Hubungan Tidak Sehat

Juni 25, 2016

Walau kehidupan romansa gue selama di SMA bisa dibilang sedih sampe layak masuk acara "Mata Hati", tapi gini-gini gue udah berpengalaman memerhatikan temen-temen gue kalo lagi pacaran. Kalo dalam dunia cerpen, gue bisa dibilang sebagai "sudut pandang ketiga pengamat".

Berbahasa banget anaknya teh.

Dari banyaknya temen gue yang pacaran selama di SMA, gue udah mengamati banyak hal dari mereka. Ada yang langgeng dari kelas 1 sampe kelas 3, ada yang baru pacaran 12 hari udah putus, ada yang pacaran boong-boongan seminggu doang, ada yang berantem mulu, ada yang digantungin sebulan, ada yang balikan, ada yang lah.kalian.pacaran.kok.gue.gak.tau.sih, ada yang deket tapi gak pacaran, ada juga yang gak jadi pacaran tapi malah deket sama Ibunya.

Tunggu...

Dari semua hal yang gue amati selama ini, gue dapet beberapa pelajaran yang kayaknya bisa gue pake kalo gue pacaran nanti. Bukan, bukan gimana caranya milih tempat makan yang asoy ataupun gimana caranya biar elo bisa nemuin ujung selotip toples nastar di rumahnya doski. Tapi ya, kayak, gue harus ngapain kalo doski lagi PMS, kalo dia marah gue lebih baik nyeleding tekel Yaya Toure atau pura-pura mati, atau apa yang harus gue lakukan waktu doski bales chatnya 19373919363738283636 jam sekali.

Pelajaran yang kayaknya berharga tapi tidak berguna sekarang itu rata-rata gue dapet dari temen gue yang pacarannya tidak sehat. Tidak sehat disini bukan yang tiap ngedate kerjaannya suap-suapan kulit ayam keefsi ataupun yang gak pernah latihan gulat bareng. Tapi gak sehat maksud gue adalah yang pacaran tapi liatnya malah bikin orang ngesel dan jadi pengen ikutan ngurusin kehidupan mereka. Banyak loh yang kayak gini.

Ada banyak tipe pacaran gak sehat. Mulai dari pacar posesif yang kerjaannya ngecekin HP pacarnya tiap ketemu, ada juga yang kayak negara gara-gara kerjaannya ngatur-ngatur pacarnya harus ngapain kalo ketemu si ini kalo makan ini kalo bera' disini kalo blablablabla sampe tau-tau pacarnya udah lulus sekolah hukum, sampe ada juga pacaran yang tidak didasari dengan cinta kasih dari awal (anjay), alias terpaksa, jadi apapun yang dilakukan pacarnya akan selalu ia komentari dengan "Naonsih sia" walau dalam hati, biasanya yang kayak gini uang di rekeningnya hampir sama kayak Sultan Brunei. Dan mungkin ada juga yang saking gak sehatnya, dia nyelingkuhin selingkuhannya.

Kumaha?

Dari semua itu, mungkin gue bisa menarik satu kesimpulan ciri-ciri orang yang punya hubungan tidak sehat : dia nggak jadi dirinya sendiri.

Maksudnya, dia berubah ke arah yang negatif waktu menjalin hubungan ini. Yang asalnya rajin, jadi males. Yang asalnya shalat Tahajud tiap malem, jadi berhobi pesta semalam suntuk. Yang asalnya suka main bola, malah jadi suka nge-hah-in kumang biar jalan.

Eh gitu bukan sih mainnya?

Tapi ya intinya begitu, elo gak jadi diri lo sendiri waktu menjalin hubungan adalah ciri-ciri hubungan tidak sehat. Apalagi kalo elo dipaksa berubah. Masih mending kalo elo berubah ke arah yang positif, kayak elo dulunya tukang tidur, gara-gara pacaran elo jadi tukang martabak, kan lumayan dapet duit. Lo yang dulunya jomblo bahagia banget, pas pacaran malah sering sedih karena dia minta elo bayarin cicilan rumah sama motornya. Lah.

Karena menurut gue hakikat berhubungan dengan sesama itu adalah elo tetap menjadi diri sendiri dan orang lain bisa menerima elo dengan ikhlas dan hati senang. Gue gak terlalu seneng ada orang yang maksa pacaranya buat berubah demi dia. Islam aja gak memaksa seseorang buat berubah atau jadi Mualaf, semua dilakukan dengan keikhlaskan. Dan kalaupun elo ikhlas berubah setelah dipaksa pacar, itu tetep aja gak baik, karena elo bukan lagi elo.

Komentar gue setiap kali liat orang pacaran tidak sehat adalah : Yaelah bro, nafkahin aja belom.

Ya kecuali kalo elo Power Ranger sih jangan dalami post ini terlalu jauh. Nanti repot cuy. Pas musuh datang, elo dipaksa berubah jadi Power Ranger sama orang-orang. Karena elo udah merenungi dan menyetujui tulisan ini, maka elo bilang sama orang-orang "Dipaksa berubah itu gak baik bg kata Haykal juga" dan akhirnya gue yang diumpan ke musuh itu biar pergi dari kampung mereka. Kan repot.

Intinya satu : don't lose yourself trying to love someone.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar