Kamu Terlalu Baik Buat Aku

Juni 15, 2016

Waktu gue ulang tahun, Syntia ngasih kado ke gue dan dalam kartu ucapannya dia nulis "Kindness makes you the most beautiful person in the world, no matter what you look like".

Sampai saat ini, gue selalu mencoba untuk jadi orang yang lebih baik lagi. Lebih baik dalam segala hal, baik kemampuan ataupun perbuatan. Walaupun banyak ungkapan gak jelas bahwa orang baik sering dijahatin lah, orang baik sering ditolak cewek lah, orang baik kalo masuk bioskop bilang Assalamualaikum dulu lah (eh bener gak sih?), tapi bagaimanapun gue percaya bahwa jadi orang baik itu urusan kita dengan Tuhan, dan orang baik juga kayaknya gak peduli mereka mau diberakin kayak gimana sama orang lain, yang penting mereka bisa melakukan sesuatu yang berguna bagi orang lain.

Definisi baik tentu luas banget. Ada yang nganggep bahwa nolong Nenek-nenek nyebrang jalan itu baik, ada yang nganggep bayar dua ribu ke kang parkir yang tiba-tiba muncul dan gak ngapa-ngapain juga baik, bahkan ada yang nganggep ngasih contekan ke sahabat sendiri sebagai tindakan baik. Tapi bagi gue, baik adalah saat kita berguna bagi sesama dan dapat membuat orang lain merasa bahagia. Dan sebenernya ini gak ribet-ribet amat, nraktir temen makan ayam penyet depan sekolah atau bilang "Makasih ya Mbak" sambil senyum lucu ke mba-mba Indomaret yang mukanya kusut kek benang gelasan juga bisa termasuk membahagiakan orang lain.

Disenyumin sama kamu juga aku bahagia kok. He he he.

Karena kata Rasulullah juga sebaik-baiknya orang adalah yang bermanfaat bagi sesamanya.

Bermanfaat bagi orang lain juga menyangkut satu hal lagi, yaitu berbagi dan tolong menolong. Gue yakin elo pasti sering ngedenger ungkapan "Tolonglah orang lain maka suatu saat engkau pun akan ditolong" atau semacamnya sesering nonton Mars Perindo di tivi-tivi swasta.

Walaupun lupa apakah gue pernah menerapkan hal tersebut, tapi gue udah sering baca bukti bahwa kita akan ditolong jika kita sering menolong yang sayangnya gue juga lupa kisanya :( Kalo kata istilah orang agamis mah "Biarkan Allah bekerja dengan jalan-Nya" dan "Tuhan mboten sare".

Ayah gue juga sering bilang bahwa gue perlu sekali-kali iseng nraktir temen gue, tanpa alasan apapun. Karena suatu saat mereka pasti bakal inget kebaikan kita dan mencoba ngebales kebaikan kita, atau minimal pas kita butuh bantuan, mereka tiba-tiba inget akan traktiran kita dan bakal balik bantuin kita. Yah begitulah.

Gue sendiri gak tau apakah gue termasuk orang baik dan sering berbagi. Karena lebih baik membiarkan orang lain aja menilai. Ya, walaupun pernah ada desas-desus yang menyebar bahwa gue ditolak gebetan karena "Terlalu baik", tapi, ngatau ah males :(

Yah, pada intinya, tetaplah jadi orang baik kapan pun dimana pun. Bodo amat mau orang bilang pencitraan kek, pura-pura kek, ada maunya kek, diemin aja. Ah iya, gue jadi inget sama sumbangan yang diadain @DwikaPutra di Twitter buat Bu Saeni yang wartegnya disita Satpol PP Kota Serang beberapa waktu lalu. Walaupun udah nyumbang dana segitu besar, masih banyak aja netizen yang nyinyirin macem-macem, sampe nuduh-nuduh yang nggak-nggak. Kalo elo kena tuduh yang kayak gitu, diemin aja. Masa lo kalah sama netizen yang hobinya ongkang-ongkang liat HP tiap hari dan gak ngapa-ngapain buat membuat dunia jadi lebih baik?

Buat jomblo juga bisa jadi penyemangat nih : Jodoh adalah cerminan dirimu, jadi cowok baik untuk cewek yang baik juga.

Jadi, alasan "Kamu terlalu baik buat aku" pas kita ditolak cewek sebenernya cuman kata lain dari "Elu jelek, gue gak mau". Karena, ya, kalo gue terlalu baik, masa kita gak mau jadi pasangan baik? Lucu loh liat orang pacaran nyebrangin nenek-nenek di jalan raya.

Walau alasan kamu naon pisan, tapi keluarga kamu baik kok :(

Iya, kamu.

Curhat aja lo kayak Mamah Dedeh dan Aa Abdel.

He.

Wassalam.

You Might Also Like

0 komentar