Pandji Pandjeraino

Juni 22, 2016

Waktu wawancara masuk OSIS kelas 10, satu-satunya pertanyaan yang gue inget adalah "Siapa orang yang kamu idolakan?"

Awalnya, gue jawab "Nabi Muhammad" tapi si kakak kelasnya bilang "Selain itu ada?" karena mungkin Nabi Muhammad adalah idola semua umat Islam. Setelah merenung dan menalar-nalar dengan logika metode Jonathan Tehau, akhirnya gue jawab :

"Karena saya ingin jago saat jadi kiper"

Eh salah, itu buat pertanyaan lain, maksud gue adalah gue jawab :

"Pandji Pragiwaksono"

Abis itu gue lupa lagi ditanya apaan dan lupa jawabannya huhuhu, termasuk lupa kenapa gue bisa ngidolain Mas Pandji. Mungkin bakal gue tulis sekarang.

Buat elu pade yang gatau Pandji Pragiwaksono, cupu lu HEHEHE GAK DENG. Dia adalah seorang aduh entah yah, semacam multi talent. Tapi dia mulai terkenal waktu bawain acara "Kena, Deh !!" sama "Hole In The Wall" di RCTI waktu temen main gue masih kunang-kunang depan rumah. Tapi semakin lama, karirnya rada meredup walau sempet bikin album yang gue juga gak tau judulnya apa. Dan karirnya meroket lagi waktu Stand Up Comedy mulai populer di Indonesia, sekitar akhir 2011. Stand Up Comedy sendiri kayaknya gak akan populer tanpa peran Pandji ini, karena kalo gue baca dari buku "Merdeka Dalam Bercanda"-nya karangan Pandji, gue simpulkan dengan teorema ideasal-asalan anak 17 tahun bahwa Pandji-lah yang mencetuskan Stand Up Comedy di Indonesia. Karena dia sering liat penampilan para comic luar kek Jerry Seinfield dan kolega-kolega, jadi dia terinspirasi dan akhirnya membuat Stand Up Comedy di Indonesia bisa kayak sekarang.

Walau gue jarang liat penampilan Pandji di acara TV atau Youtube dan gapernah dateng ke acara tunggal Stand Up nya Pandji karena mahal (huehuehue aku kiss mint), tapi gue tetep menghargai Pandji sebagai orang yang selamanya dikenang sebagai salah satu pencetus Stand Up Comedy di Indonesia, walau jujur gue sendiri gabisa nyetend up, susah cuy :( Kalo gue nyetend up bawaannya pengen lemparin muka gue sama limbah restoran babi.

Pandji sendiri punya beberapa kesibukan di bidang lain, mulai dari bisnis sampe olahraga dimana dia kadang di-endorse ama Adidas Indonesia. Dia juga bisa dibilang orang nasionalis, karena beberapa buku dan albumnya berisi tentang nasionalisme. Gue suka bukunya yang "Berani Mengubah" karena sumpah keren banget walau sekarang jarang keliatan di toko buku. Ada juga buku yang judulnya "Nasional.is.me" yang gue belum punya. Buku lainnya adalah tadi "Merdeka Dalam Bercanda" yang bercerita tentang Stand Up Comedy di Indonesia, dan ada juga "Indiepreneur" yang berisi tentang bisnis-bisnis gitu, termasuk tentang berkarya dan gitu-gitunya. Gue udah punya buku Indiepreneur tapi belom sempet dibaca, waiting list dulu heheheheheheh.

Jomblo pemalas :(

Kalo gak salah ada buku satu lagi judulnya "How to sell 100 album in 30 days" atau apalah gue lupa, tapi itu buku udah lama banget dan kurang laku di pasaran. Saking lamanya mungkin buku itu sempet dibaca sama Nabi Musa.

Pandji juga main beberapa film yang belom pernah gue tonton. Kayak "Make Money" yang kurang ngebum atau "Comic 8" yang ngebum parah tapi sekali lagi naluri males nonton film gue membuat film populer pun gue lewatin demi menikmati kejombloan.

Yah, setelah bercerita tentang hidup Pandji, mungkin kalian heran apa sih kelebihan Pandji?

Tari piring gabisa.

Ngebalikin tulisan "kcaB" di kaos "Turn kcaB Crime" gabisa.

Ngerubah selimut jadi sepeda roda tiga gabisa.

Nyeleding tekel Lin Dan juga gabisa.

Jadi apa dong?

Ya, sebenernya gue juga bingung heheheheh.

*dibakar massa lalu diarak keliling Jawa*

Kalo gue perhatiin dari Twitter, kegiatan Pandji yang terbaru adalah tour dunia Stand Up Comedy yang bertajuk "Juru Bicara". Dia udah sampe Jerman beberapa bulan lalu, lalu Medan dan beberapa minggu lalu bakal tampil di Afrika Selatan lalu lanjut ke beberapa daerah di dunia, mulai dari Amerika Serikat sampe Pulau Kalimantan.

Salah satu kegiatan yang gue suka dari Pandji adalah #BalasDi18. Jadi itu adalah program dimana Pandji ngasih hadiah ke followernya setiap tanggal 18, dan waktu 18 Juni pasti hadiahnya mantep karena itu ulang tahunnya. Hadiahnya sendiri macem-macem, mulai dari produknya (DVD, jaket, kaos dll) sampe iPhone 6s dan tahun ini yang mantepnya jalan-jalan ke Jepang. Gue suka aja sama gimana Pandji konsisten memberi ke followernya tiap bulan tanggal 18 selama kurleb 5 tahun sebagai tanda terima kasih telah ngebantu Pandji sampe kayak sekarang.

Hal lain yang gue suka dari Pandji adalah, dia jarang ngomongin politik dan kayak damai aja gitu orangnya. Jarang dia berdebat sampe gila sama orang yang berpolitik sama orang gila juga. Blognya pun rata-rata berisi pengalaman dia yang bisa jadi motivasi buat kita. Blognya pandji.com.

Jadi ya begitulah Pandji, diluar dia yang cuman ngikutin Liga Inggris, dia tetap orang yang gue idolakan karena perbuatannya. Keren aja. Pandji adalah salah satu panutan gue dan mungkin panutan beberapa orang yang punya passion lebih dari satu. Saking gue ngidolainnya, bahkan waktu SMP gue pernah dipanggil "Haykal Pragiwaksono" dan mereka juga dengan seenak jidat ngerubah nama Pandji jadi "Pandji Panjeraino" karena katanya gue mirip sama Pandji.

Asa henteu.

Intinya, sukses terus Mas Pandji !! Dan semoga kita juga sukses dan bisa berguna bagi orang lain. Aamiin.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar