Menafkahkan In a Nutshell

Juni 28, 2016


Sebelum kalian mikir yang nggak-nggak dan malah ngelaporin gue ke Pusat Rehabilitasi Hewan Langka abis baca ini, gue tekankan dulu bahwa tulisan ini hanya fiksi dan buah dari keliaran pikiran gue semata, dan juga karena gue lagi ikut tantangan 30 hari nulis yang tema tulisan hari ini adalah : jika elo jomblo, nulis seolah-olah udah nikah begitu pun sebaliknya.

Ngerti ya. Semoga abis tulisan ini selesai gak ada orang WWF datang ke rumah gue terus masukin gue ke kandang babi rusa.

*******

Sebagai orang yang baru 6 bulan yang lalu nikah, tentu kehidupan baru ini amatlah berbeda dari yang biasanya gue alami selama 25 tahun kehidupan, dimana mayoritas gue habiskan dengan hidup sendiri tanpa pasangan. Jadi ya, aneh aja, gue yang selama SMA jomblo dan gak berpengalaman sama wanita ini tiba-tiba bisa mewujudkan apa yang sering gue bilang ke temen-temen gue soal gebetan gue waktu SMA :

"Ih kalo liat sieta lewat teh jadi pengen ngenafkahin"

HAHAHAHAHAHAHHAHA geli jir sumpah.

Bertahun-tahun setelah kalimat itu secara liarnya keluar dari mulut gue, gue baru sadar bahwa kalimat "pengen ngenafkahin" itu is not that simple. Gue baru sadar bahwa kalimat "pengen ngehalalin" itu lebih simpel daripada "pengen ngenafkahin", karena setelah 6 bulan pasca-pernikahan ini, gue merasakan gimana rasanya memberi nafkah beneran, bukan lagi lewat Ibunya yang jualan makanan di depan sekolah kita.

HHHEEEEYYYYY.

Gue lulus dari Wirausaha SBM ITB dengan status perusahaan gue yang udah berbadan hukum, dimana perusahaan ini bergerak di bidang produksi peralatan olahraga dan ada sedikit lupa dirinya dengan membuat kafe khas anak muda gahol Bandung yang dimana gue kerjasama sama beberapa temen SMA gue. Walau gak kerja kantoran dan dapet tunjangan sana sini, Alhamdulillah perusahaan dari gue pun udah bisa menafkahi gue dan kaluwargi cilik yang masih berdua ini. Temen kuliah gue yang ngebikin perusahaan ini bareng-bareng memutuskan untuk mundur dari perusahaan alat olahraga ini dan memutuskan bikin perusahaan sendiri yang bergerak di bidang pakan ikan arwana, jadi gue sekarang bergerak secara mandiri, kalo yang kafe itu masih dikelola sama temen SMA.

Perusahaan gue sendiri Alhamdulillah udah cukup maju, dimana bisa jadi apparel atau penyedia peralatan olahraga buat Persib Bandung waktu gue baru lulus kuliah, dimana waktu kuliah sendiri perusahaan gue udah cukup sering menerima pesenan kostum tim futsal atau basket dari beberapa orang. Sampe sekarang, perusahaan yang gue namain Panjers sesuai nama belakang gue (Panjeraino) ini udah mulai merambah olahraga lain selain sepakbola, yaitu basket walau masih kecil-kecilan, dan mungkin hoki dimana istri gue adalah pemain hoki waktu SMA-nya, jadi gue dibantu dia dikit-dikit soal perhokian.

Omset per bulan perusahaan sendiri gue lumayan, udah bisa beli pulau di Mikronesia dan udah cukup buat bayarin ortu gue dan ortu dia naik haji. Tapi karena budaya Indonesia jarang menyebutkan pendapatan seseorang, jadi ya, maaf saja, tidak baik jika timbul iri dengki diantara kita.

Nahhh sebagai penganut agama Islam yang baik, gue mengamalkan salah satu hadist Rasulullah yang bilang bahwa semua pendapatan suami harus diberikan ke istri, kecuali jika istri mengizinkan beberapa persen untuk kebutuhan suami.

*benerin kalo salah

Ini adalah hal baru banget yang gue hadapi di masa pernikahan ini. Karena, ya, gue selama ini keseringan jomblo dan kemana-mana sendiri. Boro-boro ngasih uang ke orang lain, beli makanan buat sendiri aja mikir terus ujung-ujungnya makan di rumah :( Dan karena masa muda gue dihabiskan dengan gak pacaran dan lebih sering di rumah, jadi uang yang gue punya lebih sering gue abisin buat hobi gue, kalo gak beli jersey ya beli buku, atau beli bengsin. Tapi karena gue harus menafkahkan penghasilan gue ke istri, jadi beli-beli kain laknat (jersey) itu rada gue kurangi sekarang, ya kecuali diijinin huehuehue udah tua juga mulai sakit pinggang kalo main bola.

Lah pemain bola mah umur emasnya banyak yang pas 25 tahun eh ini malah sakit pinggang. Aku dua lima dan ringkih :(

Tapi ya, kita gak berkembang kalo gak berubah. Jadi hal ini gue terima aja dengan ikhlas, karena ya duit gue masih di istri gue inilah bukan buat kang piscok deket SD gue dulu, karena intinya itu saling percaya. Dan seenggaknya juga gue udah gak sendiri lagi, masa umur 25 sahur masih masak emih sendiri, sama laron epilepsi aja diketawain lo kayaknya. Gak ada salahnya juga ngikutin hadist Nabi, demi bisa melakukan apa-apa bareng sampe hari tua; makan coklat bareng, ngajasjus bareng, main monopoli bareng (gak sama kura-kura lagi yeay), nguras kolam SeaWorld bareng (lah gak gini juga kali ya), berdebat kenapa kalender taun lalu udah gabisa dipake bareng, sampe diskusi kenapa Pak Lurah buru-buru amat waktu datang rapat dewan kemakmuran masjid, semuanya dilakukan bareng-bareng, gak sendiri lagi, lucu deh. Ah iya, gue juga sekarang berharap bisa punya kucing, semoga istri gue gak alergi kucing.

Jadi, buat elo-elo pade darah muda yang mikir "Pengen nafkahin dia" itu susah kayak nyetut pesawat tempur, buang jauh-jauh pikiran itu dan biarkan Allah bekerja dengan jalan-Nya sendiri.

Anjay.

*******

Geli juga ya nulis ginian. Perlu dicatat bahwa yang berperan sebagai istri khayalan gue adalah orang yang ngatau ah males.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar