Keluh Kesah Pedagang Kain

Juni 24, 2016

Sebagai pedagang dan pembeli jersey online kecil-kecilan sejak 5 tahun lalu, gue terbilang udah nyangu pahit manisnya kehidupan pedagang jersey di media sosial. Mulai dari dinyanyiin lagu Afgan (nawarnya sadis) sampe ditipu pas mau beli pun pernah gue alami sejak 2011. Dibanding waktu beli, gue lebih sering ngalamin hal-hal nyebelin waktu mau jual dibanding waktu mau beli. Gue sendiri ketipu pas mau beli baru sekali, itupun jersey kawe yang gak lebih dari cepe ribu Rupiah. Tapi kalo udah jualan, itu berarti gue harus berhadapan dengan jutaan orang di luar sana yang kali aja berminat ama kain jualan gue.

Gue sendiri kalo jualan gitu di fesbuk sama twitter, sempet pake kaskus bukalapak dkk tapi gue terlalu males ngurusnya jadi balik lagi ke fesbuk dan twitter. Meskipun dapet rejeki dari jualan itu, tapi gue cukup sering juga dapet calon pembeli yang nyebelinnya ngebuat gue lebih pengen ikut bantu ngecor tol Selat Sunda dibanding ngadepin dia.

Hehe teu deng.

Jenis yang pertama adalah calon pembeli yang nawarnya udah kayak Ibu-ibu nawar di ITC Kebon Kalapa, jua 250rb tawar jadi 100rb, kalo gak diterima tawarannya mendadak posesif padahal pacaran aja nggak. Walau rata-rata yang nawar jualan gue itu nurunin harga 30-50rb, tapi pernah nih gue dapet yang nge-SMS kayak gini :

"Mas Bayern nya masih? Harga nett (pas) nya berapa?"
"Masih Mas, itu udah pas mas 500rb tapi free ongkir boleh deh"
"Wahh pas dulu deh Mas duit saya belum cukup"
"Emang budget nya berapa Mas?"
"Cuman ada 200 uang saya"

Ingin rasanya mengais tembok, Tembok Besar China :(

Selain penawar yang kelewatan, ada juga tipe calon pembeli yang nawar lalu menghilang. Tipe kayak gini adalah tipe yang mirip Ibu-ibu di ITC Kebon Kalapa tapi lebih berak. Mereka sering kayak gini :

"Bro Celta Vigo nya masih? Saya ambil 500 sampe Malang boleh gak?"
"Masih bro, silahkan deh bro tapi ongkir bayar sendiri ya soalnya Bandung-Malang lumayan hehehe"
*di read doang*

Serasa lagi chat ke gebetan :(

Jadi ingin rasanya nulis status "Katanya Bulan Ramadhan setan dibelenggu tapi masih ada aja tuh yang nawar jualan dibolehin tapi malah ngilang"

Tipe lainnya adalah tipe PHP. Mungkin ini yang paling nyebelin. Gue sendiri Alhamdulillah terakhir kena PHP sekitar 1 tahun lalu, sekarang udah gak pernah. Yang paling pinyangueun dari tipe ini adalah mereka dengan seenak rahangnya bilang "Gan maaf gak jadi ya uang saya belum cukup" padahal barangnya udah di-packing dan siap berkelana. Untung tipe PHP ini pernah gue alamin di jualan yang harga jualnya gak tinggi-tinggi amat, kurang dari 100rb.

NGAN PIRAKU EUY SARATUS REBU NEPIKA PHP KANA BUDAK SMA ANU SOMEAH SARENG OSOK NGALAAN WALUH.

Benget sia tah siga waluh.

Ada satu lagi tipe yang belum pernah gue alamin. Yaitu BnR alias Bid n Run. Tipe ini biasanya dialami oleh para pelelang jersey, baik di twitter atau facebook. Entah udah berapa banyak BnR ini ada di ranah medsos, yang mungkin kalo dilist kertasnya lalu dibentang bisa kali sampe Mars bolak-balik.

Di ranah perkainan jersey sendiri, orang-orang nyebelin itu udah bersifat umum, bukan relatif, jadi semua orang setuju bahwa tipe kayak gitu ada tipe pembeli nyebelin. Masih mending beli, kadang nanya doang atau tiba-tiba ilang kayak gebetan baru.

Walau begitu, ada juga tipe penjual nyebelin, dan kayaknya semua setuju bahwa tipe penjual nyebelin adalah yang posting jualannya dengan caption "Minat PM". Bagian nyebelinnya adalah, waktu kita nanya harga dan ternyata gak sesuai pernafkahan lalu kita bilang gak jadi beli, si penjual ini ngepost status kayak "Elah nanya-nanya mulu beli kagak lo kayak pengunjung showroow Maserati".

LAH SIAPA SURUH GAK NYANTUMIN HARGA.

Tapi ya begitulah, gue cuman pedagang cilik, yang kalo kena angin pun kebawa terbang saking ciliknya.

Itu adalah orang nyebelin dari sisi gue sebagai pedagang kain. Nah, kalo kita teliti kehidupan sehari-hari di Indonesia sendiri, secara umum ada banyak hal yang nyebelin di dunia ini :
1. Ibu-ibu naik motor matic
2. Kejebak di depan palang pintu kereta api tapi yang lewat cuman lokomotif nya doang terus masinisnya dadah-dadah Miss Universe
3.  "Selamat siang dek boleh liat SIM dan STNK-nya?"
4. Orang dateng ke bioskop sambil bawa flashdisk terus bilang "Mbak boleh minta kopian filmnya gak?"
5. Lagi beli nasi kuning terus ada Ibu-Ibu nyerobot sambil teriak "Bang saya duluin ya anak saya mau sekola !!"
6. Kangen tak berbalas :<


Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar