Peka

Juni 02, 2016

Kalo elu-elu pade terlalu sering liat postingannya "Relationship Goals" atau ngefollow akun remaja galau di Line atau twitter, pasti bakal nganggep tulisan ini ngebahas tentang kisah seorang cowok yang gak peka sama 'kode' yang diberikan oleh seorang tokoh utama wanita yang digambarkan baik hati, pintar, rajin menabung tapi mukanya jelek atau tubuhnya penuh sama panu. Yang lebih ekstrim lagi mungkin kalian-kalian ada yang nganggep bahwa tulisan ini akan bercerita tentang seorang PK alias "Penjahat Kela*min" yang tobat lalu ikut Aa Gym tur dakwah keliling dunia. Yah, kalo ada yang mikir gitu, gue saranin kalian pesen tiket pesawat ke Pulau Komodo terus piknik disana dalam waktu yang lama, malah kalo bisa kalian ikut jadi pengurus pulau tersebut dan berkawan dengan komodo-komodo liar sampai akhir hayat kalian. Sungguh mengharukan.

Setelah kemaren ngomongin soal buku, kali ini gue bakal ngomongin soal film. Berhubung film adalah tema yang bukan aing pisan, maka gue gak akan bahas secara detail suatu film atau menulis seperti kritikus film, jadi buat kalian yang lagi cari gimana caranya dapet aktor pemeran Pangeran Antasari yang pas atau teknik mengedit supaya terlihat sebagus film-film Tutur Tinular atau mara tips n trik agar bisa menjadi mamang petugas penyobek karcis di bioskop, Anda salah masuk blog, mungkin blog sebelah punya tipsnya.

Peka

Mungkin ada aja dari kalian yang memiliki tanya dan keluh kesah dalam hati "Emang ada ya film judulnya Peka? Atau jangan-jangan si jomblo ini mau ngebuat film romansa judulnya Peka lagi? Wah gue kudu lapor KPI nih secepatnya supaya gak merusak moral bangsa" dan segelintir hal lain soal film Peka ini. Kalo kalian gak tau filmnya, main kalian kurang malem jalan-jalan kalian kurang jauh. Ada tau.



Ini adalah film India ketiga yang gue tonton, setelah Three Idiots dan Oh My God. Film ini gue tonton sekitaran Februari lalu, di kelas waktu pelajaran sejarah atas rekomendasi Pak Dadi. Tapi sayang gue gak nonton dari awal, karena waktu mau pada nonton guenya lagi Try Out susulan di ruang guru huhuhu sedih deh, jadi waktu datang ke kelas dan liat temen-temen gue lagi pada nonton, gue duduk sambil kebingungan ini film apaan dan waktu nanya ke temen gue pun, mereka jawab "Teuing ieu judulna Pikay", dan seketika gue pun :

Gue nonton pas si karakter utamanya lagi dikejar-kejar di tempat yang kayaknya itu kuil atau perumahan, lalu entah kenapa tiba-tiba ada lagu dan tiba-tiba joget yang membuat gue langsung sadar dan yakin sepenuh hati bahwa ini film India. Setelah beberapa lama juga, gue baru sadar bahwa pemeran utamanya adalah Aamir Khan, sama kayak pemeran Rancho di Three Idiots. Dan setelah gue baca-baca lagi kisah awalnya di internet, ternyata si Aamir Khan ini berperan sebagai alien yang berkunjung ke bumi, fisiknya sama kayak manusia biasa, standar kek motor, tapi bedanya waktu datang dia gak pake baju dan cuman punya kalung warna ijo yang dipake buat manggil pesawat teman-temannya. Tapi sayang kalungnya dicuri sama mamang sepatu dan dia terpaksa berkelana sana-sini buat nyari kalungnya, suatu hari pun dia disaranin sama salah satu pedagang buat nyari kalungnya di Delhi. Ah iya, si alien ini sebenernya gak bisa ngomong tapi bisa baca pikiran dengan megang tangan, tapi akhirnya dia pun bisa ngomong kayak manusia setelah orang kayak yang nyaranin doski pergi ke Delhi ini ngajak dia ke tempat prostitusi buat ena'-ena', tapi dia malah megangin tangan si cewek dari malem sampe pagi, semacam transfer kekuatan.

Kalo transfer jangan lupa sama ongkir ya gan.

Di Delhi, dia diberi julukan Peekay sama banyak orang (terutama sama pedagang patung dewa) karena dalam bahasa Hindi, "peekay" artinya mabuk dan dia dianggap mabuk karena minta-minta sama patung dewa yang harganya murah. Di Delhi juga dia ketemu sama Jaggu (yang suka nge-rawr, eh itu jaguar deng), reporter cantik yang nolongin Peekay ini dari mulai nyari kalung sampe ngebolehin Peekay numpang boboque di apartemennya. Selama di Delhi, dia berkelana ke setiap tempat ibadah karena pas nanya ke semua orang "Bro lo liat kalung gue kagak" pasti dijawab "Wah bro sori nih kagak tau gue, coba elo nanya ke Tuhan mungkin bisa ketemu" dan lama-lama dia mulai puyeng lalu bertanya dalam hati "Ke Tuhan ya?", akhirnya si Peekay ini ngelakuin banyak ritual agama supaya kalungnya balik lagi. Dari mulai ngantri di kuil, ikut pembaptisan, sampe jalan-jalan ke masjid bawa miras dijalani Peekay ini dengan hati yang riang.

Karena gak kunjung nemu juga, akhirnya dia bikin brosur yang isinya nyari Tuhan, yang di film ini berupa dewa agama Hindu. Lama-lama, Peekay mulai tenar karena sering diliput di TV sambil nyari dimana kalungnya. Tapi untung, Peekay bukanlah tipe orang kebanyakan, yang tenar dikit langsung bikin IG berisi foto selfienya dengan muka gundah gulana atau orang yang tenar dikit langsung pengen bikin FTV "Peekay Sang Pencari Kalung" atau pengen masuk program Hitam Putih supaya kalungnya ketemu. Peekay adalah orang dengan pikiran keren walau gaya berpakaiannya ngaco, selalu pake kemeja ketat dengan kancing terkancing sampe yang paling atas. Dia adalah tipe orang baik yang kalo misalkan nembak cewek bakal ditolak dengan alasan "Kamu terlalu baik buat aku", tapi dia bukan tipe orang yang kalo nyari kalung pake baju "My Trip My Adventure" lalu selfie dan dipost di Instagram dengan caption "Nyari kalung nieh, yang nemu bisa PM yah".

Akhir film ini cukup rame, dimana dia debat di TV sama salah satu pemuka agama setempat yang ternyata nyimpen kalungnya si Peekay, tapi debat itu sedikit melenceng karena dia sekalian bantuin si Jaggu balikan sama mantannya, eaea baper detected. Setelah dapet kalungnya, dia rencanain buat pulang ke planetnya. Jaggu nganterin Peekay sampe tempat dia pertama kali dateng ke bumi, Peekay pun bilang makasih sambil ngejar-ngejar bis yang ngebawa mereka karena salah satu kopernya Peekay ketinggalan di bis. Sambil Peekay ngejar bis, si Jaggu nungguin si Peekay sambil duduk, ngejagain koper Peekay yang satu lagi, dia pun terbakar rasa penasaran dan ngebuka koper Peekay, dan waktu dia tau isinya, dia terharu. Mau tau mau tau? Nonton aja deh.

Walaupun sedikit ngaco dan filmnya berpotensi gak boleh tayang di Indonesia, tapi film ini sebenernya punya pesan moral yang bagus banget, khususnya soal keagamaan di India sana. Dalam film ini banyak aksi-aksi yang menyentil bidang keagamaan yang akan mengajarkan kita untuk bertoleransi lebih baik lagi. Kita beragama bukan untuk mengklaim agama yang paling benar, tapi beragama untuk menjadikan kita orang benar. Eaea Haykal SP Golden Ways. Ini adalah film India yang bagus soal agama setelah "Oh My God" yang juga gue tonton di kelas. Saking bagus dan miripnya, gue tadi bahkan hampir nulisin cuplikan film Oh My God karena lumayan susah bedainnya, terutama buat remaja yang keseringan nyium kaos kaki dan ingatannya kurang baik. Ya wajar lah, pengetahuan gue soal film gak ada apa-apanya dibanding Nadyra, yang jurusan kuliahnya pun udah film pisan, Televisi dan Film Unpad. BTW, besok Nadyra ulan tahun loh.

Hepi besdey Dyr !!

Loh kok ngaco. Yaudah deh udahan ya, udah malem ini mau bobo dulu supaya besok bisa Jumatan dengan hati bersih dan wajah berseri-seri.

Wassalam

You Might Also Like

0 komentar