Naik Bang

Juni 04, 2016

Sekitar 2 minggu lalu, Coldplay ngerilis video klip terbaru buat salah satu lagu di album "A Head Full Of Stars" mereka, judul lagunya Up&Up. Biasanya, gue gak terlalu tertarik sama video klip suatu lagu, karena biasanya video klip kalo nggak biasa aja ya gak nyambung sama lagu. Gak banyak video klip yang ngebuat gue tertarik mantenginnya lama-lama sampe mata gue pendarahan atau bill warnet gue udah bablas 3 jam.

Tapi pada akhirnya gue iseng aja mau nonton video klip lagu Up&Up ini, yang kata orang-orang sih bagus (padahal baru sekitar 1-2 hari rilis waktu itu). Pertama gue denger bagus itu dari penyiar malam Radio Prambors, Kresna Julio sama Genus. Mereka waktu itu bilang kalo video klip Coldplay yang baru bagus bange, dan si Julio paling suka bagian pas Chris Martin tiduran di sawah. Sampe situ, gue gak terlalu tertarik karena "Tiduran di sawah? Dia mau kampanye swasembada beras apa gimana?". Lalu, beberapa menit sesudahnya, saat gue sedang berselancar dengan riang di twitter, gue baca salah satu tweetnya Ernest Prakasa yang mengatakan bahwa video klipnya Up&Up sakit jiwa. Nah, dari situlah gue mulai sedikit tertarik buat menyelidiki sebagus apa video klipnya.

Maka gue pun ngebuka YouTube terus nonton video klip Up&Up, yang saat itu udah ditonton 9 juta kali, edan oge. Dan waktu gue nonton pun...

Bagus banget jir.

Beneran deh. Kalian bisa jadi termasuk orang-orang yang merugi (hehe lebay) kalo gak nonton video klip Up&Up. Karena, aduh entah yah, bagus banget parah :( Gue gak paham lagi. Gue sendiri paling suka bagian ada anak kecil yang jalan di kumpulan ikan laut yang bergerombol, sama waktu ada balapan di cincin Saturnus yang entah kenapa keren banget. Gue bener-bener ngapresiasi yang ngebuat video tersebut dan kalo aja ada Haykal SP Award, gue bakal ngasih Penghargaan "Video Klip Yang Betah Haykal SP tonton walau mata sudah berdarah" kepada tim pembuat video Up&Up ini.

Waktu pertama kali nonton pun, gue sempet memastikan bahwa gue gak abis ngeganja dan lagi nge-fly waktu nonton saking bagusnya video klip itu. Tapi baru saat itu gue sadar kalo gue gak abis ngeganja dan video klipnya emang beneran bagus karena ya gimana mau ngonsumsi ganja, gue pulang jam 7 aja masuk angin.

Ini linknya buat kalian yang lagi gabut dan barangkali pengin nonton, bukan video prank hantu atau video tutorial membuat kue berbahan dasar Jasjus kok : https://youtu.be/BPNTC7uZYrI

Tapi, waktu pertama kali nonton itu gue lebih suka sama video klipnya daripada lagunya. Entah karena baru pertama kali denger atau belum tau betul liriknya. Gue baru sadar dan suka sama lagunya itu sekitar 1-2 hari setelahnya, waktu gue lagi nunggu hujan sendirian di BIP, karena gue parkir motor jauh banget di sebrang BIP dan hujan membuat gue terjebak sendirian seperti lebah yang tersesat di sarang semut. Gak ada hubungannya sih tapi ya intinya gue sendirian.

Sambil nunggu hujan yang lumayan lama itu, gue duduk di tangga bagian belakang BIP (yang ada Hotel Aryaduta) dan pasang headset lalu pengen aja ngedengerin lagu Up&Up sambil baca liriknya untuk yang pertama kali. Sekitar 2 kali gue ulang lagu tersebut, entah ada pikiran liar darimana yang mengatakan bahwa gue harus menulis sebuah novel dari lagu ini HAHAHA emang random gue juga gak paham lagi :(

Soal makna lagu ini sendiri, gue menafsirkan bahwa lagu ini dibuat dengan tujuan menyemangati orang-orang yang tampaknya sedang patah semangat. Ini terlihat dari banyaknya penggunaan kata "Up and Up" di lagu ini, sama banyaknya kayak kalimat "Maka nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan?" di Al-Quran.

Setiap kata "Up and Up" dinyanyikan (sebelum masuk reff), pasti sebelumnya ada sebuah kisah pendek yang lumayan sedih, lalu Coldplay dateng sambil bilang "Up and Up" lalu pergi menyemangati orang lain lagi.

Fixing up a car to drive in it again
searching for the water hoping for the rain
Up and Up, Up and Up

Down upon the canvas, working meal to meal
Waiting for a chance to pick your orange field
Up and Up, Up and Up

Ya jadi itu 2 bagian awal lagu Up&Up ini. Menyemangati orang-orang. Dan gue sendiri suka sama lirik di bagian reff, liriknya sekeren gue *lalu dihukum dengan wajib mendengarkan Mars Perindo seumur hidup*. Waktu dengerin reffnya, seakan-akan Abang Chris Martin dan kolega-koleganya sedang ngeband di kamar gue ngebawain lagu ini, lalu terakhir bilang "Semangat ya Kal".

We're going to get it get it together right now
Going to get it get it together somehow
Going to get it get it together and flower
oh oh oh oh oh oh

Itu bagian reff lagu ini yang punya makna menyemangati kita. Kalo aja gue cewek, bisa-bisa gue jawab "Makasih BangTin doain aja yah semoga aku kuat abis diputusin si Supangat" dan ngirim surat ke manajemen Coldplay yang isinya "Makasih banyak loh BangTin dkk yang udah nyemangatin aku, salam dari Geng Ceban Ceria Bandung Selatan, Bang. Katanya mereka juga pengen disemangatin hihihi :)" dan ujungnya gue ditangkap Satpol PP Kota New York karena dianggap menganggu ketertiban umum.

Walau bagus, gue juga rada heran sama BangTin di salah satu liriknya yang :

Yes I want to grow yes I want to feel
Yes I want to know show me how to heal it up
heal it up

Lah, kalo Chris Martin dkk nya aja pengen di heal it up-in, gue yang cuma seonggok bakteri di nasi sisa kemarin ini bagaimana :( Tapi setidaknya gue memuji sikap teman-teman Coldplay ini, mereka memutuskan untuk menyemangati orang terlebih dahulu padahal sebenarnya mereka juga perlu disemangati. Sama gue aja kali yak.

Semangat Coldplay, kalo konser ke Indonesia jangan lupa undangan Hijau Daun jadi pembukanya ya, gue sebagai Ketua Klorovers Cabang Bandung akan sangat bangga jika kalian melakukan itu :')

Mungkin teman-teman gue bertanya, gue kok yang udah dapet kuliah duluan, yang keuangan aman-aman aja karena punya jualan sendiri, temen banyak, dan lain-lain dan lain-lain, tapi masih perlu disemangatin?

Teman-teman, mungkin kalian lupa bahwa aku ini jomblo dan buat ke Prom nanti pun belum tau mau sama siapa, mentok-mentok gue ajak kura-kura gue ke prom dan main catur bareng disana, atau menikmati performa Barasuara (yang jadi bintang tamu prom SMA gue) bersama-sama, menghabiskan malam dengan suasana romansa Bandung.

Walau gue kadang berpikir "Deketin sieta ah", apalagi setelah gue ketemu temen-temen SBM ITB gue dari seluruh Indonesia, nyatanya gue masih gini aja. Tiap hari diem dikamar do nothing, atau kalau keluar rumah juga nanaonan liat-liat buku diskon atau jalan-jalan di BIP sendirian. Gak ada realisasi gue buat ngedeketin temen baru gue di SBM ITB, walau pas gathering kemaren gue udah kenalan sama beberapa dari mereka. Ya begitulah. Duh jadi pengen masukin lirik band sebelah nih.

"How can move on, when I'm still in love with you?"

Ea. Huhu. Semoga kamu keterima ITB juga ya.

Iya, kamu.

Hehe. Remaja.

Dan alasan kedua kenapa gue perlu disemangatin adalah; kemaren malem, beberapa jam sehabis gue nyelesein tulisan kisah cinta gue dengan si oren, gue dengan bodohnya tanpa sengaja nyenggol gelas penuh air di sebelah laptop dan WUZZZ seketika air mineral yang dianggap berguna itu menyerang laptop gue dengan cepatnya macem ketawa (ketawa kan menularnya cepet tuh). Gue panik sih, tapi gue gak menunjukkan kepanikan itu bahkan di kamar gue sendiri. Ya walau begitu gue tetep langsung cari penanganan kalo laptop kena air di HP gue dan melakukan segala cara yang gue bisa, termasuk ngebuka bagian bawah laptop dan dijemur dihadapan lampu belajar sampe paginya biar kering bener.

Waktu pagi, gue lanjut ngasih kehangatan ke laptop gue dengan hair dryer selama kurleb 15 menit lalu ngejemurnya di matahari pagi Pulau Jawa. Sambil berharap nanti malem udah bisa berfungsi lagi.

Jam 6 sore, gue beraniin diri ngecas tuh laptop dan berhasil, lalu sekitar 2 jam kemudian nyalain tuh laptop. Eh nyala, gue seneng, tapi abis itu,

"System operation not found"

Mampus. Harddisk nya rusak.

Huhuhu pengen nangis aja gue sampe bulan Rajab :(

Untung aja isinya belom terlalu banyak. Yang paling penting cuman foto temen-temen seangkatan gue yang diminta dari Ozi, dan beberapa draft tulisan gue yang kayaknya belom terlalu banyak. Ada juga beberapa berkas buat daftar ulang ITB dan pengunduran diri Universitas Telkom, dan untungnya itu semua udah kelar, kalo ketumpahan aernya sebelum daftar ulang ITB / pengunduran diri Telkom, yang kelar selain laptop itu adalah idup gue.

Ya, begitulah. Semoga gue tabah dengan cobaan jomblo dan laptop rusak ini. Oiya, sementara gue ngeblog via HP, jadi maap kalo kurang maksimal kayak PDKT gue ke doski hehehe ea naon.

Jangan lupa naek dan naek terus ya brosis, tetep sumanget dan salam penikmat ayam cola Jalan Gelap Nyawang !!

Wassalam.

You Might Also Like

1 komentar

  1. a head full of dreams ih:( sori2 gw coldplayers tingkat gila:(

    BalasHapus