunya susah bayar SPP sekarang bisa bangun sekolah gratis, yang dulunya susah dapetin cewek sekarang jadi idaman para cewek, dan segala macem pengaruh hijrah ke arah yang lebih baik buat kita.

Tapi menurut gue, berubah itu tergantung kita, apakah menurut kita hal itu baik buat kita apa nggak. Hal ini biasanya kita pertimbangkan dari penilaian orang lain terhadap kita selama ini, dan keputusan berubah atau nggak nya itu tergantung dari gimana cara kita menanggapi penilaian orang terhadap diri kita. Semua itu balik lagi ke diri kita, perlu atau enggak, baik atau nggak pengaruhnya kalo kita merubah sesuatu. Karena gak ada yang lebih mengerti diri kita sendiri selain diri kita sendiri.

***********

Gue tau, proses buat hijrah itu gak mudah. Kata hijrah sendiri didapetin dari peristiwa hijrah nya Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah. Hijrah Nabi Muhammad itu bahkan memakan waktu hampir sebulan, belum lagi rintangan berupa panas yang menggile selama perjalanan. Intinya, hijrah itu perlu kesabaran sama niat yang kuat. Karena segala sesuatu itu dinilai tergantung niatnya.

Ada orang yang dengan 1 jam udah bisa berubah, ada yang berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, bertahun-tahun atau malah menghabiskan hidupnya buat berubah. Menurut gue sendiri, kalo kita mau hijrah, jangan terlalu dipakasain. Santai aja, nikmati prosesnya, belajar dari pengalamannya, biar kalo kita udah bener-bener berubah, perubahan itu bisa berdampak baik bagi jiwa kita. Yah, karena sesuatu yang dipaksain juga gak baik, dan kalo kita maksain diri kita buat berubah, lama-lama kita bisa lelah terus nanti ngelakuin ini :
Mungkin si Mz lelah :(

Inti dari tulisan ini adalah, gak ada pikirkan dulu sebelum kita mau berubah, pikirkan apa yang membuat kita mau berubah, dampaknya bagi kita dan masa depan kita, dan apakah perubahan itu bisa bermanfaat bagi orang lain, atau minimal diri kita sendiri.

Terima kasih udah sempet baca, maaf kalo terlalu serius gak kayak biasanya.

Wassalam :)

You Might Also Like

0 komentar