Kelas 11 Yang Ngatau Ah Males

Juni 12, 2016

Saat ini, usia gue 17 tahun, yang mana lebih muda setahun dari rata-rata temen gue yang lahir tahun 1998, gue lahir tahun 1999. Gue bisa udah lulus SMA di usia 17 tahun karena katanya waktu TK gue udah bosen di tahun pertama dan ngelunjak pengen langsung masuk SD.

Dari kecil udah begundal ternyata ~

Di usia yang masih kayak embrio upil ini, gue tentu masih susah nentuin di usia berapa gue merasa paling bahagia. Kayak pemain bola ditanya sama wartawan "Setelah semua yang kamu alami, kamu merasa usia emas kamu waktu main bola itu usia berapa sih?" padahal si narasumbernya lagi ngantri daftar SSB (Sekolah Sepak Bola), dianterin Ayahnya pula.

Jadi aja salah target mz.

Tanggal 18 Juni nanti, gue baru akan diwisuda yang artinya gue resmi lulus SMA dan menandai berakhirnya 12 tahun gue berada di tingkat pendidikan dasar dan menengah, buat ngelanjutin ke pendidikan tinggi. Kalo disuruh menentukan di kelas berapa yang gue rasa terbaik, gue jadi bingung sendiri huehuehue. Bisa kelas 9, kelas 10, kelas 11 ataupun kelas 12. Atau malah gue bisa bermanuver begitu saja dan bilang bahwa usia terbaik gue adalah waktu masih TK. Namanya juga remaja baru puber.

Ah iya, mungkin disini gue gak akan bahas umur terbaik gue, tapi gue akan bahas kelas berapa yang masa-masanya terbaik. Karena, jujur aja, semasa SMP dan SMA, gue sering lupa gue ini umur berapa, karena gue lebih muda 1-2 tahun dari rata-rata temen gue ataupun karena gak ada yang peduli sama umur waktu di sekolahan. Di masa sekolahan ini, menentukan kelas berapa yang terbaik jauh lebih mudah daripada menentukan umur berapa yang terbaik.

Sebelum milih kelas berapa yang terbaik, gue mau negasin (ceileh) bahwa gue gak akan milih waktu gue kecil atau waktu TK sebagai umur terbaik. Karena... terbaik apanya gue ngapa-ngapain aja kagak inget :(( Cuman dikit banget momen masa kecil yang gue inget, itu pun gak detail-detail amat. Jadi maap yah Dik Haykal waktu TK, nonton aja DVD Kabutaku-nya sana, aku mau bergumul sama Haykal masa SMA dulu.

Yah, jadi mungkin masa sekolah terbaik adalah kelas 11. Hal pertama yang membuat gue merasa senang di kelas 11 itu adalah rasa bangga waktu ulang tahun, dimana waktu itu gue ulang tahun ke-16 dan jelas aja dibilang "Ih Kal maneh muda pisan" atau "Heu bocah dasar masih 16 tahun" karena temen-temen gue banyaknya ultah ke-17 waktu itu. Entah kenapa, perasaan dibilang muda ini membuat gue sedikit bahagia, walau abis itu ditimpali dengan "Umur maneh muda tapi benget maneh kayak Om-om jaman Renaisans".

Itulah kenapa kita perlu bersabar dalam hidup.

Selain hal itu, sebenarnya ada banyaaak momen yang cuman terjadi di kelas 11 ini. Mulai dari percintaan sama si doi, temen-temen, pelajaran, lomba, masa depan (anjay), dll. Masa-masa gue di kelas XI-7 pun terasa lebih asik dibanding waktu gue kelas 10 yang terkesan terlalu serius (temen-temennya) dan kelas 12 yang mungkin terlalu stress karena banyak TO-nya.

Kelas 11 mungkin jadi transformasi gue *berubah jadi truk tahu bulat* selama di SMA. Karena, waktu kelas 10, gue dianggep aneh karena jadi satu-satunya anak kelas yang katanya "IPS banget", walau nanti ada 6 orang dari temen kelas 10 gue yang masuk kelas IPS. Kalo diliat dari temen main gue sekarang, kayaknya gak ada satupun temen kelas 10 gue yang akrab dan "cees pisan" sama gue. Kalo deket juga, kagak deket banget sih. Ya gitudeh tau kan kayak temenannya Maman Abdurrahman sama Moses Sayki, sama-sama pernah main di Persib tapi gak membangun hubungan yang lebih intim.

Saat pertama kali masuk kelas (dimana gue langsung berantem karena soal matematika sama Gazza), gue tau bahwa kelas ini bakal rame nantinya. Karena ya, IPS, identik sama rame tapi gak jelas belajarnya. Sepanjang kelas 11, kelas pun berjalan rame dari awal sampe akhir, walau di akhir ada 3 orang yang gak naik kelas.

Secara umum, gue bahagia selama kelas 11, rata-rata bahagia dengan momen-momen kecil karena kayaknya momen terbesar selama kelas 11 cuman waktu ke Bali doang, itu pun yah biasa aja. Mulai dari baca buku "Cinta di Dalam Gelas-Padang Bulan"-nya Andrea Hirata barengan sama si Nadyra hasil minjem dari perpus, nulis satu kertas polio penuh pake tangan kiri, ribut-ribut kecil waktu mau bikin drama Bahasa Indonesia, hari bunga, Liga TB sampe catetan sejarah gue yang terlalu lengkap dan ribet buat diliat ngebuat gue bahwa, ieu tahun aing.

Di masa kelas 11 ini juga, gue merasakan pahitnya ditolak cinta sama gebetan padahal temen-temennya udah bilang "Ayo Kal tembak aja pasti diterima kok" dan nyatanya dia (gebetan gue) katanya masih sering ngomongin gue sampe kelas 12 ini.

Yah, sakit sih, tapi namanya juga idup.

Walau kisah cinta gue di SMA gak berjalan mulus pada akhirnya, tapi setidaknya gue berada di usia yang pas buat mengalami pahitnya cinta (udah Rhoma Irama-esque gini). Karena, kayaknya ditolak cewek di usia 25 bakal jauh lebih buruk daripada ditolak cewek di usia 16. Kalo gue ditolak cewek di usia 25, rasanya gue lebih baik jadi ketoprak basi aja deh :(

Dan ya, gak akan lucu juga di usia 30-an nanti gue masih dapet laporan "Kal tadi sieta ngomongin maneh" atau dengan centilnya nyari buku tulis dia di ruang guru buat liat tulisannya gimana lalu search "Kepribadian orang berdasarkan tulisan tangan" di Google, atau centil mau bantuin guru bawain barang ke ruang guru padahal itu modus biar bisa lewatin kelasnya doski.

Maaf ya om-tante yang udah berkeluarga kalo baca post ini jadi pengen bangun candi buat ngerangkeng gue.

Oh iya, salah satu perubahan besar yang terjadi di kelas 11 ini adalah soal jurusan kuliah. Sebelum kelas 11, gue masih bingung mau kuliah dimana dan dengan jahiliyahnya jawab "HI UI" kalo ada yang nanya ntar kuliah dimana, bagian jahiliyahnya adalah karena waktu itu gue bahkan gak tau HI (Hubungan Internasional) itu belajarnya apa aja :( Sampe suatu saat, gue dikenalkan soal SBM ITB sama Pak Yandi, guru ekonomi gue. Awalnya, gue gak terlalu ngeh sama jurusan ini karena selain heran kok ada sekolah bisnis di ITB, gue juga sebelum gue ikut Olimpiade Geografi di ITB waktu kelas 11, gue cuman tau Teknik Elektro sebagai jurusan di ITB.

Tapi makin lama gue makin tau banyak jurusan, terutama di ITB. Sampe akhirnya gue bener-bener yakin dengan sepenuh hati bahwa gue pengen masuk SBM ITB. Dari situ, gue bener-bener gak pernah berubah jurusan lagi, walau sempet pengen manajemen UI tapi ujung-ujungnya gue tetep akan milih SBM ITB. Yang dimana akhirnya sekarang ini gue bisa keterima di jurusan impian gue dari kelas 11, lewat jalur undangan pula, setelah sebelumnya gue bener-bener gak ada harapan bisa keterima undangan ITB.

Tapi Tuhan tidak pernah tidur.

Yah, pada akhirnya, walaupun perasaan waktu awal masuk SMA dan perasaan waktu tau gue keterima undangan SBM ITB lebih menyenangkan, tapi gue bakal tetep merasa bahwa kelas 11 adalah masa terbaik gue selama sekolah. Karena bukan satu kebahagiaan besar yang gue ingin, tapi kebahagiaan kecil yang terjadi terus-menerus.

Entah di usia berapa lagi gue merasa sedang bahagia. Usia 20-21 waktu lulus kuliah? Usia 26 waktu baru jadi Ayah (halah nanaonan mau deketin cewek aja udah ditolak duluan) ? Atau usia 40 waktu ngambil rapot anak? Atau mungkin usia 60 waktu main sama cucu yang lagi lucu-lucunya? Entahlah. Yang penting saat ini gue hanya perlu jadi diri gue sendiri, menjalani hidup sebaik-baiknya, dan selalu bersyukur. Umur berapapun akan terasa bahagia bagi gue kalo gue bersyukur. Tapi aku bersyukurnya kalo lagi deket sama kamu nih huhu gak deng.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar