SSB Salero Bundo

Juni 17, 2016

Konon, di dunia ini ada 3 hal yang pasti :

1. Kematian
2. Kiamat
3. Anak laki-laki Indonesia cita-citanya jadi pemain bola

Ya, sebagai pria WNI yang baik dan gemar memberi makan kura-kura, tentu gue pernah bercita-cita jadi pemain sepak bola profesional. Karena, siapa sih anak laki-laki di Indonesia yang gak mau jadi pemain bola? Kecuali emang WNI yang dari  lahir udah di Amerika atau laki-laki WNI yang terlalu sibuk latihan debus, gue yakin 90% laki-laki Indonesia waktu kecil pernah bermimpi jadi pemain bola, walau waktu udah gede entah kecapai atau nggak.

Sebagai olahraga paling populer di negara ini (dan dunia malah), sepak bola udah dianggap bakal menaikkan derajat kita sebagai manusia. Kalo kata ilmu sosiologi mah, mobilitas vertikal naik. Di sini, jadi pemain bola lebih cenderung ingin karena faktor kesenangan dan kayaknya keren aja jadi pemain bola, mengingat kondisi sepak bola Indonesia yang ancur kek Jalan Kabupaten (hehe hai Bang Kab !!) dan cuman beberapa klub doang yang bener-bener makmur. Atau mungkin dalam kata lain, mobilitas vertikal naik sebagai pemain bola disini adalah mobilitas di tingkat kepopuleran dan kekerenan.

Walau di Indonesia badminton lebih berprestasi dan lebih makmur, tapi gue yakin pemain badminton waktu kecil juga pernah seenggaknya sekali bermimpi jadi pemain bola.

Jadi, gue juga tentu pernah pengen jadi pemain sepak bola profesional, sampe sekarang bahkan. Tapi, entah ya, salah satu penyesalan gue waktu kecil adalah nolak tawaran Ayah gue buat masukin gue ke salah satu SSB. Gue juga yakin ada banyak laki-laki Indonesia yang gagal memenuhi keinginan jadi pemain bola karena dari kecil gak masuk SSB atau berhenti di tengah jalan karena disuruh sekolah yang bener sama orang tua.

Oh Tuhan betapa dungunya daku :( Lebih baik gue jadi karet kang nasi goreng aja lah.

Semakin lama, mimpi jadi pemain bola mulai memudar dan gue mulai nyari cita-cita lain, kayak penulis atau pedagang. Mimpi jadi pemain bola cuman ada di angan-angan aja, kemampuan main bola gue yang lebih pandai blunder membuat gue pun ikhlas mengganti cita-cita di masa mendatang.

Tapi, pernah sekali waktu gue entah kesambet apa dan pengen jadi pelatih tim bola. Yah, bisa aja sih kalo gue niat ikut kursus kepelatihan mah. Tapi sayang mimpi itu cuman sekilas doang dan jarang muncul lagi di pikiran gue, kalah sama cita-cita nulis buku atau bangun perusahaan sendiri.

Bagaimanapun, gue masih bakal jadi fans sepak bola sampai kapan pun, bahkan gue pun kuliah bisnis biar bisa ngebangun perusahaan sendiri yang rencananya bergerak di bidang olahraga (doain yak). Dan, kalo misalkan ada kesempatan, mungkin gue akan nyoba membuat Sekolah Sepak Bola gue sendiri.

Sebagai orang yang gagal masuk SSB waktu kecil, bukan hal yang baik kalo gue membiarkan banyak anak laki-laki Indonesia di masa depan yang bernasib seperti gue yang gagal jadi pemain bola.

Sistem SSB dan pengembangan pemain muda di Indonesia sendiri belum terlalu maju kayak Jepang atau Thailand (gak berani bandingin sama Eropa sono). Belum banyak klub yang bener-bener niat ngembangin pemain muda buat masa depan. Untuk itulah, kalo ada kesempatan gue pengen bikin SSB yang berafiliasi sama Persib sebagai klub yang gue cintai (anjay), dan meniru program pengembangan pemain muda yang kayak dilakukan Jepang lah minimal. Kalo gak bisa bikin SSB sendiri juga, gapapa deh gue diberi kepercayaan ngurus SSB nya Persib, soalnya kesel juga gue liat rata-rata klub di Indonesia cuman berorientasi jangka pendek buat dapet prestasi.

Gue ngomong apa sih :(

Ya maksudnya di Indonesia para pejabat sepak bolanya belum berorientasi jangka panjang buat memajukan sepak bola di negeri ini. Kebanyakan mau yang instan aja dan akhirnya naturalisasi pemain keturunan yang nyatanya biasa aja. SSB yang bagus sendiri rata-rata ada di Jakarta dan biasanya biaya masuknya aja seharga ginjal gue, mereka pun biasanya punya klub luar negri, bukan punya klub lokal.

Kalo gue diberi kepercayaan ngurusin SSB nya salah satu klub lokal di Indonesia, mungkin gue bakal nyontoh Jepang buat pengembangan pemain muda jangka panjang dan nyontoh Uruguay nya Oscar Tabarez dalam hal cinta tanah air dan main dengan sepenuh hati, karena gue bosen liat Timnas Indonesia keok mulu di Final AFF, masih untung sekarang masuk final. Gue pengen nanti anak gue jadi salah satu pemain saat Timnas Indonesia berhasil masuk Piala Dunia, suatu saat nanti.

Wwkwkkw kuliah aja belum mau deketin cewek aja ngompol geus mikiran anak wae. Gapapalah visioner

BTW, buat nama SSB-nya sendiri, apa ya? Salero Bundo mungkin?

Kayak nama Rumah Makan Padang ya huhuhu. Doakan aja ya semoga bisa dan semoga sepak bola Indonesia makin maju ke depannya. Aamiin.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar