Puasa Kok Manja

Juni 07, 2016

Hari kedua puasa di Bulan Ramadhan. Sejauh ini, puasa gue lancar aja, gak ada godaan makan minum karena semenjak kelas 11 gue udah terbiasa gak makan dalam waktu yang lama sampe-sampe gue dibilang terlalu kurus. Tapi entah kenapa, aura puasa kali ini kurang terasa buat gue, serasa sama aja kayak hari biasa (ya emang sama sih), entah karena baru awal-awal atau karena kadar iman gue sedikit menurun (semoga nggak lah). Atau bisa juga gue nya aja yang soide, padahal mah nanti pas masuk kuliah gue bilang ke temen-temen gue "Ih kenapa ya suasananya kayak masih puasa padahal udah lama Lebaran" dan masih menundukkan mata ke teman-teman mahasiswi atau malah ikut menundukkan pandangan ke billboard Aqua yang gambarnya Dian Sastro.

Atau bisa juga salah satu alasan kenapa suasana Ramadhan kurang terasa adalah karena Dude Herlino udah gak main sinetron di bulan puasa ini :(

*padahal gak pernah nonton TV* *dikecup siamang*

Selain Dude Herlino yang udah gak terlihat di sinetron bulan puasa, satu hal lagi yang biasanya rame di bulan puasa tapi kali ini meredup adalah; bukan, bukan jokes "Berbukalah dengan yang mau karena yang manis belum tentu mau", jokes itu masih berlaku. Tapi adalah kehadiran netizen-netizen gila hormat yang sering koar-koar supaya restoran tutup selama Bulan Ramadhan.

Gue cukup senang dengan berkurangnya populasi mas-mas dan mba-mba yang tiap tahunnya selalu nyinyirin restoran yang buka selama bulan Ramadhan dengan alasan "Gue lagi puasa hormatin dong".

Sampai kapan pun, gue gak akan pernah setuju sama gagasan "Gue lagi puasa hormatin gue dong". Karena, ya, entah yah, gue aja yang sebenernya gak sholeh-sholeh amat pun masih tabah waktu diajak Nadyra sama Dafa ke Tokyo Connection di Jalan Progo, ngeliatin mereka berdua makan sushi seperempat ratus ribuan sambil ngerjain tugas novel dengan riang gembira, padahal waktu itu gue lagi puasa Senin-Kamis dan ada janji ngambil KTP di kantor kecamatan.

Masa beliau-beliau yang saya hormati, yang katanya ikut organisasi Islam, yang setiap hari ikut pengajian, yang kalo sedekah udah gak mikir nominal, liat kucing makan Whiskas aja langsung lemah iman dan mendakwa kucing tersebut dengan antek-antek Wahyudi?

Lu lagi ibadah apa lagi dipopokin, manja amat.

Setau gue, gak ada satu pun ibadah dalam Islam yang ngebuat umatnya jadi manja dan gila hormat. Shalat, puasa, sedekah, berhaji, sampe perang dijalan Allah sekalipun gak akan ngebuat kita manja dan gila hormat kalo diawali dengan niat yang bener dan hanya berharap ridho Allah. Kalo kita masih puasa dengan berharap orang lain menghormati kita, main barbie aja gih sana.

Karena dengan berharap orang lain menghormati kita, itu hampir sama aja dengan mengakui bahwa "Gue lemah nih gak kuat puasa kasihani dong bro huhu". Itu sama aja kayak kita bilang bahwa kelemahan kita adalah gak bisa bangun pagi waktu lagi wawancara pekerjaan yang jam kerjanya selalu mulai jam 6 pagi.

Ini kasusnya hampir sama kayak himbauan supaya cewek gak pake baju aduhai biar gak diperkosa. Daripada ngehimbau wanita biar berpakaian serba tertutup, mendingan ngehimbau pria supaya berpikiran jantan dan tidak menyakiti wanita sedari dini.

Jadi gue sebenernya setuju-setuju aja dengan restoran yang buka selama Ramadhan. Mungkin yang perlu dikendalikan adalah pikiran dan hawa nafsu kita kalo lihat makanan, karena gue yakin kalo hawa nafsu kita selamanya liar, nanti lama-lama restoran seluruh Indonesia bakalan tutup dengan alasan wajib menghormati orang yang sedang puasa Senin-Kamis.

Ya tadi adalah sesi curhatan remaja jomblo pengoleksi jam besuk.

Gue jadi inget video nya Google Indonesia yang di post di Youtube beberapa hari yang lalu, bercerita soal temen Non-Muslim yang ikut puasa di hari pertama Ramadhan karena gak enak sama temennya yang puasa sendirian. Gue hampir nangis pas nonton video ini, dan video ini ngebuat puluhan iklan Petronas yang udah gue tonton jadi gak ada apa-apanya.

https://youtu.be/5nXT_jvYl0s

Tapi bukan berarti video itu mengajarkan bahwa non-Muslim harus menghormati orang yang puasa dengan ikut puasa, karena ya lo liat aja deh videonya bagus kok.

Gue juga jadi inget sama ceritanya Mbak Elisabeth Dyah *peserta 30 hari nulis* yang waktu kecil sering ikut puasa padahal keluarga Mbak Dyah adalah satu-satunya yang Katolik di kampungnya. Gue seneng aja baca kisah Mbak Dyah itu, yang ngejelasin bahwa keluarga mereka juga ikut nyemarakkin Ramadhan termasuk pas Lebaran. Ini terjadi tanpa paksaan, di tulisan Mbak Dyah gue gak menemukan bahwa keluarga Mbak Dyah ikut ngeramein Ramadhan karena dipaksa sama Lurah setempat atau karena ada himbauan dari FPI, semua dilakukan dengan hati ikhlas dan karena ini Indonesia.

Anjay.

Tapi emang bener semua amalan tergantung niatnya. Kalo niatnya pengen dihormatin sih, itu urusan kita sama Allah. Semoga kita bisa jadi orang-orang yang punya hati bersih dan diberi petunjuk selalu sama Allah SWT. Aamiin.

Semoga makin lama populasi orang yang gila hormat karena ibadah berkurang dan Indonesia jadi negara yang lebih enak diliat sosial medianya. Aamiin.

Kesambet apa gue nulis ginian.

Gue kadang bersyukur bisa nulis yang serius kayak gini, walaupun masih tetep gak jelas dan susah diambil poinnya apa. Gue nulis ginian sama bersyukurnya gue bahwa waktu sahur, otak gue masih sehat dan gak gesrek, kalo misalkan otak gue gesrek kan pas saur udah nyendokin nasi siap-siap masukin mulut eh taunya malah masukin pesantren.

Gak ngerti ya, yaudah deh, berarti emang gesrek beneran :(

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar