Sembilan Mei

Juni 14, 2016

Bahagia ya...

Sepanjang kelas 12 ini, kayaknya gue lebih banyak stress daripada bahagianya. Walaupun gue menjalani hari demi hari pembelajaran dengan enjoy dan pasrah, tapi tetep aja, gue susah buat bahagia disaat cuman lulus sekali dari puluhan ulangan harian matematika atau saat gue harus ngafalin rumus ngitung PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) disaat kertas kerja akuntansi pun gue masih bengong kayak Homo erectus lagi nonton sinetron Anak Jalanan. Ingatan gue yang sedikit tergerus selama kelas 12 ini membuat gue juga lupa kapan aja gue pernah merasa bahagia.

Tapi, gue masih inget (dan akan terus inget) momen yang belum lama terjadi ini sampai kapan pun. Karena gue jomblo, jadi gue gak akan bilang bahwa bahagiaku adalah bersamamu. Hari dimana gue merasa bahagia banget dalam setahun ke belakang ini adalah tanggal 9 Mei kemaren. Buat yang tahun ini baru lulus SMA, pasti di hari itu merasa deg-degan kayak mau kenalan sama ortunya pacar. Ya, hari itu adalah pengumuman SNMPTN atau jalur undangan. Dari awal kelas 12, gue udah nargetin harus bisa keterima di jalur undangan walau secara nilai semester 5 gue gak terlalu memungkinkan. Sebenernya gue udah ngeharepin keterima jalur ini dari kelas 11, waktu gue tau bahwa syarat keterima undangan itu nilai semester 1-5 nya harus terus meningkat. Yah, walau nilai semester satu ke dua aja gue udah turun dikit, tapi entah kenapa rasa optimis itu masih ada. Kelas 12, rasa optimis gue makin meningkat, walau sempet hilang waktu bagi rapot semester lima, karena nilai gue turun 3 poin dari semester 4. Mulai dari situ, gue gak terlalu berharap banyak sama jalur undangan ini, walau bisa daftar dan bisa milih-milih jurusan. Gue sendiri waktu itu cuman milih SBM ITB, terbilang nekat kalo kata Ayah gue karena gak milih pilihan kedua. Gue milih SBM ITB doang lebih karena gak tau mau kemana pilihan keduanya. Ayah gue nyaranin manajemen Unpad, tapi gue setengah hati mau miliihnya juga. Akhirnya, gue milih SBM ITB doang, gak lupa daftar program peminatan kewirausahaan karena emang gue mau masuk jurusan itu nantinya. Dengan mengucapkan Bismillah, gue akhirnya finalisasi dan berdoa aja. Keterima syukur, gak keterima ya SBMPTN sudah.

Rasa optimis gue tiba-tiba datang lagi dan gak tau datang dari mana, mungkin dari kang kurir JNE salah alamat. Rasa optimis itu meningkat setelah Bu Nanik (guru BK) bilang bahwa "Anak-anak, hasil UN itu berpengaruh ke SNMPTN ya jadi kerjakan dengan sebaik-baiknya". Ya, UN adalah koentji terakhir kalo gue gak mau pusing-pusing belajar buat SBMPTN. Akhirnya, gue bener-bener kayak orang gila belajar buat UN, sampe harus pulang jam 11 malem dari Eduplex dua hari sebelum UN, belajar geografi bareng Nadyra, Gazza sama Bintang. Kalo bertiga itu pada nginep, niscaya gue juga nginep tuh di Eduplex. Satu hari menjelang UN pun gitu, gue belajar bareng beberapa temen gue lewat grup Line, mereka nanya-nanya dan ntar ada yang jawab. Walau sempet diganggu dengan beberapa jam les matematika di rumah (padahal besoknya UN geografi-Bahasa Indonesia) tapi akhirnya les matematika itu yang ngebuat nilai matematika gue paling tinggi diantara pelajaran lain.

UN pun gue hadapi dengan jantan, gak terlalu banyak masalah yang gue hadapi, termasuk matematika yang sepanjang semester gue serasa mau nangis ngerjain soalnya. Paling cuman ekonomi yang rada susah sampe gue sakit kepala, tapi ya pada akhirnya gue hanya bisa bersyukur udah melakukan yang terbaik dan berharap hasilnya terbaik juga. Pengumuman UN sendiri katanya dilaksanakan 7 Mei, sebulan lebih setelah UN dilaksanakan, dan pengumuman SNMPTN tanggal 10 Mei. Jujur aja, gue lebih nunggu pengumuman SNMPTN daripada pengumuman UN. Tapi nantinya pengumuman SNMPTN diundur jadi 9 Mei.

Hari itu, 9 Mei, gue deg-degan, dari kemaren malemnya malah. Pengumuman jam 1 siang, dan gue bakal liat pengumuman di sekolah, karena ada beberapa hal yang harus dilakukan sama temen-temen gue hari itu. Gue nunggu nunggu nunggu dan gak lupa minta doa ke guru-guru supaya dapet SBM ITB di jalur ini. Jam 12.57, gue sama Jul shalat dzuhur dulu, dan memperkirakan gue buka web SNMPTN nya abis shalat, dan berharap aja gak down webnya. Abis shalat, gue liat jam udah 13.03, udah bisa dibuka. Gue ama Jul masih di mushala waktu ngebuka webnya. Si Jul sendiri gak deg-degan karena dia udah pasti kuliah di Jepang ntar, udah dapet pula, jadi dia cuman ngedampingin gue secara psikologis waktu mau buka situsnya. Gue sendiri deg-degan tapi masih bisa terkendali, bapak-bapak yang ada di mushala itu masih aman dari sergapan gue sebagai bukti bahwa gue masih terkendali walau deg-degan. Ternyata waktu itu situsnya gak down, gue pun masukin NISN dan tanggal lahir, dan disitu berisi pernyataan bahwa gue diterima jalur SNMPTN, SBM ITB.

Gila, kalau bisa teriak ya teriak lah gue sampe kuping kang roti bakar depan sekolah protes minta pindah tugas aja jadi ke amandel. Gue seneng banget parah. Sebagai orang yang kayaknya gak pinter-pinter amat dan nilai semesterannya pernah turun, gue gak nyangka bisa diterima jalur undangan, ITB pula. Ya, walau gue selalu 10 besar dari kelas 10, tapi tetep aja bisa keterima undangan ITB sama gilanya kayak gue bisa macarin Dian Sastro. Beberapa saat kemudian, gue balik lagi ke lantai atas buat bilang makasih doanya ke guru-guru, mereka bilang mereka seneng banget ngedenger ada yang bisa keterima undangan. Di akhir, gue akhirnya tau bahwa total dari sekolah gue yang dapet undangan ada 22 orang, 20 ITB dan 2 lagi Unpad. Yang dapet SBM ITB sendiri ada 6 orang, 5 dari kelas gue dan 1 lagi anak IPA.

Sampai saat ini, gue masih tetep bersyukur dan gak nyangka bisa dapet undangan ITB, dan gak harus ikut SBMPTN yang katanya susah. Sisa 3 minggu sebelum daftar ulang itu pun gue jalani dengan ngurus gathering buat siswa yang dapet undangan SBM ITB dari seluruh Indonesia. Diterima di jurusan yang gue inginkan sejak kelas 11 pasti menyenangkan. Begitulah. Semoga aja bahagia ini gak cuman sampe pengumuman gue keterima aja, tapi juga sampe gue kuliah, lulus dan bisa bahagia seterus-terusnya. Masuk ITB hanya langkah awal aja gue bisa lebih bahagia, aamiin.

Orang bilang, bahagia itu sederhana. Orang bilang, bahagia itu pilihan. Dan, gue bahagia berdasarkan pilihan gue sendiri. Dan juga, yah, walau keterima ITB itu gak sederhana, tapi gapapalah gue bahagia karena hal yang mewah sekali mah, asal jangan lupa bersyukur aja, dan mendoakan temen-temen kita semoga bisa diterima di kuliahan yang diinginkan, dimana pengumuman SBMPTN sendiri tanggal 28 Juni nanti. Semangat teman-teman !!

Wassalam.

You Might Also Like

1 komentar

  1. kewirausahaan belajarnya apa? kenapa tertariknya kesana gak ke manajemen?

    BalasHapus