Setelah Lulus, Lalu Apa?

Juni 19, 2016

Hari Sabtu kemaren (18 Juni 2016) gue di wisuda dari sekolah gue, SMA Taruna Bakti. Acara yang disebut Pawidya ini sendiri diadain di GOR Taruna Bakti yang ada di Jalan Suci dan berlangsung dari jam setengah 1 sampe jam 3, lebih cepet dari Pawidya tahun lalu karena Pawidya tahun ini bertepatan dengan puasa. Entah kenapa, acaranya sendiri buat gue gak terlalu meriah dan gak berhasil menarik minat gue buat ngerasa pengen Pawidya terus. Acara utamanya sendiri cuman pengumuman siswa peraih nilai UN tertinggi (selamat buat Nadyra sama Kiki yang dapet hadiah dari sekolah !!) sama ranking 3 besar tiap kelas, yang fotonya dipajang di layar proyektor besar di depan, yang kualitas gambarnya gak terlalu bagus. Gue sendiri semester ini gagal lagi masuk 3 besar dan entah ranking berapa, paling kalo gak 5 ya 6. Dari kelas 10, gue selalu mentok di ranking 5 atau 6 buat nilai semesteran. Susah buat jadi ranking 1 di kelas kalo gue masih sekelas sama si Shanaya (yang sekelas 3 tahun sama gue).

Gue sendiri selama Pawidya cuman duduk-duduk bosen doang gak jelas atau sambil bercanda sama si Gazza yang duduk deket gue. Rada ngaco sih duduknya, tapi gue merasa santai aja karena duduk di barisan paling belakang. Gak banyak yang gue lakukan di sana, paling cuman tepuk tangan sambil berdiri heboh pas bagian ranking IPS dibacain (semua anak IPS berdiri atas kesepakatan), atau berdiri buat nyanyi beberapa lagu (lagu Hello Band gak termasuk) dan jalan ke depan buat dikalungin medali sama Bu Sofi (kepala sekolah) dan dapet map yang isinya rapot semester 6 dan beberapa hal lain, gak termasuk buku rapot asli karena masih tertahan di ITB buat proses daftar ulang. Abis acara selesai, paling cuman foto-foto doang sama beberapa orang, lalu pulang deh, karena gak jadi ke Jonas Photo sama beberapa temen gue. Pulang-pulang, gue langsung sakit kepala gak tau kenapa, padahal diem aja selama Pawidya juga, aku lemah :(

Buat gue, kelulusan bukanlah sesuatu yang harus gue banggakan. Hehe, asa kumaha nya aing. Tapi beneran, gue gak pernah puas kalo cuman sekadar lulus (kecuali pas ulangan matematikanya Pak Eka, dapet 67 pun gue pantes ngadain pesta semalam suntuk). Gue gak terlalu berbahagia dan bangga berlebihan waktu ada yang bilang (ortu, ortu temen, temen, guru atau siapapun) “Haykal selamat ya” dan seketika gue berpikir “Selamat apa? Selamat udah lulus? Eh, perasaan semua siswa lulus deh..” walau gue gak cukup berani ngomong gitu dan malah bilang “Ah iya makasih” sambil senyum ala model bimbelnya anak SMP. Lulus tapi nilai gue kayak kang TNI AU mah (suka terjun bebas) gue mendingan nangis aja sampe Haddad Alwi kolaborasi sama Slash bikin buku panduan agar bisa metal tapi tetap takwa.

Yang terpenting bagi gue adalah, proses kita selama di SMA dan ke depannya mau gimana. Selama SMA sendiri gue sebenernya gak terlalu kecewa amat sama nilai, ya mungkin kisah cinta mah ngatau ah males, tapi selain itu bisa dibilang baik-baik aja, gak ada insiden yang ngebuat gue harus pindah sekolah atau ngebuat gue harus jualan stiker “Motor antik khusus cewek cantik” dan semacamnya demi bayar SPP. Gue sendiri Alhamdulillah mengakhiri SMA dengan baik, keterima ITB lewat jalur undangan, dimana gue gak nyangka karena gue keterima di SMATB aja di daftar tunggu. Pada akhirnya, semua ini harus gue syukuri, sambil ngedoain temen gue supaya pada keterima di PTN impian yang pengumumannya nanti tanggal 28 Juni. Doain juga yak !!

Tapi kayaknya, yang ngebuat gue gak terlalu semangat Pawidya adalah, rambut gue sama jas gue. Rambut gue entah gimana bisa lepek banget hari kemaren, padahal gue udah perkirakan dan usahakan dari 2 Minggu sebelumnya (beneran) biar rambut gue sempurna di tanggal 18 Juni. Tapi Tuhan berkata lain, 1 hari sebelum Pawidya, gue juga gak ngerti kenapa rambut gue bisa lepek dan semakin diatur semakin jelek. Mungkin ini ujian dari Tuhan, tapi nya sedih weh :( Gue jadi gak terlalu semangat mau difoto juga. Yang lebih nyebelinnya lagi, rambut gue mulai bagus pas gue udah di mobil perjalanan pulang dari Pawidya. Beneran. Apalagi besoknya (hari ini), rambut gue udah kembali kayak biasa, seperti yang gue harapkan. Jujur, gue bener-bener gak ngerti, tapi seenggaknya gue belajar bahwa rambut lepek pas acara wisudaan itu lebih buruk daripada chat di read doang gebetan.

Sedihan di read doang deng :<

Yang kedua adalah jas, dimana gue minjem yang Ayah gue. Jasnya gede banget yang ngebuat gue kayak paman-paman pengangguran lagi iseng dateng ke acara wisudaan anak SMA :( Beneran deh. Tapi karena gak ada jas lagi, ya apa boleh buat...

Yaudah deh, gak tau lagi mau nulis apaan.

Wassalam

You Might Also Like

0 komentar